AKU CINTA INDONESIA: NASKAH DRAMA TEMATIK BERBAHASA JAWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI PADA KEGIATAN P5

Roudlotun Ni'mah, Endang Puspitasari

Abstract

Manusia menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi untuk berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain, salah satunya adalah bahasa Jawa. Namun hingga saat ini, penggunaan bahasa Jawa Krama mengalami bahasa turunan yang dramatis. Oleh karena itu, perlu diterapkan metode pengajaran bahasa Jawa Krama yang efektif dan menyeluruh dimulai skala kecil, seperti pengajaran tubuh dan angka dalam bahasa Jawa Krama. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan naskah drama tematik berbahasa Jawa sebagai media pembelajaran anak usia dini pada kegiatan P5 tema “Aku Cinta Indonesia”. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya media naskah drama tematikberbahasa Jawa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan prosedur penelitian mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian dengan validasi dariahli media menunjukkan bahwa media naskah drama tematik berbahasa Jawa sangat layak digunakan dengan persentase 94%, sementara validasi dari ahli materi menunjukkan kelayakan dengan persentase 80%. Hasil uji cobaterhadap kelompok kecil menunjukkan persentase keberhasilan 81,2%, dan pada kelompok besar sebesar 86%. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran naskah drama tematik berbahasa Jawa tidak hanya layak digunakan tetapi juga efektif dalam meningkatkan pengetahuan anak tentang bahasa Jawa.

Keywords

Naskah Drama, Bahasa jawa, kegiatan P5, Anak usia dini.

Full Text:

PDF

References

Afipah, H., & Imamah, I. (2023). Implementasi projek penguatan profil pelajarpancasila terhadap enam dimensi karakter di PAUD. Journal of EducationResearch, 4(3), 1534–1542. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.456.Ally, M. (2020). The Role of Mobile Learning in Supporting the ADDIE Model ofInstructional Design. Educational Technology Research and Development,68(1), 1-12.Firmandasari, R. A., Suryawinata, M., Hasanah, F. N., & Untari, R. S. (2020). Gamebahasa Jawa krama sebagai media pembelajaran anak berbasis android. JIPI(Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 5(2), 150.https://doi.org/10.29100/jipi.v5i2.1807.Gideon, A. S. (2021). Cerdik mengaryakan tiktok, lejitkan kesadaran danmengintroduksikan kebudayaan nasional. Sriwijaya Journal of InternationalRelations, 1(1), 34–49.Hapsari, D. A., & Widiastuti, R. (2022). Pengembangan Media Drama dalamMeningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan AnakUsia Dini, 14(2), 102-112.Harumawardhani, D. P., Rahmawati, I. Y., & Setyowahyudi, R. (2022). Analisiskesantunan berbahasa anak usia 4-6 tahun studi kasus kebiasaan menontonyoutuber gaming “miawaug” di Kabupaten Ponorogo. SELING: JurnalProgram Studi PGRA, 8(2), 112–123.Lailan, A. (2023). Urgensi Media Pembelajaran Untuk Pendidikan Anak Usia Dini.SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(12), 5027–5034.https://doi.org/10.55681/sentri.v2i12.1887Manullang, Y., Andrean, J., Efendy, R., Irfandi, A., Dewanto, Y., Ramadhani, M.,Rahmadani, O., & Nurhayati, E. (2023). Dampak penggunaan bahasaYoutuber Gaming Windah Basudara terhadap perilaku anak di bawah umur.Jurnal Multidisiplin West Science, 02(12), 1033–1039.Pertiwi, A. D., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi nilai pancasila sebagai landasanbhinneka tunggal ika. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 212–221.https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1450.Putri, A., & Kurniawan, D. (2021). Pengaruh Media Drama terhadap KemampuanBerbahasa Anak pada Tahap Praoperasional. Jurnal Ilmu Pendidikan Anak,12(1), 35-45.Rahmawati, I., Santoso, H., & Kurniawan, A. (2023). Interaksi Sosial dalamPembelajaran Bahasa Berbasis Drama untuk Anak Usia Dini. JurnalPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(3), 87-95.Santrock, J. W. (2021). Life-span Development (17th ed.). McGraw-Hill Education.Sari, D. K., & Setyawan, B. W. (2023). Eksistensi penggunaan bahasa Indonesia padabudaya “nongkrong” generasi milenial. Jurnal Komposisi, 6(2), 119.https://doi.org/10.53712/jk.v6i2.1790Setyowati, R., Nugraheni, D., & Wulandari, F. (2020). Peran Drama dalamMengembangkan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikandan Kebudayaan Anak, 8(4), 56-68.Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research andDevelopment/R&D). Bandung: Alfabeta.Sumitra, A. (2014). Proses pembelajaran berbasis metode montessoridalammengembangkan keterampilan sosial anak usia dini (penelitiandeskriptif di PAUD Assya’idiyah Kab. Bandung Barat). Jurnal Empowerment,4(2252), 62–65.Wiyono, E. & Yulita, A. (2021). Kearifan Lokal Nusantara. Jakarta: Perpusnas Press.Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini.Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96.https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489.Zakaria, M. D. (2022). Pengembangan media podcast untuk pembelajaran dialogbahasa Jawa kelas VII di SMP Negeri 3 Semarang. Piwulang: JurnalPendidikan Bahasa Jawa, 10(1), 73–81.https://doi.org/10.15294/piwulang.v10i1.4707.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.