METODE PEMBELAJARAN PROYEK PADA KURIKULUM OPERASIONAL MADRASAH DI RAUDHATUL ATHFAL

Shiva Haura, Dewi Fitriani

Abstract

Raudhatul Athfal (RA) FQ merupakan sekolah jenjang Taman Kanak-Kanak (TK) dibawah Kementerian Agama dan juga menggunakan kurikulum merdeka seperti arahan pemerintah pusat. RA FQ telah banyak mengukir prestasi di jenjang provinsi pada kategori guru dan kepala sekolah berprestasi. RA ini juga melaksanakan kurikulum merdeka melalui upaya mandiri belajar serta menerapkan pembelajaran berbasis proyek. Selama ini pembelajaran berbasis proyek lebih banyak dilakukan di jenjang TK di bawah naungan Kemendikbud, sementara pada jenjang RA masih belum teridentifikasi dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran proyek dalam kurikulum operasional madrasah di RA FQ. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, dimana subjek penelitiannya adalah seorang guru kelas sekaligus koordinator proyek P5. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan tiga tahap, yaitu kondensasi data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode pembelajaran proyek khususnya pada proyek P5 di RA FQ dilakukan dengan durasi waktu yang berbeda dibandingkan dengan pelaksanaan proyek P5 pada umumnya. Pelaksanaan proyek P5 tetap dilaksanakan dengan tahapan yang sama, yaitu permulaan, pengembangan dan penyimpulan. Tema yang diangkat dalam proyek P5 tetap menggunakan tema proyek P5 tetapi tidak menggunakan nilai-nilai Profil Pelajar Rahmatan lil’Alamiin.

Keywords

metode pembelejaran; proyek; kurikulum merdeka

Full Text:

PDF

References

Amelia, N., & Aisya, N. (2021). Model pembelajaran berbasis proyek (Project-based Learning) dan penerapannya pada anak usia dini di TKIT al-Farabi. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(2), 181–199. https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i2.3912.

Anak, K. N. P. E. S. K. (2008). Eksploitasi seksual komersial anak di Indonesia. Medan, Restu Printing Indonesia, Hal.57, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Daulay, M. I., & Fauziddin, M. (2023). Implementasi kurikulum merdeka pada jenjang PAUD. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 9(2), 101. https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52460.

Hairiyah, S., & Mukhlis. (2019). Pengembangan kreativitas anak usia dini melalui permainan edukatif. Jurnal Kariman, 7(2), 265–282. https://doi.org/10.52185/kariman.v7i2.118.

Herman, H., & Rusmayadi, R. (2018). Pengaruh metode proyek terhadap kemampuan kognitif anak di kelompok B2 TK Aisyiyah Maccini Tengah. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 2(1), 35. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5430.

Imam, I., Ayyubi, A., Masfuroh, A. S., Muhaemin, A., Noerzanah, F., & Aryani, I. (2024). Penerapan model pembelajaran BCCT pada aspek perkembangan anak usia dini di Kelompok Bermain Assa ’ idiyah Bandung Barat. 8, 1–17.

Kurniawati, R., Kristiana, D., & ‘Azam Muttaqin, M. (2024). Pengaruh penerapan metode project based learning terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun pada kurikulum merdeka di TK Dharma Wanita. Generasi Emas, 7(2), 23–37. https://doi.org/10.25299/ge.2024.vol7(2).18339.

Nur’aini, S. (2023). Implementasi Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P2RA) dalam kurikulum prototife di sekolah/madrasah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 2(1), 84–97.

Nursalam, N., Sulaeman, S., & Latuapo, R. (2023). Implementasi kurikulum merdeka melalui pembelajaran berbasis proyek pada sekolah penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dan Ar-Rasyid Banda. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 17–34. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3769.

Rusandi, & Rusli, M. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18.

Sari, A. M., Suryana, D., Bentri, A., & Ridwan, R. (2023). Efektifitas model Project Based Learning (PjBL) dalam implementasi kurikulum merdeka di taman kanak-kanak. Jurnal Basicedu, 7(1), 432–440. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4390.

Shalehah, N. A. (2023). Implementasi kurikulum merdeka melalui model project based learning di satuan PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(17).

Sundari, R., & Basri, M. (2023). Pengaruh metode proyek terhadap kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 499–507. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.499-507.

Wahyuningsih, S., Rasmani, U. E. E., Winarji, B., Jumiatmoko, J., Zuhro, N. S., Fitrianingtyas, A., & Nurjanah, N. E. (2023). Pembelajaran metode proyek kurikulum merdeka sebagai strategi pembentukan kemandirian anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4731–4740. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4785.

Wanto, A. H. (2018). Strategi pemerintah Kota Malang dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik berbasis konsep Smart City. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 2(1), 39. https://doi.org/10.26740/jpsi.v2n1.p39-43.

Widiastuti, S., Cholimah, N., Tjiptasari, F., & Yogyakarta, U. N. (2024). Implementasi nilai karakter melalui pembelajaran projek untuk anak usia dini pada kurikulum

merdeka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9, 85–109. https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i1.4631.

Winny, N. S., Krobo, A., & Mamma, A. T. (2024). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Sikap Tanggungjawab Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1).

Fitriani, D., Mahmud, S., & Abdul Aziz, U. (2023). Kajian Fase Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 112. https://doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.17473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.