HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN, PENGALAMAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PENDIDIK PAUD DI KOTA KUPANG

Lidia Natalia Sitompul, Watu Yohanes Vianey, Kletus Erom, Ruminah Ruminah, Anggraeny S Paridy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ; 1) hubungan kinerja pendidik, tingkat pendidikan, pengalaman kerja maupun motivasi kerja pendidik PAUD di Kota Kupang, 2) signifikansi tingkat pendidikan, pengalaman kerja maupun motivasi kerja dalam memengaruhi secara parsial bagi kinerja pendidik PAUD di Kota Kupang, 3) signifikansi tingkat pendidikan, pengalaman kerja dan motivasi kerja dalam hubungan secara simultan bagi kinerja pendidik PAUD di Kota Kupang. Prosedur yang peneliti gunakan pada kajian ini ialah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PAUD Kota Kupang. Namun smpel  dalam penelitian ini berjumlah 91 Pendidik PAUD di Kota Kupang yang masih aktif melaksanakan kegiatan belajar mengajar Tahun Ajaran 2021/2022. Analisis data pada kajian ini mempergunakan regresi linear berganda dengan uji hipotesis berupa uji t. Hasil uji yang didapat memperlihatkan jika tingkat pendidikan maupun motivasi kerja memiliki hubungan yang signifikan bagi kinerja pendidik. Hasil tersebut diperlihatkan oleh nilai regresi koefisien regresi positif sejumlah 5.142 dan 2.661, dan nilai signifikansi uji t di bawah tingkat alfa yang digunakan 0,05 (5%) sejumlah 0,000 dan 0,009. Pengalaman kerja berpengaruh positif tetapi tidak cukup penting. Hasil tersebut diperlihatkan oleh koefisien regresi sejumlah 0,646 dan nilai signifikannya sejumlah 0,520 di atas tingkat alfa yang dipergunakan 0,05. Hasil koefisien determinasi mengungkapkan adanya sumbangan positif tingkat pendidikan, pengalaman kerja dan motivasi kerja secara simultan sebesar50,5% kepada kinerja pendidik pada PAUD di Kota Kupang, sisanya 49,5% ditentukan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti. Impilikasi dari penelitian ini, bahwa kualifikasi, pengalaman dan motiviasi sangat penting dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan.

Keywords

Tingkat pendidikan, pengalaman kerja, motivasi kerja, kinerja pendidik

Full Text:

PDF

References

Barnawi dan Mohammad Arifin. 2014. Kinerja Guru Profesional: Instrumen Pembinaan, Peningkatan dan Penilaian. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Erlangga

Hairul, 2016. “Pengaruh Pendidikan, Pengalaman Kerja dan Motivasi terhdap KinerjaGuru di SMAN 4 Makassar”. Jurnal Pendidikan Islam: Pendekatan Interdisipliner, VOL 1, NO 1, 103-113

Hasibuan, Malayu S. P. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Mangkunegara, P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Murwati, H. (2013). Pengaruh Sertifikasi Profesi Guru terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru di SMK Negeri se-Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi (BISE) Vol.1 No. 1, 12- 21.

M. Ngalim Purwanto. 2011, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

NAEYC. (2018). NAEYC Early Learning Program Accreditation Standards and Assessment Items. Printed in United States of America.

Rachmawati, Titik dan Daryanto. 2013. Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Yogyakarta: Gava Media

Rivai, Vietzal dkk. 2005. Performance Appraisal. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Robbins, S.P. (2006). Perilaku organisasi. Jakarta: Indeks

Setiawan, Eko, Kompetensi Pedagogik & Profesional Guru PAUD dan SD/MI, Jakarta: Erlangga, 2018.

Simamora, Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Ketiga). Bagian Penerbitan STIE YKPN: Yogyakarta.

Sugiyono (2004). Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Keenam. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta: Bandung.

UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas Bab XI Pasal 39 Tentang Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Wariati, Nana, dkk. 2015. Pengaruh Disiplin Kerja dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Barito Timur. Jurnal Wawasan Manajemen, Vol.3, No.3.

Wibowo. (2007), Manajemen Kinerja, Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.

Widi, Lestari. 2011. Pengaruh Upah, Tingkat Pendidikan dan Teknologi Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja Pada Industri Kecap di Kecamatan Pati Kabupaten Pati. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Universitas Negeri Semarang.

Wirawan. (2015). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat

Refbacks

  • There are currently no refbacks.