Perbaikan Tata Letak Fasilitas Produksi Incoming Material Menggunakan Systematic Layout Planning di PT. Pan Brothers Tbk Boyolali

Fuji Tori Kebela, Bambang Suhardi, Cucuk Nur Rosyidi, Iksan Adiasa

Abstract

PT. Pan Brothers Tbk Boyolali merupakan perusahaan tekstil yang memproduksi berbagai macam pakaian olahraga. PT. Pan Brothers Tbk Boyolali memiliki beberapa permasalahan yang berkaitan dengan tata letak seperti ketiga jarak perpindahan terbesar yaitu perpindahan dari area warehouse table ke area before inspection sebesar 51,8 meter, perpindahan dari area rak roll kain ke area mesin c-tex sebesar 35 meter, dan perpindahan dari area before inspection ke area quality fabric table sebesar 34,8 meter. Semakin jauh jarak perpindahan barang semakin tinggi pula biaya material handling. Alasan lain perbaikan tata letak perlu dilakukan adalah seringnya dilakukan perubahan layout yang disebabkan oleh project dari atasan dan belumnya menggunakan metode apapun. Terjadinya penumpukan material roll kain yang disebabkan penempatan material ditaruh di gang yang membuat terhalangnya jalan perpindahan barang. Total waktu aktivitas produksi di incoming material melebihi waktu yang ditetapkan perusahaan yaitu 5 sampai 6 hari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi secara langsung dan wawancara kepada pekerja. Dengan metode Systematic Layout Planning (SLP), dapat dihasilkan lebih dari satu alternatif solusi sehingga dapat dipilih mana yang terbaikan dalam penyelesaian masalah tata letak perusahaan, meminimumkan aliran material dan mempertimbangkan hubungan kedekatan, kebutuhan ruang dan ruang yang tersedia serta merupakan metode yang sederhana dan lebih mudah untuk diterapkan. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa tata letak usulan 1 mampu memberikan penghematan biaya material handling sebesar 16,6 % atau Rp. 1.038,357 tata letak usulan 2 sebesar 22,2 % atau Rp. 1.387,150 dan tata letak usulan 3 sebesar 28,2 % atau Rp. 1.759,802

Keywords

layout; material handling; systematic layout planning

Full Text:

PDF

References

Anwar, A., Bakhtiar, B., & Nanda, R. (2017). Usulan Perbaikan Tata Letak Pabrik dengan Menggunakan Systematic Layout Planning (SLP) di CV. Arasco Bireuen. Industrial Engineering Journal, 4(2).

Ekoanindiyo, F. A., & Wedana, Y. A. (2012). Perencanaan Tata Letak Gudang Penggunakan Metode Shared Storage Di Pabrik Plastik Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Dinamika Teknik, 6(1).

Hadiguna, A. R., & Setiawan, H. (2008). Tata Letak Pabrik. Andi Offset. Yogyakarta.

Maheswari, H., & Firdauzy, A. D. (2015). Evaluasi Tata Letak Fasilitas Produksi Untuk Meningkatkan Efisiensi Kerja Pada PT. Nusa Multilaksana. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Mercu Buana, 1(3), 97078.

Muther, R., & Hales, L. (2015). Systematic Layout Planning 4th Edition. USA: Management and Industrial Research Publication

Muthoharoh, A., & Rois Fatoni, S. T. (2017). Analisis K3 dan Perancangan Ulang Tata Letak di Industri Pengecoran Logam Dengan Menggunakan Metode SLP (Systematic Layout Planning). (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Naganingrum, R. P. (2012). Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas di PT. Dwi Komala dengan Metode Systematic Layout Planning. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Nasution, S. R., & Purwanto, H. (2017). Rancangan Ulang Tata Letak Mesin di PT. Korosi Specindo. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 3(1).

Nurhasanah, N., & Simawang, B. P. (2013). Perbaikan Rancangan Tata Letak Lantai Produksi di CV. XYZ. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Sains dan Teknologi, 2(2), 81-90

Pangestika, J. W., Handayani, N., & Kholil, M. (2017). Usulan Re-Layout Tata Letak Fasilitas Produksi Dengan Menggunakan Metode SLP Di Departemen Produksi Bagian OT Cair Pada PT. IKP. JISI: Jurnal Integrasi Sistem Industri, 3(1), 29-38.

Purnomo, H. (2004). Perencanaan dan Perancangan Fasilitas, Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu

Rosyidi, M. R. (2018). Analisa Tata Letak Fasilitas Produksi dengan Metode ARC, ARD, dan AAD di PT. XYZ. WAKTU, 16(1), 82-95.

Suhardi, B., Juwita, E., & Astuti, R. D. (2019). Facility Layout Improvement In Sewing Department With Systematic Layout Planning And Ergonomics Approach. Cogent Engineering, 6(1), 1597412.

Triyono, T., Cundara, N., & Irwan, H. (2014). Usulan Perbaikan Tata Letak Fasilitas Perkantoran di PT. BPR Mitra Arta Mulia Bengkalis Riau. PROFISIENSI, 2(2).

Wignjosoebroto, S. (2009). Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan. Edisi Ketiga. Surabaya: Penerbit Guna Widya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.