Integrasi Data Envelopement Analysis dan Fault Tree Analysis untuk Peningkatan Efisiensi Perusahaan Wholesaler: Studi Kasus

Yuniaristanto -, Ramadhany A. T., Wahyudi Sutopo

Abstract

Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui tingkat efisiensi strategi dan mengetahui faktorfaktor yang mempengaruhi ketidak-efisienan strategi pemasaran pada suatu perusahaan Wholesaler. Pendekatan Data Envelopment Analysis digunakan mengukur tingkat efisien pada banyak input dan banyak output dari suatu Strategi Pemasaran. Pendekatan Fault Tree Analysis digunakan untuk mencari penyebab ketidak-efisienan strategi pemasaran. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa nilai efisiensi pada Bagian Tele dan Promo adalah kuran dari satu atau belum efisien. Dari pendekatan Fault Tree Analysis diketahui bahwa faktor artikel produk yang di jual tidak lengkap, paket kemasan terlalu besar, aksi borong pedagang besar, pengiriman Supplier terlambat, pelayanan kurang ramah dan tidak ada delivery menyebabkan rendahnya nilai efisien.

Keywords

data envelopment analysis; fault tree analysis; wholesaler; efisiensi; strategi pemasaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.