IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI PAUD MEKARSARI GONDORIYO
Abstract
Manajemen memegang peranan sentral dalam mengelola pendidikan. Bagi pendidikan, manajemen bukanlah hal opsional, melainkan fondasi yang vital dalam upaya mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas. Mutu pendidikan yang dihasilkan sangat bergantung pada seberapa baik manajemen pendidikan diterapkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengevaluasi implementasi manajemen pendidikan di PAUD Mekarsari Gondoriyo. Penelitian ini dilakukan oleh sekelompok peneliti terdiri dari tiga guru dan seorang kepala sekolah yang juga menjabat sebagai kepala PAUD. Dalam penelitian ini digunakan deskripsi kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan mencakup wawancara mendalam, observasi langsung, serta analisis dokumen terkait. Pendekatan yang cermat dan teliti digunakan untuk menggali gambaran yang lebih mendalam tentang bagaimana manajemen pendidikan diterapkan di lembaga ini. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman, beberapa langkah yang dilakukan untuk menganalisis informasi, seperti: menyimpulkan informasi, menampilkan informasi dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa manajemen pendidikan di PAUD Mekarsari Gondoriyo memiliki cakupan yang luas. Hal ini mencakup perencanaan pembelajaran yang cermat, pelaksanaan pendidikan yang berfokus pada interaksi positif antara guru dan anak-anak, evaluasi pendidikan yang sistematis, serta pemantauan yang berkelanjutan terhadap proses Pendidikan. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan gambaran yang komprehensif tentang manajemen pendidikan di PAUD Mekarsari Gondoriyo, dengan mengidentifikasi aspek-aspek positif yang perlu dipertahankan dan hambatan yang perlu diatasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di lembaga ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Muqit, A., & Maskur, A. (2021). Manajemen Pembelajaran Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Di PAUD Ad-Din Cirebon). El-Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 1(02), 95–108. https://doi.org/10.56872/elathfal.v1i02.277 Ardy Wiyani, N., & Saifuddin Zuhri Purwokerto, U. K. (2022). MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAUD BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PERSPEKTIF FILOSOFI MERDEKA BELAJAR. https://doi.org/10.18592/jea.v8i2.7171 Fauziah, S. (2019). Optimalisasi Manajemen Pembelajaran di PAUD Semai Benih Bangsa Pelangi Nusantara 05 Kabupaten Semarang. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.35473/ijec.v1i2.353 Hamdani, M. D. A. L. (2017). Manajemen Pembelajaran Modern. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia, 11(1), 99–132. Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Medan : Wal Ashri Publishing. Harefa, I. D., & Suprihatin, E. (2023). Strategi Mengatasi Problematika Mutu Pembelajaran Melalui Merdeka Belajar di Lembaga PAUD. 12(1), 70–77. https://doi.org/10.26877/paudia.v12i1.14617 Idhayani, N., Nasir, N., & Jaya, H. N. (2020). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1566. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911 Jf, N. Z., & Latif, M. A. (2020). Peningkatan Kualitas Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan di PAUD. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(1), 1. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i1.415 Nursalim. (2018). Manajemen Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Hikam Media Utama. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 57 tahun 2021 Tentang Satndar Nasional Pendidikan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 4 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Permendikbudristek No 16 Tahun 2022 Tentang Standar Proses Safitri, A., Kabiba, K., Nasir, N., & Nurlina, N. (2020). Manajemen Pembelajaran bagi Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1209–1220. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.811 Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638 Sari, Y. M., & Huzairin, A. (2021). Manajemen Supervisi Dalam Lembaga PAUD Di TK Negeri Pembina Nasal. 10(2), 187–196. Siti Aisah, D., Ulfah, U., Karina Damayanti, W., & Cepi Barlian, U. (2021). Manajemen PAUD Berdaya Saing Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 385–397. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.927 Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sulistyana. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Level Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 40–41. Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Wibowo, D. V. (2020). Implementasi Pembelajaran Quantum Learning Melalui Buku Aktivitas Covid 19 Terhadap Literasi Anak Usia Dini. 09(2), 11–24. Wiyani, N. a. (2020). Dasar-Dasar Manajemen PAUD. Yogyakarta: Arruzz Media.
Refbacks
- There are currently no refbacks.