Analisis Terhadap Faktor yang Berhubungan Dengan Perilaku Keselamatan Berkendara pada Siswa SMA di Magelang

Yudha Tri Bayu Raharja, Bambang Suhardi, Irwan Iftadi

Abstract

Keadaan semakin kompleks dan serius ketika datang ke masalah kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Hal ini terbukti dari peningkatan jumlah kecelakaan dari tahun ke tahun. Data dari Bidang TI Subbid Tek Info Polda Jawa Tengah mengungkapkan bahwa wilayah Magelang menduduki peringkat ke tiga yang memiliki total korban terbanyak (korban meninggal, luka berat, dan luka ringan) di wilayah Jawa Tengah pada tahun 2018 dan 2019, yaitu sebanyak 1413 dan 1950 korban. Selain itu, Magelang juga menduduki peringkat ke empat yang memiliki korban terbanyak di wilayah Jawa Tengah di tahun 2020 yaitu sebanyak 1330 korban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan Perilaku Safety Riding siswa SMA di Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Cross Sectional. Sampel pada penelitian ini adalah siswa-siswi SMA kelas XII yang bersekolah di Magelang dengan jumlah sampel sebanyak 129 siswa. Pegambilan sampel menggunakan teknik sampling dengan Kuota Sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa variabel sikap, pengalaman berkendara, dan peran teman sebaya secara simultan berpengaruh positif terhadap perilaku keselamatan berkendara siswa. Diharapkan dapat diadakan penyuluhan dan pelatihan mengenai Safety Riding di sekolah untuk meningkatkan pengetahuan, pengalaman, dan sikap tentang Safety Riding pada siswa.

Keywords

Kecelakaan Lalu Lintas, Keselamatan Berkendara, Remaja, Regresi Linear

References

Astuti, I. D. (2019). Analisis Penerapan Perilaku Aman Berkendara Pada Mahasiswa Pengendara Sepeda Motor Di Kawasan Unsri Indralaya Tahun 2014.

Al Hakim, R., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas dan reliabilitas angket motivasi berprestasi. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 263-268.

Azizah, M. H. (2016). Faktor yang berhubungan dengan perilaku keselamatan berkendara (safety riding) pada mahasiswa (studi pada mahasiswa FMIPA UNNES angkatan 2008-2015). Universitas Negeri Semarang.

BPS Kabupaten Magelang. (6 Desember, 2020). Jumlah kecelakaan Lalu Lintas, Korban, dan Kerugian Material yang Tercatat pada Polres Magelang Menurut Bulan 2020-2022. https://magelangkab.bps.go.id/indicator/155/845/1/jumlah-kecelakaan-lalu-lintas-korban-dan-kerugian-material-yang-tercatat-pada-polres-magelang-menurut-bulan.html

Ghozali, I., & Ratmono, D. (2017). Analisis multivariat dan ekonometrika: teori, konsep, dan aplikasi dengan eview 10.

Hayes, A. F. (2013). Introduction to Mediation, Moderation and Conditional Process Analysis. New York: The Guilford Press.

Notoatmodjo, S. (2010). Ilmu perilaku kesehatan. Jakarta: rineka cipta, 200, 26-35

Notoatmodjo, S., Anwar, H., Ella, N. H., & Tri, K. (2012). Promosi kesehatan di sekolah. Jakarta: rineka cipta, 21, 23.

Rahardjo, Rinto. (2014). Tertib Berlalu Lintas, Shafa Media, Yogyakarta.

Rifal, A. D. C. (2015). Faktor risiko yang berhubungan dengan kecelakaan lalu lintas pada pengemudi bus (studi pada bus po jember indah trayek jember-situbondo).

Singgih Santoso. (2005). Buku Latihan Statistik Parametrik. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2005, h. 370.

Setyowati, D. L., Firdaus, A. R., & Rohmah, N. (2018). Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Di Kota Samarinda Factor Cause Of Road Accidents At Senior High School Students In Samarinda. The Indonesian journal of occupational safety and health, 7(3), 329-338.

Sujarweni, W. (2014). Metodologi penelitian: Lengkap, praktis, dan mudah dipahami.

Yuliara, I. M. (2016). Regresi linier berganda. Denpasar: Universitas Udayana