ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MORAL PADA ANAK USIA DINI

Muhammad Masyhuri, Robiatul Adawiyah

Abstract

Orangtua memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter moral pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran orang tua dalam pembentukan karakter moral anak usia dini, yang sangat penting untuk perkembangan perilaku dan nilai-nilai etika anak. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor yang mempengaruhi karakter moral anak, diharapkan penelitian ini akan memberikan wawasan yang berharga bagi orang tua, pendidik, dan pihak terkait lainnya. Selain itu, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif-analitis untuk menggali persepsi, pandangan, dan pengalaman orang tua dalam membentuk karakter moral anak usia dini. Hasil penelitian diharapkan mampu memberikan pemahaman mendalam mengenai peran orang tua dalam pembentukan karakter moral anak, termasuk dinamika interaksi dan pola pendidikan yang diterapkan.

Keywords

peran orang tua, karakter moral, anak usia dini

Full Text:

PDF

References

Agung Hidayatulloh, M., & Laily Fauziyah, N. (2020). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Satuan PAUD Islam. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(4), 149–158. https://doi.org/10.14421/jga.2020.54-02

Agustin, F. D., & Listyani, R. H. (2024). Motif Ibu Single Parent Dalam Mendidik Kemandirian Anak di Desa Mejoyolosari Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang. Paradigma, 13(2), 111–120. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/61246

Alfira, D., & Siregar, M. F. Z. (2024). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Memajukan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini melalui Komunikasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 15. https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.641

Assingkily, M. S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Panduan Menulis Artikel Ilmiah dan Tugas Akhir). Penerbit K-Media. https://books.google.co.id/books/about/METODE_PENELITIAN_PENDIDIKAN_PANDUAN_MEN.html?id=eQlIEAAAQBAJ&redir_esc=y

Faiz, A., Soleh, B., Kurniawaty, I., & Purwati, P. (2021). Tinjauan analisis kritis terhadap faktor penghambat pendidikan karakter di Indonesia. Jurnal Basicedu, 5(4), 1766–1777. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1014

Fakhri, A., Sayyidina, R. Z., & el Jasmine, S. (2023). Peran Ayah sebagai Orang Tua Tunggal dalam Mengasuh Anak: Perspektif Gender dalam Keluarga. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal, 1. https://ejournal.untirta.ac.id/SNPNF/article/view/81

Gea, M. A., & Malelak, D. P. (2024). Peran orang tua dalam meningkatkan karakter remaja melalui quality time. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(1), 61–75. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v2i1.2217

Hadi, A. (2021). Penelitian kualitatif studi fenomenologi, case study, grounded theory, etnografi, biografi. CV. Pena Persada. http://books.uinsby.ac.id/id/eprint/167

Hadian, V. A., Maulida, D. A., & Faiz, A. (2022). Peran lingkungan keluarga dalampembentukan karakter. Jurnal Education and Development, 10(1), 240–246. https://doi.org/10.37081/ed.v10i1.3365

Harti, S. D. (2023). Keteladanan Orang Tua dalam Mengembangkan Moralitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5369–5379. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5191

Hasbullah, H., & Nurhasanah, N. (2024). Peran Orang Tua dan Pendidik dalam Melejitkan Potensi Anak. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 55–71. https://doi.org/10.58561/jkpi.v3i1.110

Hidayatulloh, D. S. (2022). The Dynamics of Gender Role Change in the Family: A Qualitative-Descriptive Approach Through a Literature Review in the Social Context of Modern Society. Journal of Society and Development, 2(1). https://doi.org/10.57032/jsd.v2i1.180

Husain, R., & Kaharu, A. (2020). Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 85. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527

Irmania, E. (2021). Upaya mengatasi pengaruh negatif budaya asing terhadap generasi muda di Indonesia. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 23(1), 148–160. http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v23i1.2970

Istikhoma, W., Dian Keumalahayati, A., & Yaqin, A. (2024). Tindakan Orang Tua terhadap Ketidakjujuran Anak: Studi Pembentukan Karakter di Lembaga Pendidikan Informal. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 840–854. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.506

Julismawati, J., & Eliana, N. (2024). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(3), 255–259. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n3.p255-259

Juwita, T., & Yunitasari, S. E. (2024). Pengaruh Keteladanan Orang Tua Dalam Pembentukan Perilaku Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(6), 877–888. https://doi.org/10.5281/zenodo.10654458

Kamila, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Moral dalam Membina Karakter Anak Sekolah Dasar. Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(5), 321–338. https://publisherqu.com/index.php/Al-Furqan/article/view/535

Kholik, M., Mujahidin, M., & Munif, A. A. (2024). Menanamkan Nilai-nilai Akhlak dalam Pergaulan Siswa Di Lingkungan Madrasah. Ngaos: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 54–65. https://doi.org/10.59373/ngaos.v2i1.12

Kinanah, N. (2022). Relevansi Pola Asuh Orang Tua dalam Mendidik Anak perspektif buku Modern Islamic parenting Karya Dr. Hasan Syamsi dengan Pola Asuh orang tua dalam mendidik anak di era digital. Institut Agama Islam Negeri Madura. http://etheses.iainmadura.ac.id/4595/

Laka, L., Darmansyah, R., Judijanto, L., Lase, J. F., Haluti, F., Kuswanti, F., & Kalip, K. (2024). Pendidikan Karakter Gen Z Di Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=seH8EAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Mukarromah, T. T., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Kultur Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 395–403. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.550

Murdiana, E. (2020). Peran Dan Fungsi Keluarga Dalam Pendampingan Pendidikan Anak Ditengah Pandemi Covid-19. SETARA: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 2(01), 120–137. https://doi.org/10.32332/jsga.v2i01.2379

Nauli, V. A., Karnadi, K., & Meilani, S. M. (2019). Peran Ibu Pedagang Pasar 24 Jam Terhadap Perkembangan Moral Anak (Penelitian Studi Kasus di Kota Bekasi). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.179

Nudin, B. (2020). Konsep Pendidikan Islam Pada Remaja di Era Disrupsi Dalam Mengatasi Krisis Moral. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 63. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).63-74

Nugraha, H. S. (2023). Paradigma Etika Digital Dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 7(2), 2412–2425. https://doi.org/10.31316/jk.v7i2.5775

Nurul Fadhilah, & Mukhlis, A. M. A. (2021). Hubungan Lingkungan Keluarga, Interaksi Teman Sebaya Dan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 22(1), 16–34. https://doi.org/10.33830/jp.v22i1.940.2021

Qadafi, M. (2019). Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Mengembangkan Aspek Moral Agama Anak Usia Dini (Studi Di Ra Tiara Chandra Yogyakarta). Awlady : Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 1. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i1.3725

Rohaeni, A. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Melalui Model Pembelajaran Beyond Center And Circle Time (Bcct) Di Tkit Luqmanul Hakim. Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(1), 1. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i1.63

Rohayani, F. (2020). Menjawab problematika yang dihadapi anak usia dini di masa pandemi covid-19: Problematika dan solusi. Qawwam, 14(1), 29–50. https://doi.org/10.20414/qawwam.v14i1.2310

Rohmah, R. M., & Azizah, R. (2023). Peran Pendidikan Holistik Bagi Pengembangan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 154–165. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.8268

Rusmiati, E. T. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini. Abdi Moestopo: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 248–256. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v6i2.3077

Saputra, A. M. A., Tawil, M. R., Hartutik, H., Nazmi, R., La Abute, E., Husnita, L., Nurbayani, N., Sarbaitinil, S., & Haluti, F. (2023). Pendidikan Karakter Di Era Milenial: Membangun Generasai Unggul Dengan Nilai-Nilai Positif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books/about/PENDIDIKAN_KARAKTER_DI_ERA_MILENIAL_Memb.html?id=3nLSEAAAQBAJ&redir_esc=y

Sari, D. Y. (2021). Pola asuh orang tua dalam membentuk disiplin anak di masa pandemi. PERNIK, 4(2), 78–92. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/pernik/article/download/5424/4801

Sirva, O., Pariu, K. Y., Parangki, N., Patoding, A. J., & Puang, F. T. (2023). Kajian alkitabiah mengenai pengajaran orang tua dalam pembentukan karakter anak. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(4), 613–628. https://jip.joln.org/index.php/pendidikan/article/view/64

Subagia, I. N. (2021). Pola asuh orang tua: Faktor, implikasi terhadap perkembangan karakter anak. Nilacakra. https://books.google.co.id/books/about/Pola_Asuh_Orang_Tua_Faktor_Implikasi_ter.html?id=G0A1EAAAQBAJ&redir_esc=y

Ulfah, M. (2020). Digital Parenting: Bagaimana Orang Tua Melindungi Anak-anak dari Bahaya Digital? Edu Publisher. https://books.google.co.id/books/about/DIGITAL_PARENTING.html?id=wzsBEAAAQBAJ&redir_esc=y

Yapalalin, S., Wondal, R., & Al Hadad, B. (2021). Kajian Tentang Pola Asuh Orangtua Terhadap Perilaku Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v3i1.2111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.