UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KLASIFIKASI MELALUI MEDIA KOTAK SORTASI PADA ANAK KELOMPOK B TK KARANG INDRIYA LAWEYAN

Milla Diah Putri, Ruli Hafidah, Jumiatmoko Jumiatmoko

Abstract

Kemampuan klasifikasi diperlukan untuk anak dapat memahami objek yang ditemui di kehidupan, namun faktanya tidak semua anak memiliki kemampuan ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melalui penggunaan media kotak sortasi pada anak usia 5-6 tahun. Prosedur penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang mencakup 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi; berlangsung selama 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, unjuk kerja, dan dokumentasi. Hasil penelitian berupa data kuantitatif dianalisis menggunakan deskriptif komparatif dan analisis interaktif model Miles dan Huberman untuk data kualitatif; menunjukkan adanya peningkatan dalam kemampuan klasifikasi sesuai dengan indikator yang ditetapkan, yaitu mengklasifikasi warna, bentuk, ukuran, dan dua variasi. Peningkatan diketahui dari hasil sebelum tindakan ketuntasan diperoleh 12,5% dan setelah tindakan menjadi 62,5% di siklus I, dan 87,5% di siklus II. Anak-anak juga menunjukkan minat yang tinggi dalam belajar, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam bidang pendidikan anak usia dini, khususnya dalam meningkatkan kemampuan klasifikasi.

Keywords

Kemampuan klasifikasi, media kotak sortasi, kelompok B

Full Text:

PDF

References

Arief, M. M., Hermina, D., & Huda, N. (2022). Teori Habit Perspektif Psikologi dan Pendidikan Islam. RiIAYAH, 7. Doi: 10.32332/riayah.v7i1.4849.

Astari, T., & Chozin, N. (2019). Meningkatkan kemampuan klasifikasi matematika melalui media saku pintar anak usia 4-5 tahun. 1–14.

Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2021). Penggunaan media audio visual berbasis kearifan budaya lokal pada anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602. Doi: 10.31004/obsesi.v5i2.923.

Daud, M., Irwansyah, R., Ferawati, Sari, D. R., Yuniar, N., Pruwaningrum, J. P., Purbasari, I., Lestiawati, I. M., Bawono, Y., Rozie, F., Hasibuan, A. K. H., Angkur, M. F. M., Hidayati, N., & Ndeot, F. (2021). Media Pembelajaran PAUD Tinjauan Teori dan Praktis. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Ernitasari, E. P., & Suryana, D. (2021). Stimulasi Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri melalui Kotak Sortasi pada Anak Usia Dini.

Fauziddin, M. (2015). Peningkatan kemampuan klasifikasi melalui media benda konkret pada anak kelompok A1 di TK Cahaya Kembar Bangkinang Kampar. Jurnal PG-PAUD STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai, 2(1), 94–107. Doi:10.31004/obsesi.v1i2.65

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. INTELEKTUALITA, 3, 27–38.

Istiqomah, N., & Memonah. (2021). Konsep dasar teori perkembangan kognitif pada anak usia dini menurut Jean Piaget. Khazanah Pendidikan : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 15(2), 151–158. Doi:10.30595/jkp.v15i2.10974

Jenia, L., Ngura, E. T., & Meka, M. (2022). Pengembangan media kotak sortasi untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TKK St Theresia Mangulewa Kecamatan Golewa Barat Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 1, 87–95. Doi:10.38048/jcpa.v1i1.728

Kusbiantari, D., Wahyuni, W., & Nuryanti, N. (2022). Peningkatan kemampuan kognitif mengklasifikasi benda melalui aktivitas bermain dengan media alam di rumah pada masa pandemi covid 19 pada peserta didik kelompok A TK Marsudi Ilmi Cabak Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati. Sentra Cendekia, 3(1), 20. Doi:10.31331/sencenivet.v3i1.2004

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. SAGE Publication.

Mulyasa, H. E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Nomor 137 Tahun 2014.

Qisthiyah, A., Malika, S. A., Maharani, Z., & Hasanah, L. (2022). Pengenalan klasifikasi menggunakan media bahan alam pada anak usia 5-6 tahun di RA Ar-Rahmah. Jurnal Raudhah, 10(2), 23–32. Doi:10.30829/raudhah.v10i2.1999.

Rani, A., Nasirun, M., & Indrawati. (2020). Kemampuan klasifikasi anak usia 5-6 tahun. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 54–62.

Safitri, M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengklasifikasi Benda melalui Aktivitas Bermain Eksplorasi Alam pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Hidayah IX Karonsih Kec Ngaliyan Kota Semarang Tahun 2021. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Suniarsih, D., & Zahro, I. F. (2020). Meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui permainan kotak sortasi pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(5), 2714–4107. Doi:doi.org/10.22460/ceria.v3i5.p%25p.

Ulandari, V., Saparahayuningsih, S., & Yulidesni. (2018). Meningkatkan kemampuan mengklasifikasi melalui bermain konstruktif sifat padat. 3(2), 72–77. Doi:10.33369/jip.3.2.127-132.

Usman, J., Mawardi, Zein, H. M., & Rasyidah. (2019). Pengantar Praktis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Aceh: Po Publishing.

Verdine, B. N., Michnick, R., Hirsh-pasek, K., & Newcombe, N. S. (2014). Trends in Neuroscience and Education Finding the missing piece: Blocks, puzzles, and shapes fuel school readiness. Trends in Neuroscience and Education, 1–7. https://doi.org/10.1016/j.tine.2014.02.005.

Wang, X., Zhang, Z., & Hu, N. (2021). Development of categorizing ability in preschoolers. 615, 2504–2507. Doi:10.2991/assehr.k.211220.434.

Wulandari, H., Komariah, K., & Nabilla, W. (2022). Pengembangan media kartu domino untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. MURHUM : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 78–89. Doi:10.37985/murhum.v3i1.91.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.