Quantitative Strategic Planning Matrix Pemasaran Air Minum dalam Kemasan

Nuraida Wahyuni, Daenulhay Kamsin, Evi Febianti, Gusti Imam Bimantara

Abstract

Besarnya permintaan air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia, mendorong produksi air minum dalam kemasan yang beraneka ragam. Selain merek yang sudah terbiasa ditemui oleh masyarakat, di beberapa daerah mempunyai produk air minum dalam kemasan sendiri, seperti produk air minum Baros, yang terdapat di Serang, Banten. Agar dapat bersaing dengan para kompetitor, produk Baros harus menetapkan suatu strategi pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan strategi pemasaran yang efektif. Untuk menentukan strategi mana yang dipilih, penulis menggunakan QSPM dan AHP. Hasil penelitian didapatkan bahwa dari kombinasi 6 kesempatan, 6 ancaman, 10 kekuatan dan 5 kelemahan, didapatkan 5 strategi taktis. Hasil dari QSPM dan AHP menyatakan strategi kedua yaitu meningkatkan akses penjualan melalui media sosial yang paling efektif dilakukan sebagai prioritas.

Keywords

Strategi pemasaran, AMDK, QSPM, AHP

References

Bhattacharjee, D. & Dey, M. (2015). Competitive Profile Matrix: A Theoretical Review. ABAC Journal, Vol. 35 No. 2, hal 61-70.

Ekasari, E. N. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Air Minum Dalam Kemasan Dengan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) [online]. http://eprints.ums.ac.id/65963/ (diakses pada 31 Januari 2019).

David, F . R. (2004). Manjemen Strategis : Konsep. Edisi 7, Jakarta: PT INDEKS.

David, F. R. (2017). Manajemen Strategik : Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing – Konsep. Edisi 15, Jakarta: Salemba Empat.

Harahap, U. N., Eddy, & Afriyanto, A. (2018). Perumusan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Quantitative Strategy Planning Matrix (QSPM) Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Kernel Oil di PT Anugerah Sawit Dio. Juriti Prima, Vol. 2 No. 1, hal 11-21.

Johnson, G., Whittington,R., & Scholes, K. (2011). Exploring strategies: Text and cases. Harlow: Financial time Prentice Hall.

Kavale, S., Mugambi, F., & Namusoge, G. (2016). The Effects Of Grand Strategy On Corporate Growth In Selected Microfinance Institutions In Kenya. IJRDO - Journal of Business Management, Vol. 2 Issue 6, hal 1-16.

Rini, A.S. (2018). Permintaan Kuat, Air Minum Kemasan Optimis Capai Target [online] https://surabaya.bisnis.com/read/20181012/257/848691/permintaan-kuat-air-minum-kemasan-optimis-capai-target (diakses 4 Februari 2019).

Saaty, T. L. (1993). Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin Dalam Ir. Kirti Peniwati, MBA. Edisi 2. Jakarta: PT. Gramedia.

Saaty, T. L. (1994). Fundamental Of Decision Making And Priority Theory With The Analytic Hierarchy Process. Pittsburgh USA : RWS Publications.

Shri, C., Gupta, M., & Agraawal, A. Strategy Formulation for Performance Improvement of Indian Corrugated Industry: An Application of SWOT Analysis and QSPM Matrix. Journal of Applied Packaging Research, Vol 7 No 3, hal 60-75.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: Andi.

Zimmerer T.W., Scarborough, N.M., & Wilson, D. (2008). Essentials of entrepreneurship and small business management (5th ed). NJ: Prentice Hall.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.