IMPLEMENTASI RAGAM KEGIATAN BERMAIN PERAN DALAM PENGEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI

Jumiatmoko Jumiatmoko, Fina Rohmah, Sarah Sausan Nafiah

Abstract

Aktivitas bermain peran memiliki berbagai dampak positif bagi perkembangan anak usia dini. Namun, belum ada identifikasi secara khusus mengenai ragam implementasi kegiatan bermain peran dalam stimulasi pengembangan moral anak usia dini. Penelitian ini bertujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi ragam implementasi kegiatan bermain peran dalam pengembangan moral anak usia dini di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Literature Review dengan Terdiri dari 6 (enam) tahap, meliputi: scoping, selecting, searching, analyzing, synthesizing and reporting terhadap artikel jurnal yang relevan dengan fokus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bermain peran dimplementasikan dalam berbagai stimulasi pengembanga moral anak usia dini. Dalam komponen perkembangan keterampilan sosial/interpersonal, nilai agama dan moral secara umum, kejujuran, toleransi, sopan santun, tanggung jawab, dan empati. Pembahasan terhadap hasil dilaksanakan dengan berpijak pada Cognitive Theory Vygotsky, Social Learning Theory, dan perspektif filsafat progresivisme.

Keywords

bermain peran, moral, karakter, anak usia dini

Full Text:

PDF

References

Aditya, Farninda, Pipit Widiatmaka, Rahnang Rahnang, and Arief Adi Purwoko. 2022. “Pembentukan Karakter Toleransi Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Yang Bervariatif.” JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal) 5(2):1–14. doi: 10.15575/japra.v5i2.17351. Agusriani, Ade. 2020. “Metode Bermain Berperan Dalam Perkembangan Moral Anak.” NANAEKE Indonesian Journal of Early Childhood 3(2):90–100. doi: https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i2.17096. Aini, Qurrarul. 2019. “Pengembangan Karakter Sopan Santun Melalui Kegiatan Bermain Peran Pada Anak Usia Dini Di Tk Adirasa Jumiang.” Islamic EduKids 1(2):41–48. doi: 10.20414/iek.v1i2.1699. Alpiana, Widy Cahyaningtyas, Edi Kurnanto, and Yusdiana. 2021. “Mengembangkan Karakter Kejujuran Melalui Metode Role Play Pada Anak Usia 5-6 Tahun.” Albanna Volume 1 N:1–10. Andini, Yuli Tri, and Eka Ramiati. 2020. “Penggunaan Metode Bermain Peran Guna Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Anak.” Jurnal Ilmiah Potensia 5(1):8–15. Anggarani, Fadjri Kirana, Rini Setyowati, Pratista Arya Satwika, and Tri Rejeki Andayani. 2022. “Pengaruh Pendidikan Literasi Keuangan Dengan Pendekatan Bermain Peran Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(5):3836–45. doi: 10.31004/obsesi.v6i5.1920. Anggraini, Wardah, and Anggi Darma Putri. 2019. “Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun.” JECED : Journal of Early Childhood Education and Development 1(2):104–14. doi: 10.15642/jeced.v1i2.466. Annisa, Dea, and Nurhayati Djamas. 2021. “Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia 5 – 6 Tahun Melalui Permainan Tradisional Babintingan.” Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI) 3(1):42. doi: 10.36722/jaudhi.v3i1.592. Aresti, Sri, and Delfi Eliza. 2023. “Pengaruh Metode Macro Play Terhadap Pengembangan Karakter Kejujuran Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(3):25503–12. Arini, Putri. 2022. “Role Playing Game; Upaya Dalam Mengatasi Anak Introvert.” EDUCARE: Jurnal Ilmu Pendidikan 01(01):56–68. Aryani, Nini, and Nopa Wilyanita. 2022. “Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Terintegrasi Pembelajaran Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Sejak Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(5):4653–60. doi: 10.31004/obsesi.v6i5.2339. Asiyah, Nur. 2020. “Penerapan Pembelajaran Tematik Dalam Penanaman Moral Anak Usia Dini.” Journal of Basic Education Research 1(2):45–53. doi: 10.37251/jber.v1i2.82. Busch, Julian, Thimo Buchmüller, and Birgit Leyendecker. 2023. “Implementation and Quality of an Early Childhood Education Program for Newly Arrived Refugee Children in Germany: An Observational Study.” International Journal of Child Care and Education Policy 17(1). doi: 10.1186/s40723-023-00105-8. Cendana, Herliana, and Dadan Suryana. 2021. “Pengembangan Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(2):771–78. doi: 10.31004/obsesi.v6i2.1516. Courtney, Jon R., Janelle Taylor Garcia, Jacob Rowberry, Nathan Eckberg, Sarah M. Dinces, Clayton S. Lobaugh, and Ryan T. Tolman. 2023. “Measuring Impact of New Mexico Prekindergarten on Standardized Test Scores and High School Graduation Using Propensity Score Matching.” International Journal of Child Care and Education Policy 17(1). doi: 10.1186/s40723-023-00112-9. Cowan, Philip A., Jonas Longer, Judith Heavenrich, and Marjorie Nathanson. 1969. “Social Learning and Piaget’s Cognitive Theory of Moral Development.” Journal of Personality and Social Psychology 11(3):261–74. doi: 10.1037/h0027000. Damayanti, Rd. Ranie, Myrnawaty C. Handini, and Hapidin Hapidin. 2018. “Pengaruh Bermain Peran Mikro Terhadap Kecerdasan Interpersonal.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2(1):34. doi: 10.31004/obsesi.v2i1.5. Fatmawati, I. Nur, and Ahmad Sholikin. 2019. “Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial.” Madani: Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan 11(2):119–38. Febriani, Shovi Wiranata. 2021. “Penerapan Aliran Filsafat Progresivisme Dalam Pendidikan Karakter.” Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya 27(2):34–40. Fika, Yubariku, Sri Martini Meilanie, and Lara Fridani. 2019. “Peningkatan Kemampuan Bicara Anak Melalui Bermain Peran Berbasis Budaya.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1):50. doi: 10.31004/obsesi.v4i1.229. Fika, Yubariku, Sri Martini Meilanie, and Lara Fridani. 2020. “Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Peningkatan Kemampuan Bicara Anak Melalui Bermain Peran Berbasis Budaya Abstrak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1):50–57. doi: 10.31004/obsesi.v4i1.229. Fitriyanti, Ulfa Hani, and Leny Marlina. 2019. “Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kreativitas Anak Di PAUD Kelompok Bermain Kartini Kabupaten Ogan Komering Ilir.” Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 3(2):158–75. doi: 10.19109/ra.v3i2.4796. Hartinah, Nurhayati, and Nurkamelia Mukhtar AH. 2020. “Optimalisasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Metode Bermain Peran.” Journal of Islamic Early Childhood Education 3(2):115–27. Hasanah, Uswatun. 2018. “Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini.” Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2(1):35–53. doi: 10.29313/ga.v2i1.3990. Heldisari, Hana Permata. 2020. “Building Characters of Primary School Students Through Lagu Dolanan Anak (Kid’s Playing Songs) by Using The Role-Playing Method.” Journal of Education Research and Evaluation 4(1):1. doi: 10.23887/jere.v4i1.23324. Holzman, Lois. 2009. Vygotsky at Work and Play. New York: Routledge. Huda, Lailatul, Rina Syafrida, and Ine Nirmala. 2020. “Menanamkan Nilai-Nilai Islami Pada Anak Usia Dini 3-6 Tahun Melalui Metode Bermain Peran.” Http;//Jurnal.Radenfatah.Ac.Id/Index.Php/Raudhatulathfal/ 4(2):181–91. Jaberia, Fadhilla Dwi Yanti Mulyono, Eka Damayanti, Aeni Tasnim, and Erwin Syarif. 2022. “Pengembangan Nilai Agama Melalui Metode Bermain Peran Anak Usia Dini.” NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education 5(1):15–27. doi: 10.24252/nananeke.v5i1.29110. Jamiatul, Jamiatul, Muliatul Maghfiroh, and Ria Astuti. 2020. “Pola Asuh Orang Tua DanPerkembangan Moral Anak Usia Dini (Studi Kasus Di TK Al-Ghazali Jl. Raya Nyalaran Kelurahan Kolpajung Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan).” Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1(1):1–9. doi: 10.19105/kiddo.v1i1.2973. Jumiatmoko. 2018. “Peran Guru Dalam Pengembangan Sikap Toleransi Beragama Pada Anak Usia Dini.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 6(2):199. doi: 10.21043/thufula.v6i2.4033. Kusumawati, Sri Arum Reny. 2022. “Metode Bermain Peran Sebagai Upaya Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini.” Al Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 3(1):13–19. Kusumawati, Sri Arum Reny, Nenden Sundari, and Esya Anesty Mashudi. 2021. “Metode Bermain Peran Sebagai Upaya Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini.” Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen PAUD 4(2):46–54. Manila, Pistos. 2022. “Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 8(14):528–34. doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.7210309. Maryatun, Ika Budi. 2016. “Peran Pendidik Paud Dalam Membangun Karakter Anak.” Jurnal Pendidikan Anak 5(1):747–52. doi: 10.21831/jpa.v5i1.12370. McCoy, Dana Charles, Hirokazu Yoshikawa, Kathleen M. Ziol-Guest, Greg J. Duncan, Holly S. Schindler, Katherine Magnuson, Rui Yang, Andrew Koepp, and Jack P. Shonkoff. 2017. “Impacts of Early Childhood Education on Medium- and Long-Term Educational Outcomes.” Educational Researcher 46(8):474–87. doi: 10.3102/0013189X17737739. Meilina, Henny, Sugiyo Sugiyo, and Budi Astuti. 2021. “The Effectiveness of Role-Playing Methods for Early Childhood Emotional Social Development and Independence.” Journal of Primary Education 10(3):336–47. Moreno-Guerrero, Antonio José, Carmen Rodríguez-Jiménez, Gerardo Gómez-García, and Magdalena Ramos Navas-Parejo. 2020. “Educational Innovation in Higher Education: Use of Role Playing and Educational Video in Future Teachers’ Training.” Sustainability (Switzerland) 12(6). doi: 10.3390/su12062558. Naiborhu, Romasta. 2019. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Metode Bermain Peran.” Jurnal Global Edukasi 3(1):7–12. Nurhayati, Awalunisah Sita, and Amrullah. 2019. “Keefektifan Metode Role Play Terhadap Nilai Moral Anak Usia 5-6 Tahun.” Akrab Juara 4(2):181–95. Nurhayati, Fitriana, Patipurnama, and Durrotunnisa Durrotunnisa. 2022. “The Role of Role Playing Methods on the Implementation of Religious and Moral Values Based on Cartoon/Animation Film Based on Karun/Animation Film Ages 5-6 Years Old.” International Journal of Social Science 2(3):1627–40. doi: 10.53625/ijss.v2i3.3105. Nurussofiah, Febi Fatlika, Avita Khoirun Nisa’, and Pratiwi Dwi Warih Sitaresmi. 2022. “Upaya Meningkatkan Kecerdasan Moral Dengan Metode Sosiodrama Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist.” Al-Afkar, Journal For Islamic Studies 5(4):159–75. doi: 10.31943/afkarjournal.v5i4.360. Nurwati, Nurwati. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Sentra Dalam Mengembangkan Kecerdasan Jamak Di Taman Kanak-Kanak Kota Samarinda.” Southeast Asian Journal of Islamic Education 2(1):15–31. doi: 10.21093/sajie.v2i1.1860. Nusaibah, Afaf Wafiqoh, Wahyu Ramadan, Yazida Ichsan, M. Sahru. Qhodi Alam, and Imam Safi’i. 2021. “Implementasi Metode Pembelajaran Role Playing Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Untuk Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik Era Milenial.” Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam 4(2):107–22. doi: 10.32528/tarlim.v4i2.5146. Puspitasari, Tuti, Ajeng Winda Uminar, and Wardah Anggraeni. 2021. “Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun Pada TK Al Munawaroh II Natar Kabupaten Lampung Selatan.” JPGMI 7(2):83–93. Rahiem, M. 2023. “Persepsi Orang Tua Tentang Konsep Dan Capaian Perkembangan Moral Dan Agama Anak Usia Dini.” Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1):57–73. doi: 10.37985/murhum.v4i1.160. Rutland, Adam, and Melanie Killen. 2015. “A Developmental Science Approach to Reducing Prejudice and Social Exclusion: Intergroup Processes, Social-Cognitive Development, and Moral Reasoning.” Social Issues and Policy Review 9(1):121–54. doi: 10.1111/sipr.12012. Safitri, Latifah Nurul, and Hafidh ‘Aziz. 2019. “Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Bercerita Pada Anak.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 4(1):85–96. doi: 10.14421/jga.2019.41-08. Sari, Mela Permata, and Nurul Khotimah. 2021. “Hubungan Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Belajar Dengan Perkembangan Moral Anak.” Kumara Cendekia 9(3):193. doi: 10.20961/kc.v9i3.53912. Saxena, Manisha, and Dharmesh K. Mishra. 2021. “Gamification and Gen Z in Higher Education: A Systematic Review of Literature.” International Journal of Information and Communication Technology Education 17(4):1–22. doi: 10.4018/IJICTE.20211001.oa10. Segoni, Samuele, Diego Sabka, Paulo Lima Junior, Jared Carpendale, and Rebecca Cooper. 2018. “The Implementation of Role Play in Education of Pre-Service Vocational Teacher The Implementation of Role Play in Education of Pre-Service Vocational Teacher.” doi: 10.1088/1757-899X/296/1/012016. Sinurat, James, Musnar Indra, Anggi Khairina, Eka Setiawati, Dewi Rahmawati, and Fitri Melianai. 2022. Pegembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. edited by A. Masruroh. Bandung: Penerbit Widina Bhakti Persada. Sulastri, Sulastri, and Fahmi. 2019. “Peningkatan Karakter Jujur Melalui Kegiatan Role Play Pada Anak Di TK Aisyiah 4 Beringin Sakti Pagar Alam Selatan.” Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak 5(1):69–82. doi: 10.14421/al-athfal.2019.51-05. Sunarti, Sri. 2021. “Metode Mengajar Kreatif Dalam Menciptakan Pembelajaran Yang Menyenangkan.” Jurnal Perspektif 13(2):129–37. doi: 10.53746/perspektif.v13i2.16. Susila, Rita, Millata Zamana, and Teiri Ayi Nurtiani. 2021. “Analisis Metode Bermain Peran Dalam Menstimulasi Kecerdasan Spiritual Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Ibnu Sina Aceh Besar.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa 2(2):1–15. Umar, Muh. Fitrah Ramadhan, Nur Aulia Saudi, and Sitti Syawaliah Gismin. 2022. “Penanaman Perilaku Empati Melalui Role Playing Pada Anak.” Nusantara Hasana Journal 2(7):276–82. Wahidah, Afifah Fatihakun Ni’mah, and Maemonah Maemonah. 2020. “Moral Thought of Early Childhood in Perspective Lawrence Kohlberg.” Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1). doi: 10.29313/ga:jpaud.v4i1.5991. Wilyanita, Nopa, Nini Aryani, and Nisa Rosati Jannah. 2023. “Efektivitas Penanaman Sikap Toleransi Pada Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Model Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Terintegrasi Pembelajaran PAUD Di TK Bustanul Atfal II.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 5(1):3613–16. doi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11588. Yuniati, Sri, and Prima Suci Rohmadheny. 2020. “Bermain Peran: Sebuah Metode Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1):60. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.509.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.