Analisis Risiko dan Mitigasi Risiko pada Mebel Abi Rodim dengan Menggunakan Metode FMEA dan TOPSIS

Khalid Jundi Rabbani, Syamsyudin Kameswara, Fernando Alexander Fermi Sitohang, Nadya Farah Maghdalena, Anggriani Profita, Deasy Kartika Rahayu Kuncoro

Abstract

Mebel Abi Rodim merupakan usaha yang bergerak di bidang pembuatan perabotan rumah tangga seperti kursi, jendela, dan pintu. Manajemen risiko pada penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mengendalikan faktor risiko pada kecelakaan kerja yang terjadi di Mebel Abi Rodim. Metode yang digunakan adalah FMEA dan TOPSIS. Berdasarkan hasil identifikasi terdapat enam kegiatan dengan 29 risiko kecelakaan yang kemudian ditentukan nilai kriteria severity, occurrence, dan detection. Hasil pengolahan data dengan diagram pareto didapatkan 20% risiko kecelakaan prioritas, yaitu jari terjepit kayu, tangan terkilir saat memotong bahan, kelilipan serbuk material, tangan terkena alat pemotong, tangan terkena permukaan bahan yang kasar saat mengambil bahan, dan tangan terkena permukaan bahan yang kasar saat memotong bahan. Akar-akar masalah tersebut diidentifikasi menggunakan diagram Ishikawa. Dari diagram Ishikawa, diperoleh opsi mitigasi risiko, kemudian digunakan metode TOPSIS untuk menentukan mitigasi risiko terbaik dan diperoleh alternatif solusi terbaik untuk risiko kecelakaan adalah memberikan Standar Operasional Prosedur penggunaan Alat Pelindung Diri dengan nilai RPI tertinggi, yaitu sebesar 0,853.

Keywords

FMEA; TOPSIS; Work accidents; Risk management;

References

Casban. (2018). Analisis Penyebab Kecelakaan Kerja pada Proses Washing Container di Divisi Cleaning dengan Metode Fishbone Diagram dan SCAT. Jurnal Integrasi Sistem Industri, Vol. 5, No. 2, hal. 111-121.

Ebrahemzadih, M., Halvani, G.H., Shahmoradi, B., & Giahi, O. (2014). Assessment and Risk Management of Potential Hazards by Failure Modes and Effect Analysis (FMEA) Method in Yazd Steel Complex. Open Journal of Safety Science and Technology, Vol. 4, hal. 127-135

Galih, M., & Rohana, S. (2014). Evaluasi Kemampuan dan Perhitungan Peringkat Siswa Menggunakan Metode TOPSIS dan Entropy. Jurnal Idaarah, Vol. II, No. 2, hal. 252-259.

Maulidia, N., Suyeno, Muhsin, M. (2019). Analisis Benefit, Opportunity, Cost, dan Risk Program Pengembangan Karyawan pada The Harvest Malang. Jurnal Respon Publik. Vol. 13, No. 5, hal. 110-115.

Mustofa. (2014). Perencanaan Produktivitas Kerja dari Hasil Evaluasi Produktivitas dengan Metode Fishbone di Perusahaan Percetakan Kemasan PT. X. Jurnal Teknik Industri HEURISTIC, Vol. 11, No. 1, hal. 27-46.

Pasaribu, H.P., Setiawan, H., Ervianto, W.I. (2017). Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA) untuk Mengidentifikasi Potensi dan Penyebab Kecelakaan Kerja pada Proyek Gedung. S2 Thesis, UAJY.

Perdana, R.P., & Yuliawati, E. (2014). Integrasi Metode FMEA dan TOPSIS Untuk Menganalisis Risiko Kecelakaan pada Proses Frame And Fork Welding. Spektrum Industri, Vol. 12, No. 1, hal. 1-112.

Putri, J.I., & Ulkhaq, M.M. (2017). Identifikasi Bahaya dan Risiko pada Area Produksi CV Mebel Internasional, Semarang dengan Metode Job Safety Analysis. Industrial Engineering Online Journal, Vol. 6, No. 1.

Satriyo, B. & Puspitasari, D. (2017). Analisis Pengendalian Kualitas dengan Menggunakan Metode Fault Tree Analysis untuk Meminimumkan Cacat pada Crank Bed di Lini Painting PT. Sarandi Karya Nugraha. Industrial Engineering Online Journal, Vol. 6, No. 1.

Sugiantara, K. & Basuki, M. (2019). Identifikasi dan Mitigasi Risiko di Offshore Operation Facilities dengan Menggunakan Metode Failure Mode And Effect Analysis. Jurnal INTECH, Vol. 5, No. 2, hal. 87-92.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.