PENGARUH METODE PROYEK SPIN WATER TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK KELOMPOK B DI TK EKA REMAJA SURABAYA

Kurnia Agustina, Sri Setyowati, Mallevi Agustin Ningrum, Melia Dwi Widayanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji adanya pengaruh metode proyek spin water terhadap keterampilan proses sains anak kelompok B di TK Eka Remaja Surabaya, yang dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan jenis one group pre test and post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Eka Remaja Surabaya dengan sampel berjumlah 23 anak dimana sampel ini merupakan sampel jenuh karena kurang dari 30 anak. Instrumen penelitian yang diamati ada empat, yakni kemampuan mengetahui cara mengamati suatu benda, kemampuan mengetahui cara bereksperimen, kemampuan mengetahui cara mengukur suatu benda, dan kemampuan mengetahui cara mengkomunikasikan hasil proyek. Penelitian dilaksanakan sebanyak 6 kali pertemuan dengan pre test 1 kali, treatment 4 kali, dan post test 1 kali. Kegiatan treatment dilakukan melalui kegiatan metode proyek spin water dimana guru mencontohkan langkah- langkah dalam membuat metode proyek spin water secara urut dan perlahan sehingga anak mampu mengikuti. Disamping mencontohkan langkah, guru juga harus menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami oleh anak. Guru juga memastikan bahwa anak mampu mengikuti setiap langkah yang dilakukan guru dengan meminta seluruh anak untuk bersama- sama mengikutinya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Match and Pairs melalui program komputer IBM SPSS 25. Hasil analisis penelitian sangat signifikan yaitu diketahui Asymp. Sig (2- tailed) sebesar 0,001 dimana nilai tersebut lebih kecil dari nilai 0,05, (0,001 <0,05). Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode proyek spin water terhadap keterampilan proses sains anak kelompok B di TK Eka Remaja Surabaya. Saran bagi peneliti selanjutnya ketika menggunakan metode proyek spin water sebaiknya dilakukan dengan membentuk kelompok- kelompok kecil agar lebih mudah mengkondisikan anak.

Keywords

Metode proyek, keterampilan proses sains, anak usia dini

References

Brewer, M. (2007). Public Statements Of Robert M. Gates, Secretary Of Defense. Historical

Office, Office Of The Secretary Of Defense.

Charlesworth, R., & Lind, K. (1998). Math And Science For Young Children. Wadsworth/

Cengage Learning.

Dewey, J. (1992). John Dewey And Our Educational Prospect A Critical Engagement With

Dewey’s Democracy And Education. State University Of New York Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.