PENGGUNAAN MEDIA DADU LITERASI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Kemampuan berbicara pada anak usia dini dilakukan untuk bersosialisasi dengan cara komunikasi secara lisan untuk mengutarakan ide dan gagasannya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berbicara anak belum optimal ketika pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media dadu literasi terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dengan desain eksperimen One Group Pre-test-Post-test Design. Subjek penelitian terdiri dari 17 anak berusia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes lisan dan tes unjuk kerja. Hasil tes dianalisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji Paired Sample t-Test pada taraf signifikansi 0,05 dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 23.0. Hasil penelitian menunjukkan media dadu literasi memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan berbicara dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 (sig<0,05). Penggunaan media ini juga menyebabkan peningkatan rata-rata nilai pre-test dari 14,00 menjadi 21,12 pada post-test. Berdasarkan data tersebut, media dadu literasi terbukti berpengaruh terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun sehingga dinilai efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Allen, K. E., & Marotz, L. R. (2010). Profil Perkembangan Anak; Prakelahiran hingga 12 tahun. Jakarta: PT Mdeks.
Ambarsari, D., Riantika, A., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Pemanfaatan Media Ajar Dadu Literasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar ISSN: XXXX-XXXX, 1, 277–286.
Azwar. (2015). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Dhieni, N., Fridani, L., & Psych, S. P. M. (2017). Hakikat perkembangan bahasa anak. Modul Paud Diakses Pada Tanggal, 26.
Habibatullah, S., Darmiyanti, A., & Aisyah, D. S. (2021). Potensi bahasa anak usia dini 5-6 tahun melalui metode bercerita. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 1–7. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5315
Hewi, L. (2020). Penggunaan Permainan Dadu Literasi Untuk Perkembangan Sosial Emosional Di Tk Al-Aqsho Konawe Selatan. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 50–70.
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Penerbit Erlangga. https://books.google.co.id/books?id=dAucDAEACAAJ
Jamaris, M. (2015). Kesulitan Belajar Bagi Anak Usia Dini dan Pra Sekolah. Bogor: Penerbit Ghalia Indah Indonesia.
Karnemi, D., Nabilatul fauziah, D., & Syafrida, R. (2021). Implementasi Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Sahabat Kecamatan Rawamerta. In Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 6, Issue 2). https://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/issue/archive
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1–10.
Manata Sari, M. (2024). Implementasi Ice Breaking Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Islam Terpadu ( SDIT).
Marbun, S., & Nurhayatun, S. (2023). Penggunaan Media Flashcard Sebagai Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-Journal), 9(1), 54–64.
Meuthia, N., & Suyadi, S. (2021). Penggunaan Media Permainan Dadu Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 357–366. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i2.8905
Nurfajani, N., Oktariana, R., & Mutiawati, Y. (2021). Analisis permasalahan anak pemalu pada usia 5-6 tahun di kelompok B TK FKIP Unsyiah Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(1).
Rahmasari, T., Pudyaningtyas, A. R., & Nurjanah, N. E. (2021). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 9(1), 41–48.
Salma, S. (2024). Pengaruh Permainan Roll Dice Challenge Terhadap Literasi Awal Anak Usia 5-6 Tahun. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 15(1), 31–42. https://doi.org/10.47625/fitrah.v15i1.643
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Suryana, D., & Nurhayani, N. (2021). Efektivitas Teknik Presentasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1393–1407.
Refbacks
- There are currently no refbacks.