INOVASI MODEL DAN STRATEGI PEMBELAJARAN FLIPPED LEARNING DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan fondasi penting bagi perkembangan emosional, sosial, dan kognitif anak. Namun, pembelajaran di PAUD sering menghadapi tantangan, seperti keterbatasan waktu belajar di kelas, rentang perhatian anak yang pendek, serta perbedaan kemampuan dalam satu kelompok belajar yang menyebabkan ketimpangan dalam pemahaman materi. Selain itu, kurangnya keterlibatan orang tua dalam pembelajaran di rumah semakin mengurangi efektivitas pendidikan anak usia dini. Flipped learning hadir sebagai pendekatan inovatif yang mengoptimalkan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi, sehingga anak dapat belajar secara mandiri di rumah sebelum memperdalam materi melalui aktivitas interaktif di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan flipped learning dalam PAUD serta menganalisis tantangan dan peluangnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literatur sistematis dengan menyeleksi jurnal-jurnal relevan dari berbagai sumber terindeks. Dari 63 artikel yang ditemukan, lima jurnal utama dipilih sebagai dasar analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa flipped learning dalam PAUD dapat meningkatkan pemahaman akademik anak, kemandirian, serta keterlibatan aktif dalam proses belajar. Namun, keberhasilannya sangat bergantung pada kesiapan guru, dukungan orang tua, serta ketersediaan media pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini berkontribusi terhadap pengembangan ilmu pendidikan dengan memberikan wawasan mengenai pendekatan flipped learning sebagai solusi inovatif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di PAUD.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apriani, I. L., Cahyani, I., & Nugroho, R. A. (2024). Model flipped classroom bermuatan pembelajaran berdiferensiasi dalam mengidentifikasi teks cerita fantasi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 3292–3300.
Arifah, D., Kholidah, N., & Amaliah. (2025). Strategi efektif membimbing diskusi kelompok kecil untuk meningkatkan kolaborasi siswa. Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 213–20.
Aulia, R. & Normaliza. Metode Bercerita Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan , 4(3), 228–39.
Aziz, Thorik, Safira, T., Arofah, D., & Lusiana S. D. (2023). transformation of children’s education: Strategies and challenges of parentsin parenting children in the digital era. Qurroti, 5(2), 70–87.
Barovih, Guntoro, & Sugara, E. P. A. (2020). Pemanfaatan aplikasi sebagai media bantu edukasi agama islam untuk anak usia dini. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1).
Hastuti, W. D. (2020). Membangun motivasi dan kemandirian peserta didik berkebutuhan khusus melalui flipped classroom di masa new normal covid-19. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 181-192.
Yayasan Sekolah Kristen Indonesia. (2021). A Great Model For Future Learning. Semarang: YSKI.
Julinar, J., and F. N. Yusuf. (2019). Flipped learning model: satu cara alternatif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(19).
Kaif & Sitti H. (2022). Strategi Pembelajaran (Macam-Macam Strategi Pembelajaran Yang Dapat Diterapkan Guru). Surabaya: Inoffast Publishing Indonesia.
Khadijah. (2020). Pola kerja sama guru dan orangtua mengelola bermain aud selama masa pandemi COVID-19. Jurnal Kumara Cendekia, 8(2), 154–70.
Meriyenti, M., & R. Efendi. (2023). Model guided inquiry learning pada pembelajaran kimia menggunakan vosviewer: Analisis bibliometric. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(4), 4138–54.
Mulia, P. S., & Kurniati, E. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Wilayah Pedesaan Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3663–74.
Murtiasih, E. (2022). Implementasi Metode Flipped Classroom Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid 19. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(3), 1018–32.
Novela, G. T. (2023). Pengaruh kualifikasi dan kompetensi guru terhadap prestasi belajar anak usia dini di sekolah PAUD. Thufuli: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
Pardede, P. (2019). Menjadi guru ‘zaman now’ dan cara pembelajaran siswa memasuki era industri 4. 0. English Education Department (Pendidikan Bahasa Inggris) UKI.
Parisu, Chairan, Z. L., La Sisi, & Juwairiyah, A. (2025). pengembangan literasi sains pada siswa sekolah dasar melalui pembelajaran IPA. Sultra Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 1(1), 11–19.
Patandean, Y. R., and R. E. Indrajit. (2021). Flipped Classroom: Membuat Peserta Didik Berpikir Kritis, Kreatif, Mandiri, Dan Mampu Berkolaborasi Dalam Pembelajaran Yang Responsif. Surakarta: Penerbit Andi.
Rachmi, Y., S. Wibowo, and M. Gatot. (2022). Implementasi gerakan literasi keluarga dalam meningkatkan kompetensi literasi anak usia dini. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(11).
Ramadhani, R., Syahputra, E., & Simamora, E. (2023). Model Ethno–Flipped Classroom: Solusi Pembelajaran Fleksibel Dan Bermakna. Bandung: Indonesia Emas Group.
Elisa, R., Destian, R., Agustian, A., & Wahyudin. Inovasi model dan strategi pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka: Inovasi model dan strategi pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 2608–17.
Rusnilawati, R., M. T. Hidayat, A. A. Hazima, U. Tadzkiroh, R. R. Kusuma, R. S. Putri, and S. Sujalwo. (2023). Pelatihan flipped learning dengan pendekatan STEM di SD Muhammadiyah 22 Sruni Surakarta. Buletin KKN Pendidikan, 2(4).
Sari, D. Y., S. Mutiara, and A. Rahma. (2020). Kesiapan orang tua dalam menyediakan lingkungan bermain di rumah untuk anak usia dini dimasa pandemi COVID-19. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD Jurnal PG-PAUD FKIP Universitas Sriwijaya, 2(7).
Setyawati, Panca, S. (2022). Model treffinger dengan flipped-classroom: inovasi layanan bimbingan dan konseling pasca pandemi untuk menguatkan kreativitas. Prosiding Semdikjar (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran.
Zuhri, M. D., D. R. Anjarani, S. Syaiful, and Y. Yuliarsih. (2023). Mengoptimalkan kemampuan bahasa inggris guru di SMK Al Husen Pademawu melalui pelatihan flipped classroom. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(4).
Refbacks
- There are currently no refbacks.