METODE PEMBELAJARAN PROYEK PADA KURIKULUM OPERASIONAL MADRASAH DI RAUDHATUL ATHFAL

Shiva Haura Haura, Dewi Fitriani

Abstract

RA Fathun Qarib merupakan salah satu sekolah di bawah naungan Kementrian Agama di Kota Banda Aceh yang sudah menerapkan Kurikulum Merdeka melalui upaya mandiri belajar. RA Fathun Qarib menjadi salah satu RA yang sudah banyak dikenal oleh kalangan masyarakat dan banyak memperoleh prestasi. RA Fathun Qarib menjadi salah satu RA terfavorit dilihat dari banyaknya masyarakat yang ingin memasukkan anak mereka ke sekolah tersebut. RA Fathun Qarib juga sudah menggunakan metode pembelajaran proyek selama 2 tahun sejak tahun 2021. Penelitian-penelitian sebelumnya terkait dengan metode pembelajaran proyek lebih banyak dilaksanakan pada jenjang TK di bawah Kemendikbud. Sedangkan penelitian terkait metode pembelajaran proyek di RA sangat jarang diteliti. Karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut terkait implementasi metode pembelajaran proyek di RA Fathun Qarib. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi metode pembelajaran proyek dalam kurikulum operasional madrasah yang dilakukan di RA Fathun Qarib. Jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan implementasi pembelajaran proyek di RA Fathun Qarib dilakukan sedikit berbeda, yaitu semua tahapan metode pembelajaran proyek; permulaan, pengembangan dan penyimpulan, dilaksanakan dalam satu hari. RA Fathun Qarib melaksanakan tiga topik dengan menggunakan metode pembelajaran proyek. Kurikulum Operasional Madrasah merupakan satuan pendidikan yang dipakai di sekolah naungan Kementrian Agama.

Keywords

metode pembelejaran; proyek; kurikulum merdeka

Full Text:

PDF

References

Amelia, N., & Aisya, N. (2021). Model pembelajaran berbasis proyek (Project-based Learning) dan penerapannya pada anak usia dini di TKIT al-Farabi. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(2), 181–199. https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i2.3912.

Anak, K. N. P. E. S. K. (2008). Eksploitasi seksual komersial anak di Indonesia. Medan, Restu Printing Indonesia, Hal.57, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Daulay, M. I., & Fauziddin, M. (2023). Implementasi kurikulum merdeka pada jenjang PAUD. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 9(2), 101. https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52460.

Hairiyah, S., & Mukhlis. (2019). Pengembangan kreativitas anak usia dini melalui permainan edukatif. Jurnal Kariman, 7(2), 265–282. https://doi.org/10.52185/kariman.v7i2.118.

Herman, H., & Rusmayadi, R. (2018). Pengaruh metode proyek terhadap kemampuan kognitif anak di kelompok B2 TK Aisyiyah Maccini Tengah. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 2(1), 35. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5430.

Imam, I., Ayyubi, A., Masfuroh, A. S., Muhaemin, A., Noerzanah, F., & Aryani, I. (2024). Penerapan model pembelajaran BCCT pada aspek perkembangan anak usia dini di Kelompok Bermain Assa ’ idiyah Bandung Barat. 8, 1–17.

Kurniawati, R., Kristiana, D., & ‘Azam Muttaqin, M. (2024). Pengaruh penerapan metode project based learning terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun pada kurikulum merdeka di TK Dharma Wanita. Generasi Emas, 7(2), 23–37. https://doi.org/10.25299/ge.2024.vol7(2).18339.

Nur’aini, S. (2023). Implementasi Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P2RA) dalam kurikulum prototife di sekolah/madrasah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 2(1), 84–97.

Nursalam, N., Sulaeman, S., & Latuapo, R. (2023). Implementasi kurikulum merdeka melalui pembelajaran berbasis proyek pada sekolah penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dan Ar-Rasyid Banda. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 17–34. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3769.

Rusandi, & Rusli, M. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18.

Sari, A. M., Suryana, D., Bentri, A., & Ridwan, R. (2023). Efektifitas model Project Based Learning (PjBL) dalam implementasi kurikulum merdeka di taman kanak-kanak. Jurnal Basicedu, 7(1), 432–440. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4390.

Shalehah, N. A. (2023). Implementasi kurikulum merdeka melalui model project based learning di satuan PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(17).

Sundari, R., & Basri, M. (2023). Pengaruh metode proyek terhadap kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 499–507. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.499-507.

Wahyuningsih, S., Rasmani, U. E. E., Winarji, B., Jumiatmoko, J., Zuhro, N. S., Fitrianingtyas, A., & Nurjanah, N. E. (2023). Pembelajaran metode proyek kurikulum merdeka sebagai strategi pembentukan kemandirian anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4731–4740. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4785.

Wanto, A. H. (2018). Strategi pemerintah Kota Malang dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik berbasis konsep Smart City. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 2(1), 39. https://doi.org/10.26740/jpsi.v2n1.p39-43.

Widiastuti, S., Cholimah, N., Tjiptasari, F., & Yogyakarta, U. N. (2024). Implementasi nilai karakter melalui pembelajaran projek untuk anak usia dini pada kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9, 85–109. https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i1.4631.

Winny, N. S., Krobo, A., & Mamma, A. T. (2024). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Sikap Tanggungjawab Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.