PENGARUH MEDIA FLASHCARD BERBASIS DIGITAL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA 5-6 TAHUN

Danella Ayu Novitasari, Anayanti Rahmawati

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami anak usia 5–6 tahun dalam menirukan, menyebutkan, menghafal, dan mencocokkan kosakata bahasa Inggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flashcard berbasis digital terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris pada anak usia 5–6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian terdiri dari 13 anak berusia 5–6 tahun yang dipilih melalui teknik non-probability sampling atau sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes lisan, dokumentasi, dan wawancara, yang kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji Paired Sample t-Test pada taraf signifikansi 0,05 dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 27.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flashcard berbasis digital memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (sig < 0,05). Penggunaan media ini juga menyebabkan peningkatan rata-rata nilai pre-test dari 7,23 menjadi 14,23 pada post-test. Berdasarkan data tersebut, media flashcard berbasis digital terbukti berpengaruh dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada anak usia 5–6 tahun. Penelitian ini mengacu pada indikator teori Cameron dan Chaer, yaitu meniru, menyebutkan, mencocokkan suara, serta menghubungkan gambar dan tulisan kata dalam bahasa Inggris.

Keywords

Kata Kunci: usia dini; media flashcard digital; kosakata bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References

Batubara, H. . (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatma Publishing.

Cameron, L. (2001). Teaching Languages to Young Learners. Cambridge: Cambridge University Press.

Chaer, A. (2009). Psikolinguistik, Kajian Teoretik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Elan, E., Gandana, G., & Fauziah, D. E. (2023). Analisis penggunaan flashcard berbasis digital untuk meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak usia dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 63. https://doi.org/10.31000/ceria.v12i1.9023.

English First. (2023). Ef Epi Indeks Kecakapan Bahasa Ingris. Jakarta: English First.

Firdaus, Muthiara, Muryanti, & Elise. (2020). Games edukasi bahasa inggris untuk pengembangan kosakata bahasa inggris pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1216–1227.

Hasbullah. (2019). Improving vocabulary using a computer-based flashcard program. Inform Journal, 3(2), 132–140.

Hendraningrat, D., & Fauziah, P. (2021). Media pembelajaran digital untuk stimulasi motorik halus anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 58–72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1205.

Hidayati, N. N. (2017). Meningkatkan kosakata bahasa inggris anak usia dini dengan kartu bergambar. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 67–86. https://doi.org/10.35896/ijecie.v1i1.6.

Kurniasih, E. (2019). Media digital pada anak usia dini. Jurnal Kreatif, 9(2), 87–91.

Lestari, T., Mustika, I., Ismayani, R. M., & Siliwangi, I. (2020). Pengaruh pola asuh terhadap perkembangan bahasa anak. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–12.

Maronta, Y., Sutarto, J., & Isdaryanti, B. (2023). Pengaruh media flashcard berbasis digital terhadap kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1142–1161. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4152.

Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran berbasis media digital pada anak usia dini di era revolusi industri 4.0: Studi literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77.

Pertiwi, A. B., Rahmawati, A., & Hafidah, R. (2021). Metode pembelajaran kosakata bahasa inggris pada anak usia dini. Kumara Cendekia, 9(2), 95. https://doi.org/10.20961/kc.v9i2.49037.

Ratminingsih, N. M. (2021). Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Rebecca. (2019). Education in the app store: Using a mobile game to support U.S. preschoolers’ vocabulary learning. Journal of Children and Media, 13(4), 452-471.

Rivki, M., Bachtiar, A. M. (2019). Pemrosesan dan penyimpanan informasi pada otak anak dalam belajar: short term and long term memory. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 17(112).

Simahate, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Flashcard terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Harapan Paya Gajah, Kab. Bener Meriah Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi Sarjana, Universitas Medan.

Sugiyono. (2013). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Susfenti, N. E. M. (2021). Pembelajaran bahasa inggris untuk anak usia dini. Jurnal Studi Gender Dan Anak, 8(01), 50. https://doi.org/10.32678/jsga.v8i01.5858.

Talango, S. R. (2020). Konsep perkembangan anak usia dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35.

Wakana, J. (2018). Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Alphabet Game Pada Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Azzahidin Pekanbaru. Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.