PENERAPAN TEPUNG BERWARNA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN

I Putu Adi Suryandana Putra

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan dalam penerapan dengan media tepung berwarna dalam mengembangkan kemampuan kerjasama pada anak usia 5-6 Tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses dan hasil belajar melalui kegiatan pembelajaran kelompok pada kelompok B TK Loka Nanda Tahun Ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini yaitu dua puluh lima orang anak. Metode penelitian ini adalah penelitian mengacu pada model Penelitian Tindakan Kelas Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Pemerolehan data kualitatif dengan cara menganalisis data dari wawancara selama penelitian. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini membuktikan bahwa media pembelajaran tepung berwarana dalam mengembangkan kemampuan kerjasama anak hanya pada nilai rata-rata 16% pada pra tindakan pada penelitian ini. Nilai rata-rata anak meningkat menjadi 84% berdasarkan hasil siklus II. Penelitian dianggap berhasil jika mencapai nilai 80%, dari hasil siklus II itu sudah melampaui capaian penilaian. Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa media tepung berwarna dapt mengembangkan kemampuan kerjasama pada anak usia 5-6 Tahun.

Keywords

Collaboration Ability, group learning, group B children at Loka Nanda Kindergarten

Full Text:

PDF

References

Abu, A., & Supriyono, W. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Adistyasari, R. (2013). Meningkatkan keterampilan sosial dan kerjasama anak dalam bermain angin puyuh. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 87(1).

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadlillah, M. (2016). Desain Pembelajaran PAUD: Tinjauan Teoritik & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Faridah, D. S., Aziz, A., & Kamila, I. N. (2019). Pengaruh permainan menyusun puzzle berkelompok terhadap perkembangan kerjasama anak usia dini. Tarbiyah Al-Aulad, 4(2).

Hamid. (2011). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Gaya Bernuasa Nilai. UIN Syarif Hidayatullah.

Harsanto, R. (2007). Pengelolaan Kelas Yang Dinamis. Yogyakarta: Kanisius.

Hurlock, E. . (1999). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Indonesia, D. P. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Holubec, E. J. (2010). Colaborative Learning: Strategi Pembelajaran untuk Sukses Bersama. Bandung: Nusa Media.

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01). https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

Kusumastuti, A. (2017). Peningkatan kemampuan kerjasama melalui permainan konstruktif pada anak kelompok B di TK Aba Plosokerep Bunder Patuk Gunungkidul. Pendidikan Anak Usia Dini, VI.

Marzuki. (2002). Metodologi Riset. Yogyakarta : Prasetya Widi Pratama.

Masitoh. (2007). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Mendikbud.

Mudyahardjo. (1998). Peranan SKB di dunia Pendidikan. Jakarta: Media Karya.

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Musthafa, B. (2008). Dari literasi ke literasi tehnologi. Bandung: Yayasam CREST.

Nurhalimah, V. (2012). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama naak Usia Dini Kelompok B di RA Perwanida 03 Mojo Andong Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Rosyadi, R. (2013). Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Safitri, H. W. (2019). Kualitas Kerjasama Siswa Dalam Mata Pelajaran Praktik Furniture Smk Pangudi Luhur Muntilan.

Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sari, T. Y. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Plastisin Tepung Warna Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Seruni Bengkulu Selatan. UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Sharan, Y., & Sharan, H. (1989). Group investigation expands cooperative learning. Educational Leadership, 47(4), 17–21.

Sugiarto. (2021). Membentuk karakter anak sebagai generasi penerus bangsa melalui pendidikan anak usia dini. Jurnal Mubtadiin, 7, 188.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Kencana.

Thomas, L., & Johnson, E. B. (2014). Contextual Teaching Learning. Jakarta: Kaifa.

Yudha, M. S., & Rudyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: DepDiknas, Dikti, Direktorat P2TK2PT.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.