AKU CINTA INDONESIA: NASKAH DRAMA TEMATIK BERBAHASA JAWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI PADA KEGIATAN P5
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afipah, H., & Imamah, I. (2023). Implementasi projek penguatan profil pelajarpancasila terhadap enam dimensi karakter di PAUD. Journal of EducationResearch, 4(3), 1534–1542. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.456.Ally, M. (2020). The Role of Mobile Learning in Supporting the ADDIE Model ofInstructional Design. Educational Technology Research and Development,68(1), 1-12.Firmandasari, R. A., Suryawinata, M., Hasanah, F. N., & Untari, R. S. (2020). Gamebahasa Jawa krama sebagai media pembelajaran anak berbasis android. JIPI(Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 5(2), 150.https://doi.org/10.29100/jipi.v5i2.1807.Gideon, A. S. (2021). Cerdik mengaryakan tiktok, lejitkan kesadaran danmengintroduksikan kebudayaan nasional. Sriwijaya Journal of InternationalRelations, 1(1), 34–49.Hapsari, D. A., & Widiastuti, R. (2022). Pengembangan Media Drama dalamMeningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan AnakUsia Dini, 14(2), 102-112.Harumawardhani, D. P., Rahmawati, I. Y., & Setyowahyudi, R. (2022). Analisiskesantunan berbahasa anak usia 4-6 tahun studi kasus kebiasaan menontonyoutuber gaming “miawaug” di Kabupaten Ponorogo. SELING: JurnalProgram Studi PGRA, 8(2), 112–123.Lailan, A. (2023). Urgensi Media Pembelajaran Untuk Pendidikan Anak Usia Dini.SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(12), 5027–5034.https://doi.org/10.55681/sentri.v2i12.1887Manullang, Y., Andrean, J., Efendy, R., Irfandi, A., Dewanto, Y., Ramadhani, M.,Rahmadani, O., & Nurhayati, E. (2023). Dampak penggunaan bahasaYoutuber Gaming Windah Basudara terhadap perilaku anak di bawah umur.Jurnal Multidisiplin West Science, 02(12), 1033–1039.Pertiwi, A. D., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi nilai pancasila sebagai landasanbhinneka tunggal ika. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 212–221.https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1450.Putri, A., & Kurniawan, D. (2021). Pengaruh Media Drama terhadap KemampuanBerbahasa Anak pada Tahap Praoperasional. Jurnal Ilmu Pendidikan Anak,12(1), 35-45.Rahmawati, I., Santoso, H., & Kurniawan, A. (2023). Interaksi Sosial dalamPembelajaran Bahasa Berbasis Drama untuk Anak Usia Dini. JurnalPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(3), 87-95.Santrock, J. W. (2021). Life-span Development (17th ed.). McGraw-Hill Education.Sari, D. K., & Setyawan, B. W. (2023). Eksistensi penggunaan bahasa Indonesia padabudaya “nongkrong” generasi milenial. Jurnal Komposisi, 6(2), 119.https://doi.org/10.53712/jk.v6i2.1790Setyowati, R., Nugraheni, D., & Wulandari, F. (2020). Peran Drama dalamMengembangkan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikandan Kebudayaan Anak, 8(4), 56-68.Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research andDevelopment/R&D). Bandung: Alfabeta.Sumitra, A. (2014). Proses pembelajaran berbasis metode montessoridalammengembangkan keterampilan sosial anak usia dini (penelitiandeskriptif di PAUD Assya’idiyah Kab. Bandung Barat). Jurnal Empowerment,4(2252), 62–65.Wiyono, E. & Yulita, A. (2021). Kearifan Lokal Nusantara. Jakarta: Perpusnas Press.Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini.Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96.https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489.Zakaria, M. D. (2022). Pengembangan media podcast untuk pembelajaran dialogbahasa Jawa kelas VII di SMP Negeri 3 Semarang. Piwulang: JurnalPendidikan Bahasa Jawa, 10(1), 73–81.https://doi.org/10.15294/piwulang.v10i1.4707.
Refbacks
- There are currently no refbacks.