PERAN ORANG TUA DALAM MENGATUR PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI

Dini Septi Harianti, Sigit Prasetyo, Sibawaihi Sibawaihi, Muhammad Abid Al Faqh

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran penting orang tua dalam mengelola penggunaan gadget pada anak usia dini. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, gadget menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Penggunaannya tidak hanya terbatas pada orang dewasa, namun kini juga melibatkan anak-anak sejak usia dini. Penggunaan gadget yang berlebihan pada anak-anak bisa memengaruhi kesehatan fisik dan mental mereka. Oleh karena itu, peran orang tua menjadi sangat penting dalam mengatur dan mengontrol penggunaan gadget agar tidak menimbulkan dampak negatif. Penelitian ini dilakukan di RT.05 Dusun Pelita Dasan Agung Baru, Kota Mataram, dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pendekatan ini menggambarkan secara rinci situasi di lapangan melalui wawancara dengan orang tua serta observasi mengenai cara orang tua dalam mengatur pemakaian gadget pada anak-anak mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua memiliki peran yang sangat krusial dalam mengontrol penggunaan gadget, yang bertujuan untuk memastikan gadget digunakan secara tepat dan bertanggung jawab. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam menekankan peran orang tua dalam mengatur pemakaian gadget pada anak usia dini. Pengawasan yang baik dapat menghindarkan anak dari dampak negatif terhadap kesehatan, perkembangan mental, serta perkembangan sosial mereka, sehingga memastikan anak dapat memanfaatkan teknologi dengan bijak dan bertanggung jawab

Keywords

Peran Orang Tua; Gadget; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References

Adelia, J. (2024). Peran Orang Tua Dalam Pemanfaatan Teknologi Digital Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Ullu Azmi Lampung Selatan. Skripsi Sarjana, UIN Raden Intan Lampung.

Afdalia, A. P., & Gani, I. (2023). Dampak pengaruh gadget terhadap interaksi sosial anak usia dini. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 10(1).

Aisyah, I. U., & Wijayani, Q. N. (2023). Penggunaan gadget terhadap kualitas tidur dan kesehatan mental remaja. Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 31–40.

Annisa, S. R. (2022). Pengaruh media sosial youtube pada pemerolehan bahasa kedua anak usia 5 tahunkajian psikolinguistik. Journal Educational of Indonesia Language, 3(2), 10–17. https://doi.org/10.36269/jeil.v3i2.1038.

Asmawati, L. (2021). Peran orang tua dalam pemanfaatan teknologi digital pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 82–96. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170.

Azizah, E., Cahyo Setyono, D., Churiyatul Jannah, S., & Munawaroh, H. (2024). Pengaruh teknologi, gadget terhadap perkembangan anak. Al-Amin: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, 3(1).

Burhaein, E., Prastiyo, O., Zubaidah, R., & Larasati, A. (2023). Seminar dampak penggunaan gadget pada kesehatan anak di sdn rejosari. Krepa: Kreativitas Pada Abdimas, 1.

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17, 315–330.

Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 04(1), 181–190.

Faraz, N., Listyaningsih, B. T., & Anugrahana, A. (2024). Human tendencies pada anak usia 0-6 tahun dengan metode montessori: Studi literatur. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 7896–7915.

Filza, N. I., & Wulandari, H. (2023). Penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial pada anak usia dini. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6, 3176–3181.

Fuadia, N. (2022). Perkembangan sosial emosi pada anak usia dini. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(1), 31–47. https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i1.131.

Hamdani, M. (2023). Dampak gadget terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. Jurnal Rinjani Pendidikan Anak Usia Dini, 1(3).

Hijriyani, Y., & Astuti, R. (2020). Penggunaan gadget oleh anak usia dini pada era revolusi industri 4.0. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1).

Hunafa, A. S. (2022). Analisis Pengasuhan Orangtua terhadap Pengendalian Gadget yang Berhubungan Dengan Pemeliharaan Proposial Anak Usia Dini. Bandung Conference Series: Early Childhood Teacher Education, 2(2). https://doi.org/10.29313/bcsecte.v2i2.4333.

Isyanawulan, G., Soraida, S., Wulindari, A., Hendarso, Y., & Istiqoma. (2024). Literasi digital melalui edukasi keluarga tentang bahaya penggunaan gadget bagi anak. Bantenese Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6, 222–234. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v6i1.9016.

Jiu, C. K., Pratama, K., Pradika, J., Hartono, H., & Erwhani, I. (2022). Pengawasan orang tua dalam penggunaan gadget pada anak usia dini selama masa pandemi covid-19. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 167–180. https://doi.org/10.32678/assibyan.v7i2.9825.

Maulidya, U. (2020). DIGITAL PARENTING: Bagaimana Orang Tua Melindungi Anak-anak dari Bahaya Digital. Tasikmalaya: EDU PUBLISHER.

Masyhuri, M., & Adawiyah, R. (2024). Analisis peran orang tua dalam pembentukan karakter moral pada anak usia dini. Jurnal Kumara Cendekia, 12, 304–319. https://doi.org/10.20961/kc.v12i4.94783.

Masykura, S., F., Maryati, S., & Mubharokkh, A. S. (2024). Analisis dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan psikologis dan keagamaan anak usia dini (TK dan SD) dalam perspektif pendidikan agama islam. Muaddib: Islamic Education Journal, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.19109/muaddib.v7i1.24432.

Mimin, E., Kristen, U., & Wacana, S. (2022). Analisis dampak penggunaan gadget terhadap aspek-aspek perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 6(02), 558–568. https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i02.6462.

Mita, M. L., & Widjayatri, RR. D. (2023). Peran orang tua terhadap penggunaan gadget pada anak usia dini generasi alpha. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.33367/piaud.v3i1.2523.

Novianti, R., & Garzia, M. (2020). Penggunaan gadget pada anak; tantangan baru orang tua milenial. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1000. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.490.

Nugroho, R., Artha, I. K. A. J., Nusantara, W., Cahyani, A. D., & Patrama, M. Y. P. (2022). Peran orang tua dalam mengurangi dampak negatif penggunaan gadget. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5425–5436. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2980.

Nuraida, H. (2023). Risiko gadget berlebihan: dampak negatif pada karakter mental dan emosi anak. Seroja: Jurnal Pendidikan, 2(4), 387–395.

Oktaviana, A. (2021). Dampak penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak usia dini perspektif hadis. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 145–153. https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12544

Putri, M. N. (2022). Meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak usia 4-6 tahun dalam menghafal rukun iman melalui metode pemberian tugas. Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 1.

Rahmi, N., Khadijah, Sindy, Y., & Yuspika, R. (2024). Dampak penggunaan handphone terhadap perkembangan sosial emosional AUD. Fonologi: Jurnal Ilmuan Bahasa dan Sastra Inggris, 2(2), 118–129. https://doi.org/10.61132/fonologi.v2i2.660.

Septiana, A., & Anwar. (2024). Dampak pengaruh gadget pada anak usia dini (studi kasus Desa Batu Tering. Hegemoni, Jurnal Ilmu Sosial, 2(2).

Tania, M., Nurhayati, E., Abdurahman, N., & Rahman, D. L. (2024). Sosialisasi pengaruh gadget pada anak usia dini di TK Al-munawwarah Kota Bandung. Journal of Community Dedication, 4(1), 289–302.

Ulya, N., & Diana, R. R. (2021). Peran pola asuh orang tua dalam meningkatkan kepercayaan diri pada anak usia. Jurnal Golden Age, 5(02), 304–313. https://doi.org/10.29408/jga.v5i02.3706.

Winda, H. (2024). Menghadapi tantangan zaman: Peran dan strategi pola asuh orang tua dalam membentuk karakter anak di era digital. Al-IKTIAR: Jurnal Studi Islam, 1(1), 20. https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269.

Yuliana, W., Hamid, A., & Yaqin, F. A. (2022). Study analisis: Tantangan orang tua dalam mendidik anak dan mengatasi kemalasan belajar anak di era smart society 5.0. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(1), 201–208. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i1.8443.

Yumarni, V. (2022). Pengaruh gadget terhadap anak usia dini. Jurnal Literasiologi, 8(2). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i2.369.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.