PENGARUH METODE PROYEK SPIN WATER TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Keterampilan proses sains merupakan proses sains yang meliputi keterampilan dalam mengamati, membandingkan, mengklasifikasikan, mengukur, dan mengkomunikasikan. keterampilan proses sains penting dilakukan anak agar memiliki kemampuan mengamati berbagai perubahan yang terjadi. Metode proyek spin water memberikan pengetahuan dan keterampilan anak dalam bereksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji adanya pengaruh metode proyek spin water terhadap keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun yang dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan jenis one group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun dengan sampel berjumlah 23 anak. Instrumen penelitian yang diamati ada empat, yakni kemampuan mengetahui cara mengamati suatu benda, kemampuan mengetahui cara bereksperimen, kemampuan mengetahui cara mengukur suatu benda, dan kemampuan mengetahui cara mengkomunikasikan hasil proyek. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Match and Pairs melalui program komputer IBM SPSS 25. Hasil analisis penelitian sangat signifikan yaitu diketahui Asymp. Sig (2- tailed) sebesar 0,001 bahwa nilai tersebut lebih kecil dari nilai 0,05, (0,001 <0,05 maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode proyek spin water terhadap keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Brewer, M. (2007). Public Statements Of Robert M. Gates, Secretary Of Defense. Historical Office, Office of The Secretary of Defense.
Charlesworth, R., & Lind, K. (1998). Math and Science for Young Children. London: Wadsworth/Cengage Learning.
Husna, W., & Yaswinda. (2023). Pengaruh metode proyek pembuatan susu kedelai terhadap keterampilan proses sains anak di TK Kartika 1-63 Padang. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 1–14.
Katz, L. G., & Chard, S. C. (1994). Young Investigators the Project Approach in the Early Years. New York: Teachers College Press.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2022). Penjelasan Lingkup Capaian Pembelajaran Fase Fondasi. Jakarta: Kemendikbudristek.
Lara, P. A., & Zulminiati. (2023). Pengaruh Metode Proyek Membuat Cincau Hijau Terhadap Keterampilan Proses Sains Anak di Taman Kanak-kanak Angkasa Lanud Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26966–26976.
Leeper, E. (1994). Scientific and Technical Aerospace Reports. New York: Office of Scientific and Technical Information.
Afriliani, N. (2023). Peran Lingkungan Keluarga Dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini.
Fatmawati, R. (2022). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini Di Ra Al-Amanah Bandar Lampung.
Permendikbudristek Nomor 7 Tahun 2022. (T.T.). Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah.
Seefeldt, & Barbour. (1994). The Kindergarten Year Findings From The Early Childhood Longitudinal Study, Kindergarten Class. National Center For Education Statistics.
Setyowati, S., Setiyaningrum, E., & Basuki, I. (2022). Development Of Curriculum Management Models In The Addiction Science Study Program. Ijorer : International Journal Of Recent Educational Research, 3(4), 451–463. Https://Doi.Org/10.46245/Ijorer.V3i4.229
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.
Wulandari, N., & Yaswinda. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Proyek Tong Sampah Terhadap Kemampuan Sains Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Negeri 1 Padang. Educaniora: Journal Of Education And Humanities, 1(1), 97–104. Https://Doi.Org/10.59687/Educaniora.V1i2.15
Dina, N. R., & Purnamasari, Y. M. (2023). Pengembangan Game Power Point Untuk Stimulasi Kognitif Anak Usia Dini. Jp2kg Aud (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini) Pg Paud Universitas Negeri Surabaya, 4(1), 30–47. Https://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jt
Aziz, S. A., & Nurachadijat, K. (2023). Project Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa. Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran (Jiepp), 3(2), 67–74. Http://Journal.Ainarapress.Org/Index.Php/Jiepp
Indriyanti, & Wicaksono, D. (2023). Konsep Pengembangan Instrumen Pembelajaran Model Project Based Learning: Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Pembelajaran Di Sd Ar- Rahman Islamic School Cinere, Depok. Jurnal Perspektif, 2(4).
Paradita, A. W., & Nugraha, F. (2023). Abracadabra Games Guna Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 155–168.
Martini, M. S. (2023). Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Al Abyadh, 6(1), 41–50.
Refbacks
- There are currently no refbacks.