HUBUNGAN HELICOPTER PARENTING DENGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Kemandirian ialah sikap yang didapat melalui proses yang harus dibentuk sejak dini, ketika seseorang belajar untuk dapat menuntaskan kegiatan dengan kemampuannya sendiri dan tidak asuh mudah bergantung pada orang lain. Kemandirian juga dipengaruhi oleh faktor pola orang tua diantaranya helicopter parenting. Penelitian bertujuan untuk menguji adanya hubungan helicopter parenting dengan kemandirian anak usia 5-6 tahun. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif korelasional dan melibatkan sampel sejumlah 110 orang tua dan 110 anak dari 5 TK dalam 1 gugus. Pengumpulan data dilakukan dengan penggunaan kuesioner mengenai helicopter parenting dan observasi mengenai kemandirian anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan helicopter parenting terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun yang ditunjukkan dengan hasil perhitungan uji korelasi pearson product moment didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,033. Penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel mempunyai hubungan yang positif dengan kekuatan hubungan yang rendah. Artinya, semakin orang tua menerapkan helicopter parenting maka akan berpengaruh pada meningkatnya kemandirian anak. Penelitian ini menjelaskan orang tua yang menerapkan helicopter parenting sedang memiliki batasan pada menanamkan nilai yang baik untuk anak sehingga anak memiliki tingkat kemandirian yang tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aghniarrahmah, C., Fridani, L., & Supena, A. (2022). Perkembangan kemandirian dan keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun dalam pengasuhan dual career family. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 389–400. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1319
Ayllón, E., Moyano, N., Lozano, A., & Cava, M. J. (2019). Parents’ willingness and perception of children’s autonomy as predictors of greater independent mobility to school. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(5), 1–14. https://doi.org/10.3390/ijerph16050732
Bahri, S. (2021). Komparasi perkembangan potensi anak usia dini menurut islam dengan teori kohlberg. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 185–204. https://doi.org/10.21274/taalum.2021.9.1.185-204
Cline, F., MD, & Fay, J. (1990). Parenting with love and logic: Teaching children responsibility (1st ed.). Bandung: Navpress.
Dewi, S. A. (2022). Pengaruh helicopter parenting terhadap kesehatan mental anak: studi literatur. Jurnal Sudut Pandang (JSP), 2(12), 109–113. https://doi.org/10.55314/jsp.v2i12
Gita, T. N., Dhieni, N., & Wulan, S. (2022). Kemandirian anak usia usia 5-6 tahun dengan ibunya yang bekerja paruh waktu. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2735–2744. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1032
Habsy, B. A., Armania, S. D., Maharani, A. P., & Fatimah, S. (2023). Teori perkembangan sosial emosi erikson dan tahap perkembangan moral kohlberg: penerapan di sekolah. Tsaqofah: Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 4(2), 674–686. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i2.2345
Howard, J. M., Nicholson, B. C., & Chesnut, S. R. (2019). Relationships between positive parenting, overparenting, grit, and academic success. Journal of College Student Development, 60(2), 189–202. https://doi.org/10.1353/csd.2019.0018
Jiao, J., & Segrin, C. (2023). Moderating the association between overparenting and mental health: open family communication and emerging adult children’s trait autonomy. Journal of Child and Family Studies, 32(3), 652–662. https://doi.org/10.1007/s10826-022-02528-2
Lee, J., & Kang, S. (2018). Perceived helicopter parenting and korean emerging adults’ psychological adjustment: the mediational role of parent–child affection and pressure from parental career Expectations. Journal of Child and Family Studies, 27(11), 3672–3686. https://doi.org/10.1007/s10826-018-1193-2
Leung, J. T. Y., & Shek, D. T. L. (2019). Hierarchical factor analysis and factorial invariance of the chinese overparenting scale. Frontiers in Psychology, 10(AUG), 1–17. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01873
MacDonald, B. (2021). Mitigating the effects of helicopter parenting on student mental health. BU Journal of Graduate Studies in Education, 13(3), 2021.
Mufarroha, A., & Hakim, A. (2020). Perkembangan moral kohlberg dan perkembangan moral abdullah nasikh ulwan. IQTISODINA: Jurnal Ekonomi Syariah & Hukum Islam, 2(1), 68–75.
Mutmainah, N., Ahyani, H., & Hapidin, A. (2021). Peran orang tua dalam membentuk sikap mandiri anak usia dini pada masa pandemi covid-19. AULADA: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, III(2), 197–209. https://doi.org/10.31538/aulada.v3i2.1791
Odenweller, K. G., Booth-Butterfield, M., & Weber, K. (2014). Investigating helicopter parenting, family environments, and relational outcomes for millennials. Communication Studies, 65(4), 407–425. https://doi.org/10.1080/10510974.2013.811434
Putri, R. A., & Rahayu, S. P. (2023). Dampak helikopter parenting terhadap kemandirian anak. Regalia: Jurnal Riset Gender Dan Anak, 2(1), 109–119.
Ritonga, S. (2021). Penanaman nilai dan pembentukan sikap pada anak melalui metode keteladanan dan pembiasaan dalam keluarga. Kaisa: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 131–141. http://ejournal.kampusmelayu.ac.id/index.php/kaisa/article/view/290
Sa’adah, N. R. D., & Masykuroh, K. (2021). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di perumahan militer puskesad. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2847–2853. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1010
Satyadi, H., & Dewi, F. I. R. (2022). Pengaruh overparenting terhadap kepribadian. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 6(2), 449–457. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v6i2.19346.2022
Setiawati, E., & Sari, M. (2019). Kemandirian anak usia 5-6 tahun. Jurnal Buah Hati, 6(1), 46–52.
Sudaryono. (2017). Metodologi penelitian (1st ed.). Depok: Rajawali Pers.
Umuri, S. A., Rahmawati, A., & Sholeha, V. (2021). Analisis perkembangan self-help skills anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 137–143. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.44170
Wijayanti, T., Syamsuddin, M. M., & Pudyaningtyas, A. R. (2019). Upaya meningkatkan kemandirian anak melalui practical life activity pada anak usia 5-6 tahun. Kumara Cendekia, 7(4), 440–450.
Wiyatun, S. (2023). Peran guru dalam implementasi program pembiasaan kemandirian di sekolah dasar untuk mendorong pembentukan karakter. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(4), 118–123.
Refbacks
- There are currently no refbacks.