Perancangan Desain Kemasan Bakso Goreng (Basreng) dengan Metode Kansei Engineering

Novi Purnama Sari, Rizwan Rizwan, Erna Hafidah, Sari Zuhruf Putri Andriyani

Abstract

Pengemasan produk basreng memiliki bentuk yang beragam di pasaran, namun masih terdapat kemasan yang kurang baik sehingga keamanan dan kualitas produknya kurang terjaga. Produk tersebut akhirnya dinilai kurang meyakinkan untuk dikonsumsi karena tidak adanya label dan fitur pengamanan yang baik pada kemasan. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu adanya perbaikan dan pengembangan terhadap kemasan produk basreng. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan konsep dan elemen desain kemasan basreng sesuai dengan preferensi konsumen. Kansei Engineering digunakan sebagai metode untuk membaca perasaan konsumen terhadap kemasan basreng. Metode ini juga didukung dengan Principal Component Analysis (PCA) dalam menentukan konsep desain, dan Quantification Theory Type-1 (QTT-1) untuk menentukan elemen desain. Hasil observasi didapatkan 42 sampel kemasan dan 44 kata Kansei. Sampel dan konsep dianalisis menggunakan PCA yang menghasilkan tiga konsep desain dengan Principal Component (PC) > 1, yaitu “konvensional-praktis”, “reusable-fungsional”, dan “modern-informatif”. Konsep terpilih berdasarkan QTT-1  adalah “reusable-fungsional”, dengan nilai R-Square tertinggi sebesar 0.9812. Elemen desain yang diperoleh, yaitu material karton kraft + coating (X1.6), bentuk center seal (X2.5), tutup sealer (X3.2), fitur window (X4.4), gaya desain elegan (X5.2), label semi informatif (X6.2), ukuran sedang (X7.2), dan surface desain direct printing (X8.2).  Hasil mock up desain kemasan konsep terpilih telah sesuai dengan preferensi konsumen dan Kansei konsumen.

Keywords

basreng; kansei engineering; konsep desain; principal component analysis

References

Agustin, L. (2020). Produksi dan Pemasaran Bakso Goreng Ikan Tongkol.

Andrade, C. (2021). The inconvenient truth about convenience and purposive samples. Indian Journal of Psychological Medicine, 43(1), 86–88.

Ardhi, S. (2022, April 27). Kunci Pengembangan Bisnis Camilan. Universitas Gajah Mada.

Coghlan. (2014). A Little Book of R Mulivariete Analysis: Release 01. Cambridge (UK): Trust Sanger University.

Dyah, L., & Arini, D. (2017). Faktor-Faktor Penyebab dan Karakteristik Makanan Kadaluarsa yang Berdampak Buruk pada Kesehatan Masyarakat. JITIPARI (Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Industri Pangan UNISRI), 2(1), 15–24.

Faisal, D., Fathimahhayati, L. D., & Sitania, F. D. (2021). Penerapan Metode Kansei Engineering Sebagai Upaya Perancangan ulang Kemasan Takoyaki (Studi Kasus: Takoyakiku Samarinda). Jurnal TEKNO , 18(1), 92–109.

Fathimahhayati, L. D., Halim, C. I., & Widada, D. (2019). Perancangan Kemasan Kerupuk Ikan dengan Menggunakan Metode Kansei Engineering. Jurnal REKAVASI, 7(2), 47–58.

Fauzy, A. (2019). Metode Sampling (Kedua). Universitas Terbuka.

Istianah, Raray. (2020). Pengembangan Desain Kemasan Produk Makanan Merek Krispy Yammy Babeh. Jurnal Seni Desain dan Pembelajarannya, 4(1), 33–44.

Kotler, K. (2016), Marketing Management. 15e, Boston, Pearson Education.

Kustian, N. (2017). Analisis Komponen Utama Menggunakan Metode Eigenface Terhadap Pengenalan Citra Wajah. Jurnal Teknologi, 9(1), 43–48.

Lamalouk, E. I., & Simanjuntak, R. A. (2023). Re-Design Kemasan Produk Keripik Tempe Dengan Menggunakan Metode Kansei Engineering. Jurnal Rekayasa Industri (JRI), 5(1), 35–42.

Layla, C. P., Sari, N. P., & Muryeti, M. (2022, December). Perancangan Desain Kemasan Produk Corn Dog Menggunakan Metode Kansei Engineering. In Proceeding Seminar Nasional Teknologi Cetak dan Media Kreatif (TETAMEKRAF) (Vol. 1, No. 2, pp. 217-225).

Lenaini, I. (2021), Teknik Pengambilan Sampel Purposive Sampling dan Snowball Sampling. Historis: Jurnaal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39.

Muhaemin, M. N. A. (2020). Pengembangan Fungsionalitas Sistem Informasi Dengan Pendekatan Kansei Engineering. Jurnal Teknologi Informasi Dan Elektronika, 5(1), 43–47.

Nagamachi, M. (2011). Kansei/affective engineering. CRC Press.

Permadi, D. T., WP, Susatyo. N., & Pujotomo, D. (2017). Perancangan Desain Kemasan Makanan Ringan Olahan pada UMKM Center Jawa Tengah dengan Metode Kansei Engineering. Industrial Engineering Online Journal, 6(1).

Sari, N. P. (2019). Perencanaan dan Pengembangan Kemasan: Kansei Engineering (N. Martina, Ed.; pertama). PNJ Press.

Sari, N. P., Immanuel, J., & Cahyani, A. (2020). “Aplikasi Kansei Engineering dan Fuzzy Analytical Hierarchical Process dalam Pengembangan Desain Kemasan.” Journal Printing and Packaging Technology, 1.

Sari, N. P., Imam, S., Zain, N. C., Asrianti, A. N., Akmal, N. K., Salmahanifah, S., & Aminah, Z. Y. (2023). “Perancangan Desain Kemasan Penyedap Rasa Berbasis Kansei Engineering.” Seminar Nasional Inovasi Vokasi.

Sasputra, I. N., Koamesah, S. M. J., & Rante, S. D. T. (2020). Pengaruh Paparan Asap Bakaran Sampah Plastik Terhadap Gambaran Sel-Sel Inflamasi dan Gambaran Histopatologi Paru Mencit. Cendana Medical Journal (CMJ), 8(3), 228–234.

Siregar, J. (2023). Perancangan Kemasan Keripik Singkong Di Warung Cemilan Keripik Rindu Menggunakan Metode Kansei Engineering.

Syahputra, I., & Sari, N. P. (2021). Perancangan Desain Kemasan Produk Rengginang Menggunakan Metode Kansei Engineering (Studi Kasus: UMKM Rengginang Capit). Journal Printing and Packaging, 2(1).

Trapsilawati, F., Wijayanto, T., & Ushada, M. (2019, July). A Preliminary Study of EEG-based Kansei Engineering: An Illustration on a Squishy Case Study. In 2019 5th International Conference on Science and Technology (ICST) (Vol. 1, pp. 1-6). IEEE.

Ubaidillah, F. (2018). Redesain Kursi Sekolah Menengah Atas dengan Menggunakan Metode Kansei Engineering (Studi Kasus di SMAN 1 Ngaglik).

Ushada, M., Suryandono, A., & Khuriyati, N. (2019). Kansei Engineering untuk agroindustri. UGM PRESS.

Undang-undang (UU) No. 18 Tahun 2012 Pangan. (2012, November 17). JDIH BPK RI.

Undiana, N. Nandana. (2019). New Media Art: Between Art, Design, and Technology. International Conference on Arts Language and Culture (ICALC), 194–199.

Wahyudi, D. (2022). Perancangan Kemasan Pisang Sale Di UMKM Suriana Dengan Menggunakan Metode Kansei Engineering. (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Yamani, Y., Ariga, A., & Yamada, Y. (2016). Object affordances potentiate responses but do not guide attentional prioritization. Frontiers in integrative neuroscience, 9, 74.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.