ANALISIS KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF BUFF (BUILD UP FAMILY) PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Aisyah Azzahro

Abstract

Kemampuan problem solving pada anak belum mampu mengerjakan tugas secara mandiri dan terbatasnya media yang dimiliki oleh pihak sekolah. Media pembelajaran masih klasikal atau mendominasikan dengan media buku tulis, majalah dan papan tulis. Tujuan penelitian yaitu menganalisis kemampuan problem solving melalui permainan konstruktif BUFF pada anak usia 5-6 tahun di TK PGRI 63 Semarang. Metode penelitian yaitu kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah siswa kelompok b di tk pgri 63 Semarang dengan jumlah 6 anak yaitu 3 laki-laki dan 3 perempuan. data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah permainan konstruktif BUFF dengan pendekatan steam dapat menjadi cara yang efektif untuk mengoptimalkan kemampuan problem solving anak usia 5-6 tahun di TK PGRI 63 Semarang. Terdapat beberapa karakteristik problem solving yaitu mengamati masalah, mengajukan pertanyaan, mengumpulkan informasi dan mengolah informasi, memahami dan menganalisis masalah, perencanaan dan solusi masalah sesuai rencana, mengevaluasi serta mengkomunikasikan serta melakukan tinjauan kembali. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan konstruktif BUFF dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam kegiatan pembelajaran untuk mengetahui kemampuan problem solving pada anak usia 5-6 tahun.

Keywords

kemampuan problem solving, permainan konstruktif BUFF, anak usia 5-6 tahun

Full Text:

PDF

References

Astriya, B R. I., & Kuntoro, S.A. (2015). Pengembangan kreativitas dan minat belajar anak usia 3-4 tahun melalui permainan konstruktif. JPPM: Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 131-144. Doi:10.21831/jppm.v2i2.6329.

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. S. (2017). Teori-teori psikologi. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Gultom, E. L. (2017). Penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran untuk penanaman kompetensi inti. Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27548.

Habe, H., & Ahiruddin, A. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Ekombis Sain: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis, 2(1), 39-45. Doi:10.24967/ekombis.v2i1.48

Pusat Standard an Kebijakan Pendidikan (2021). Standar Nasional Pendidikan. Dikutip dari https://pskp.kemdikbud.go.id/standar_pendidikan/pdf_snp.

Khaironi, M. (2017). Pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Golden Age, 1(2), 82-89. Doi:10.29408/goldenage.v1i02.546.

Lase, M. B., Siantajani, Y., & Harefa, D. (2020). Pembelajaran problem solving dalam mengembangkan psikomotorik anak usia dini di era revolusi 4.0. Real Didache: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 5(1), 98-105.

Mujib, M., & Mardiyah, M. (2017). Kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan kecerdasan multiple intelligences. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 187-196. Doi:10.24042/ajpm.v8i2.2024

Munawar, M., Roshayanti, F., & Sugiyanti, S. (2019). Implementation of STEAM (science technology engineering art mathematics)-based early childhood education learning in Semarang City. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 276-285. Doi:10.22460/ceria.v2i5.p276-285

Musriandi, R. (2017). Hubungan antara self-concept dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 1(2), 150-160. Doi:10.30601/dedikasi.v1i2.78.

Rahmadani, A., Yuhasrianti, & Rizka, S. M. (2021). Pengembangan media busy book untuk meningkatkakn kemampuan pemecahan masalah anak usia dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2).

Sari, S. A., & Fauziyah, P. Y. (2022). Pengaruh permainan konstruktif dan percobaan sains terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2453-2461. Doi:10.31004/obsesi.v6i4.1977

Sari, Y. R., Jaya, M. T., & Anggraini, F. (2018). Penggunaan media puzzle terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1).

Sudarna. (2014). PAUD Pendidikan Anak Usia Dini Berkarakter: Melejitkan Kepribadian Anak Secara Utuh. Yogyakarta: Genius Publisher.

Sugiyono, P. (2019). Metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, r&d, dan penelitian pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Umayah, S. (2019). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam mengembangkan karakter anak usia dini di TK Al-Islam Sleman Yogyakarta. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE), 4, 493-502.

Vebianti, I. N. (2015). Meningkatkan kreativitas anak melalui permainan konstruktif pada siswa kelompok B2 di RA Sunan Pandanaran tahun ajaran 2012/2013. Dikutip dari Lumbung Pustaka UNY.

Yuriansa, A. (2022). Kemampuan problem solving pada anak usia dini melalui bermain pola (pattern) di PAUD Ar-rasyid Kajhu Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar. Teungku: Jurnal Islam Pesantren, Pendidikan, dan Sosial, 1(1).

Yuriev, E., Naidu, S., Schembri, L. S., & Short, J. L. (2017). Scaffolding the development of problem-solving skills in chemistry: guiding novice students out of dead ends and false starts. Chemistry Education Research and Practice, 18(3), 486-504. Doi:10.1039/C7RP00009J.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.