PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM MENGGUNAKAN LOOSE-PARTS TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Dewi Safitri, Nur Ika Sari Rakhmawati

Abstract

Pembelajaran STEAM penting untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21 pada anak usia dini, dan salah satu cara mendukungnya adalah dengan menggunakan media loose-parts yang terbuat dari bahan alami. Media ini mendorong eksplorasi, kreativitas, dan meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui aktivitas yang melibatkan interaksi dan pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah utnuk mengetahui pengaruh dari metode pembelajaran STEAM menggunakan bahan loose-parts terhadap kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan Quasi Experimental Design. Subjek dari penelitian ini merupakan anak usia 5-6 tahun dari kelompok B TK berjumlah 54 anak yang akan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan Uji T berpasangan yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan nilai rata-rata (mean) kedua kelompok apakah terdapat pengaruh atau tidak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig. sebesar 0,000 atau kurang dari 0,005 (<0,005) sehingga data dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran STEAM menggunakan bahan loose-parts terhadap kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun.

Keywords

STEAM; looseparts; languange skills; children

Full Text:

PDF

References

Creswell, J., & Creswell, D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Oakley: SAGE Publications.

Dhieni, N., Fridani, L., Muis, A., & Yarmi, G. (2014). Metode Pengembangan Bahasa. Dalam Hakikat Perkembangan Bahasa Anak (hal. 1–28). Universitas Terbuka

Fitriyah, A. & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh pembelajaran STEAM berbasis PJBL (Project-based Learning) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis. Jurnal Inspiratif Pendidikan (JIP), 10(1), 209-226. https://doi.org/10.24252/ip.v10i1.17642.

Gowinda, D., Safitri, L., & Mahmudah, S. (2015). Persepsi guru taman kanak-kanak terhadap pendidikan seksual anak usia dini. Jurnal PAUD Teratai, 4(2), 1–10.

Hayati, F., Marlini, C., & Getsempena, B. B. U. (2021). Meningkatkan perkembangan kognitif anak melalui pembelajaran steam dengan menggunakan bahan loose part pada anak usia 5-6 tahun di TKIT Syeikh Abdurrauf. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1).

Novitasari, N., & Aini Zaida, N. (2022). Pembelajaran STEAM pada anak usia dini. Jurnal Al-Hikmah Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 6(1), 69–82.

Purnomosari, E., Indrawati, I., & Pirunika, S. (2022). Penerapan literasi pada anak usia 5-6 tahun sebagai upaya persiapan masuk ke jenjang SD/MI. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3381–3390.

Putri, M. A., Wulandari, C., & Febriastuti, A. R. (2021). Implementasi pendekatan pembelajaran STEAM berbahan looseparts dalam mengembangkan keterampilan abad 21 pada anak usia dini. ABNA: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 118–130. https://doi.org/10.22515/abna.v2i2.4484.

Raniah, D. A., & Rakhmawati, N. I. S. (2023). Meningkatkan kemampuan numerasi anak usia 5-6 tahun melalui pembelajaran STEAM dan bahan loose parts. Journal on Education, 6(1), 7030–7040. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3928.

Rianti, R., Nurjanah, I., Latifah, D., Alifah, N., & Asyiah, A. (2022). Freedom learning on early childhood education: Implementation of STEAM method with loose parts media. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 7(2), 99–108. https://doi.org/10.14421/jga.2022.72-05.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Umroh, S., & Mustaji, R. H. (2021). Effectiveness of using steam learning approach to improve language and cognitive development of group b kindergarten children in Waru District Sidoarjo Regency. International Journal of Education and Social Science Research (IJESSR), 4(6), 210–230. https://doi.org/10.37500/IJESSR.2021.4616.

Yahman, E. A., & Rakhmawati, N. I. S. (2019). Pengaruh permainan tradisional gobak sodor modifikasi sebut kata terhadap kemampuan mengenal kata anak usia 5-6 tahun di Surabaya. Jurnal PAUD Teratai, 8(2), 1–9.

Zein, R., & Puspita, V. (2020). Model bercerita untuk peningkatan keterampilan menyimak dan berbicara anak usia 5-6 tahun. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1199–1208. https://doi.org/0.31004/obsesi.v5i2.581.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.