KEEFEKTIFAN PERMAINAN BONEKA JARI UNTUK CETAK TEBAL MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Ngatinah Ngatinah, Swantyka Ilham Prahesti

Abstract

Bahasa merupakan alat yang sangat penting ,karena dengan bahasa anak dapat menyampaikan pemikirannya kepada orang lain. Berbahasa yang baik perlu diajarkan sejak dini, karena pada usia dini adalah masa di mana informasi mudah ditangkap dan disimpan dalam memori.  Tujuan peneliti ini untuk menganalisis keefetifan permainan boneka jari untuk meningkatkan keterampilan bahasa anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimental metode dalam penelitian ini  Pre Experimental Design yaitu One Group pretest-Posttest Design. Sampel penelitian terdiri dari 60 anak di Paud IT Imam Asy Syafi’i. Teknik penggalian data dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas, uji Independent Sample T-Test, Uji Mann-Whitney U Test. Hasil penelitian bahwa: uji t post-test diketahui rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 21,766 dan dan kelas kontrol sebesar 19,466, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata keterampilan bahasa kelas eksperimen lebih lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol.  Nilai t hitung > t tabel (5,452 > 1,652) dan nilai signifikansinya kurang dari 0,05 (p = 0,000 < 0,05). sehingga diambi kesimpulan terdapat perbedaan skor keterampilan bahasa anak secara signifikan pada kelas eksperimen yang menggunakan media boneka jari dan kontrol yang menggunakan metode konvensional dalam upaya meningkatkan keterampilan bahasa anak.Keefektifan permainan boneka jari untuk meningkatkan keterampilan bahasa anak 4-5 dapat digunakan di Paud Islam Terpadu Imam Syafi’i Kebondalem Kec Jambu Semarang.

Keywords

permainan boneka jari; keterampilan bahasa

Full Text:

PDF

References

Aisah, D., Ulfah, U., Damayanti, W., & Barlian, U. (2021). Manajemen PAUD berdaya saing untuk meningkatkan mutu pendidikan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 385–397. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.927.

Chrestiany, S., & Hasibun, R. (2018). Implementasi media boneka jari dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia dini kelompok B di TK Kosgoro Surabaya. Jurnal PAUD Teratai, 7(1), 1–5

Falentina Yaung, H. (2021). Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Media Boneka Jari Di Tk Pelangi Genyem Kabupaten Jayapura. 7(2), 62–73.

Febrianti Ramli, A. (2021). Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Jari Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak TK Idhata Cambayya. In Anak Usia Raudhatul Atfhal) (Vol. 2, Issue 2).

Juliana, T., & Irine, S. (2022). Pengembangan Media Busy Book Untuk Mengembangkan Kecerdasan Pada Anak Usia Dini berbeda dalam profil yang akhirnya orang lain miliki ( Gardner , 2003 : 25 ). Terkhusus dalam penelitian ini akan mengembangkan media untuk mengembangkan kecerdasan naturalis . 11(2), 501–509.

Karuniawati, N. A. (2018). Penggunaan metode bercerita dengan boneka jari untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun. SENDIKA: Seminar Nasional Pendidikan FKIP UAD II, 109–112.

Noor Aini Karuniawati Universitas Ahmad Dahlan, N. (2018). SENDIKA: Seminar Nasional Pendidikan FKIP UAD Penggunaan Metode Bercerita dengan Boneka Jari Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun. II, 109–112.

Prahesti, S. I., Taulany, H., & Fauziah, S. (2019). Media compact disk interaktif berbudaya sehat untuk meningkatkan kosa kata anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 377. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.149

Rahayu, S. (2017). Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kalimedia.

Safitri, A., Kabiba, K., Nasir, N., & Nurlina, N. (2020). Manajemen Pembelajaran bagi Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1209–1220. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.811

Siti Aisah, D., Ulfah, U., Karina Damayanti, W., & Cepi Barlian, U. (2021). Manajemen PAUD Berdaya Saing Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 385–397. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.927

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. 2018: ALlfabeta.

Sumitra, A., Windarsih, C. A., Elshap, D. S., & Jumiatin, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Boneka Jari. Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(1), 1–5.

Ullya, R., Ahmad, A., & Pendidikan Anak Usia Dini, J. (2019). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA JARI DI PAUD AL KAMAL KABUPATEN ACEH BESAR. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini (Vol. 4, Issue 4).

Zahro, M., Fiorentisa, I. F., & Fatini, A. (2020). Pengembangan bahasa anak usia dini melaui metode bercerita dengan boneka tangan. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 12-21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.