Perancangan Strategi Digital Marketing pada Produk Bumbu Instan Noeya Menggunakan Metode Sostac

Muhammad Athfal, Sari Wulandari, Rio Aurachman

Abstract

Bumbu Instan Noeya merupakan UKM yang bergerak dibidang kuliner khususnya bumbu instan basah. Bumbu Instan Noeya menjual produknya melalui toko offline, swalayan serta beberapa media sosial dan E-Marketplace. Sejak pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia, terjadi peningkatan penjualan melalui media digital sebesar 26% yaitu pada media Facebook, namun pada media digital lainya tidak mengalami peningkatan penjualan. hal tersebut terjadi karena penggunaan media digital yang dimiliki oleh bumbu instan noeya belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi digital marketing pada produk Bumbu Instan Noeya menggunakan metode SOSTAC yang disusun ke dalam enam tahapan yaitu situation analysis, objective, strategi, tactics, action, dan control. Pada penelitian ini didapatkan hasil rancangan strategi digital marketing yaitu pembuatan dan pengoptimalan sosial media (Social media Marketing) sebagai media pemasaran dan penjualan dan strategi lainya yaitu Social media Optimization, Content Marketing, Video Marketing , Podcast, Influencer Marketing dan User Generated Content. Selain itu Bumbu Instan Noeya juga bekerja sama dengan beberapa akun Instagram yang mendukung produk yang dihasilkan oleh UMKM dan juga akan membuka toko online melalui platform E-Marketplace.

Keywords

Digital marketing; SOSTAC; Social Media Marketing

References

Arifianti, Arifianti. (2019). “Pendekatan Model Public Relation PR Smith’s SOSTAC Untuk Menganalisis Sistem Perencanaan Digital Marketing PT Valbury Asia Futures.” Jurnal Komunikasi 10(2):132–38. doi: 10.31294/jkom.v10i2.6020.

Bahtar, Azlin Zanariah, dan Mazzini Muda. (2016). “The Impact of User – Generated Content (UGC) on Product Reviews towards Online Purchasing – A Conceptual Framework.” Procedia Economics and Finance 37(16):337–42. doi: 10.1016/s2212-5671(16)30134-4.

Chaffey&Smith. (2017). Digital Marketing Excellence. Fifth edit. London & newyork: Routledge. Forbes. 2020. “Why Is Influencer Marketing Such A Big Deal Right Now?” Forbes.com. Diambil 14 April 2021 (https://www.forbes.com/sites/michaelfertik/2020/07/02/why-is-influencer-marketing-such-a-big-deal-right-now/?sh=33460b8f75f3). HubSport. 2021. “The Ultimate List of Marketing Statistics for 2021.” HubSport.com. Diambil 14 April 2021 (https://www.hubspot.com/marketing-statistics)). IPrice. 2020. “Peta E‑Commerce Indonesia.” IPrice. Diambil (https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/).

Juan José López García, David Lizcano, Celia MQ Ramos and Nelson Matos. (2019). Digital Marketing Actions That Achieve a Better Attraction and Loyalty of Users: An Analytical Study. Madrid.

Juwita, Oktalia, Fajrin Nurman Arifin, dan Fitriyana Dewi. (2018). “The Online Marketing Strategic Planning for Jember Coffee SMEs.” IJISTECH (International Journal Of Information System & Technology) 2(1):14. doi: 10.30645/ijistech.v2i1.15. Katadata.com. 2020. “10 Media Sosial yang Paling Sering Digunakan di Indonesia.” Katadata.com. Diambil 14 April 2021 (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/26/10-media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-di-indonesia). Kementrian Perindustrian. 2017. “Industri Plastik Jadi Sektor Prioritas Kemenperin.” kemenperin.go.id. Diambil (https://kemenperin.go.id/artikel/16987/Industri-Plastik-Jadi-Sektor-Prioritas-Kemenperin).

Khoerunnisa, Lutfi, dan Rully Khairul Anwar. (2019). “N-JILS Literasi Media Sosial Pada Ibu Rumah Tangga : Social Media Literation In Housewives : Utilization Of Social Media By Housewives In Karawang Barat.” 2(2):117–26. Liputan6.com. 2018. “Ini Alasan Pemerintah Turunkan Pajak UMKM Jadi 0,5 Persen.” Liputan6.com. Diambil 14 April 2021 (https://www.liputan6.com/bisnis/read/3581018/ini-alasan-pemerintah-turunkan-pajak-umkm-jadi-05-persen). Mubarok, Ilham. 2019. “Apa Itu Conversion Rate dan Cara Optimasinya.” niagahoster. Diambil (https://www.niagahoster.co.id/blog/conversion-rate-adalah/).

MUCHAMMAD GUSTHOMI. (2020). RANCANG BANGUN DIGITAL MARKETING UNTUK MEMBANTU PEMASARAN DI UMKM BELVA BATIK TULIS MADURA.

De Pelsmacker, Patrick, Sophie van Tilburg, dan Christian Holthof. (2018). “Digital marketing strategies, online reviews and hotel performance.” International Journal of Hospitality Management 72(January):47–55. doi: 10.1016/j.ijhm.2018.01.003. Perindustrian, Kementrian. 2019. “Sektor Industri dengan Pertumbuhan Tertinggi.”

Populix. (2020). “Apa itu Podcast? Simak Jenis, Aplikasi dan Rekomendasi Terbaru.” Infopopulix.com. Diambil 14 April 2021 (https://www.info.populix.co/post/apa-itu-podcast).

Purwianti, Lily, dan Widya Nurfa Dila. (2021). “Perancangan Dan Penerapan Strategi Marketing Mix Pada Umkm Tati ’ s Cake.” 1(1):2368–76.

Purwidiantoro, Moch Hari, Dany Fajar Kristanto, dan Widiyanto Hadi. (2016). “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) | Hari Purwidiantoro | EKA CIDA.” Maret 1(1):30–39.

Safanta, A., M. R. Shihab, N. F. A. Budi, F. F. Hastiadi, dan I. Budi. (2019). “Digital marketing strategy for laboratories marketplace.” Journal of Physics: Conference Series 1196(1). doi: 10.1088/1742-6596/1196/1/012078. Statistika, Badan Pusat. 2019. Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (IP-TIK) Indonesia Tahun 2019 Sebesar 5,32 pada Skala 0–10. Jakarta. Statistika, Badan Pusat. 2020a. Hasil Sensus Penduduk 2020. Jakarta. Statistika, Badan Pusat. 2020b. Inflasi terjadi pada November 2020 sebesar 0,28 persen. Inflasi tertinggi terjadi di Tual sebesar 1,15 persen. Jakarta. Statistika, Badan Pusat. 2020c. Persentase Tenaga Kerja Formal Menurut Jenis Kelamin (Persen), 2018-2020. Jakarta.

Teguh, Monika, Selvy, dan Tri Ciawati. (2019). “PERANCANGAN STRATEGI DIGITAL MARKETING COMMUNICATION BAGI INDUSTRI PERHOTELAN DALAM MENJAWAB TANTANGAN ERA POSMODEREN Design of Digital Marketing Communication Strategy for the Hospitality Industry to Answer the Postmodern Era Challenges.” Jurnal Magister Ilmu Komunikasi 6(1):51–134.

Tirto.id. (2018). “Shopee & Instagram Tempat Belanja Online Favorit Ibu Milenial.” Nindias Nur Khalika. Diambil 14 April 2021 (https://tirto.id/shopee-instagram-tempat-belanja-online-favorit-ibu-milenial-cY4h). WITDYA PANGESTIKA. 2020. “Pengertian, Kelebihan, Jenis dan Strategi Digital Marketing.” Jurnal.id. Diambil (https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.