Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Pabrik Di CV. Apindo Brother Sukses Menggunakan Metode Systematic Layout Planning (SLP)

Iksan Adiasa, Ryan Suarantalla, Muhammad Sayyid Rafi, Koko Hermanto

Abstract

Di dalam dunia industri, masalah tata letak pabrik maupun tata letak fasilitas dan peralatan produksi merupakan salah satu yang berperan penting dalam peningkatan produktivitas perusahaan. Tata letak yang tidak tepat dapat menyebabkan waktu pemindahan bahan menjadi tidak efektif karena jarak antar stasiun yang jauh. CV. Apindo Brother Sukses adalah perusahaan yang berfokuskan pada bidang jasa yang melakukan berbagai perlakuan terhadap suatu produk atau barang. Perlakuan yang dilakukan salah satunya yaitu pelapisan menggunakan listrik atau electroplating. Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses produksi pelapisan Nikel chrome dan Gold Plating dan membuat tata letak fasilitas baru proses produksi pelapisan Nikel chrome dan Gold yang lebih efektif pada CV. Apindo Brother Sukses. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode Systematic Layout Planning (SLP). Hasil studi lapangan yang diperoleh dari penelitian ini adalah pada proses pelapisan nikel chrome dan gold masih mengalami panjangnya proses produksi oleh karena itu peneliti membuat rancangan layout proses produksi baru dengan panjang yang lebih pendek dan efektif. Hasil pembuatan layout usulan didapatkan improvement pengurangan jarak tempuh produksi sebesar 62,5% untuk nikel chrome dan 73,5% untuk gold.

Keywords

Tata Letak Fasilitas, Systematic Layout Planning (SLP), Layout Proses Produksi

References

Hadiguna, R. A., Setiawan, H., & Oktaviana, H.S. (2008). Tata Letak Pabrik.Yogyakarta: Andi Offset.

Kebela, F. T., Suhardi, B., Rosyidi, C. N., & Adiasa, I. (2020). Perbaikan Tata Letak Fasilitas Produksi Incoming Material Menggunakan Systematic Layout Planning di PT. Pan Brothers Tbk Boyolali. Performa: Media Ilmiah Teknik Industri, 19(1).

Kartika, I. M. (2014). Perancangan Tata Letak Area Produksi dengan Menggunakan Metode ARC pada CV Gading Putih Di Semarang. CALYPTRA, 3(1), 1-18.

Purnomo, H. (2004). Perencanaan dan Perancangan Fasilitas. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Putri, R. E., & Ismanto, W. (2019). Pengaruh Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas di Area Operasional Kerja Berbasis 5S untuk Pengajuan Modal Usaha. Jurnal Dimensi, 8(1), 71-89.

Tompkins, J. A., White, J. A., Bozer, Y. A., Tanchoco, J. M. A., & Trevino, J. (1996). Facilities Planning. John Willey and Sons. Inc. 2nd edition. USA, 36-47.

Wignjosoebroto, S. (2009). Tata letak pabrik dan pemindahan bahan. Surabaya: Guna Widya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.