Usulan Perbaikan Layanan Instalasi Rawat Jalan Poli Penyakit Dalam Dengan Pendekatan Lean Hospital (RSUD dr. Achmad Darwis)

Muhammad Thoby, Eko Pujiyanto, I Wayan Suletra

Abstract

RSUD dr. Achmad Darwis Suliki, yang terletak di kabupaten lima puluh kota, memiliki berbagai bidang pelayanan, salah satunya adalah Instalasi Rawat Jalan. Namun, berdasarkan data waktu tunggu yang tersedia, terungkap bahwa masih terdapat layanan di Instalasi Rawat Jalan RSUD dr. Achmad Darwis Suliki yang melampaui batas waktu standar pelayanan yang telah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia.Tujuan utama dari penelitian ini adalah memberikan rekomendasi perbaikan dengan menerapkan pendekatan lean hospital. Tujuannya adalah untuk mengurangi waktu tunggu sehingga waktu pelayanan standar dapat tercapai dengan mengidentifikasi dan mengeliminasi waste yang terjadi dalam proses pelayanan di Instalasi Rawat Jalan RSUD dr. Achmad Darwis Suliki serta dengan perumusan usulan perbaikan. Penelitian ini menggunakan metodologi yang terstruktur, yang meliputi langkah-langkah sebagai berikut: pertama, penggambaran sistem pelayanan dengan cross-functional flowchart untuk memvisualisasikan perjalanan proses pelayanan dan mengidentifikasi pihak yang bertanggung jawab dalam proses tersebut. Kemudian, melalui value stream mapping, dilakukan identifikasi terhadap 8 jenis waste yang mungkin terjadi selama proses pelayanan. Selanjutnya, waste kritis ditentukan dengan menggunakan metode borda dan analisis pareto, menghasilkan penemuan bahwa waste kritis meliputi waste waiting, waste overprocessing, waste inventory, waste motion, dan waste human potential. Hasil identifikasi penyebab waste kritis menggunakan teknik five whys mengarah pada beberapa rekomendasi perbaikan, seperti menambahkan sumber jaringan baru, perbaikan jadwal dokter yang terlambat, pemasangan sistem pemanggilan pasien dari loket, maintenance pemindai sidik jari, pemasangan poster pengukuran tekanan darah, penggunaan mesin tiket antrian otomatis, pemasangan display antrian dan penggunaan rekam medis elektronik.

Keywords

lean hospital, value stream mapping, borda, five whys, waste, rawat jalan.

References

Agnetis, A., Bianciardi, C., & Iasparra, N. (2019). Integrating lean thinking and mathematical optimization: A case study in appointment scheduling of hematological treatments. Operations Research Perspectives, 6, 100110.

Apostu, S. A., Vasile, V., & Veres, C. (2021). Externalities of lean implementation in medical laboratories. Process optimization vs. adaptation and flexibility for the future. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(23), 12309.

Arifiana, G. S. N. (2017). Penyusunan usulan perbaikan waktu pelayanan di RSUD Dr. Soediran Mangun Sumarso dengan pendekatan lean hospital di instalasi rawat jalan.

Badan pusat statistik (BPS) indonesia (2020). https://www.bps.go.id /indikator/indikator/view_data_pub/0000/api_pub/biszcFRCUnVKUXNnTDZvWnA3ZWtyUT09/da_04/1

Badan pusat statistik (BPS) indonesia (2023). https://www.bps.go.id/ indicator/30/222/1/persentase-penduduk-yang-mempunyai-keluhan-kesehatan-selama-sebulan-terakhir.html

Batra, Rushil & Nanda, Sahil & Singhal, Shubham & Singari, Ranganath. (2016). Study of Lean Production System Using Value Stream Mapping in Manufacturing Sector and Subsequent Implementation in Tool Room. SAE Technical Papers. 10.4271/2016-.

Beranda website rumah sakit umum daerah dr.achmad darwis suliki (2023). https://rsud.limapuluhkotakab.go.id

Dewi, S., Machmud, R., & Lestari, Y. (2020). Analisis waktu tunggu rawat jalan di rumah sakit umum daerah dr achmad darwis suliki tahun 2019. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(4).

Divers, L D. (2007). Process Flowcharting for SOP Development, Implementation, Training and Maintenance. Journal of Clinical Research Best Practices.

Elawati, D., & Pujiyanto, P. (2022). Pengaruh Implementasi Lean Hospital terhadap Length of Stay di Rumah Sakit: Scoping Review. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11744-11755.

Erdhianto, Y. (2017). Analisis Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Departemen Service Pt . Mega Daya Motor Mazda Jatim Dengan Metode 5 Whys Dan Scat. Jurnal IPTEK, 21(1), 1– 10.

Fatrida, D., & Saputra, A. (2019). Hubungan Waktu Tunggu Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Mendapatkan Pelayanan Kesehatan. Jurnal’Aisyiyah Medika, 4(1), 11-21.

Gaspers, V. & Fontana, A. (2011). Lean Six Sigma For Manufacturing And Service Industries. Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama

Gaspersz, V. (2007). Six Sigma for Manufacturing and service Industries Strategi Dramatik Reduksi Cacat/Kesalahan, Biaya, Inventori, dan Lead Time dalam Waktu Kurang dari 6 Bulan. Jakarta : Gramedia pustaka Utama.

Giatman, M. (2006). Ekonomi Teknik, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Graban, M. (2009). Lean hospitals: Improving Quality, patient safety, and employee satisfaction. New York : Productivity Press.

Graban, M. (2012). 2nd Edition Lean Hospital : Improving Quality, Patient Safety, and Employee Engagement. Boca Raton : RC Press Taylor & Francis Group

Graban, M. (2016). Lean hospitals : improving quality, patient safety, and employee engagement (Third). New York: CRC Press.

Hicks, C., McGovern, T., Prior, G., & Smith I. (2015). Applying lean principles to the design of healthcare facilities. International Journal of Production Economics, 170, 677-686. doi:0.1016/j.ijpe.2015.05.029.

Hidayati, K. A. (2019). Analisis dan perancangan perbaikan waktu pelayanan obat di Instalasi Farmasi Rsud Karanganyar dengan pendekatan lean hospital.

Ilham, D. N., & Mulyana, S. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Pemilihan Tempat PKL Mahasiswa dengan Menggunakan Metode AHP dan Borda, 11(1), 55–66

Jordon, K., Dossou, P. E., & Junior, J. C. (2019). Using lean manufacturing and machine learning for improving medicines procurement and dispatching in a hospital. Procedia Manufacturing, 38, 1034-1041.

Kadarova, J., & Demecko, M. (2016). New approaches in lean management. Procedia Economics and Finance, 39, 11-16. doi:10.1016/S2212- 5671(16)30234-9

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Pelayanan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.