PENGARUH METODE SHOW AND TELL MENGGUNAKAN MAGIC BOX UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK KELAS B DI TK KRISTEN KERTEN SURAKARTA

Anggita Dewi Rahmasari, Siti Wahyuningsih, Anayanti Rahmawati

Abstract

Perkembangan anak usia dini harus berjalan seimbang dan beriringan pada semua aspek perkembangannya, salah satunya bekal untuk menghadapi perkembangan zaman yang terus berkembang saat ini dibutuhkan kepercayaan diri yang baik, karena hal ini merupakan faktor penting dalam meraih keberhasilan. Namun saat peneliti melakukan observasi masih ditemukan permasalahan seperti kurangnya rasa yakin terhadap kemampuan diri dan hasil karyanya, belum mampu menyelesaikan tugas yang diberikan, dan belum mampu melakukan tugas tanpa dibantu orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode show and tell menggunakan magic box untuk meningkatkan kepercayaan anak kelas B. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilakukan pada anak usia 5 hingga 6 tahun menggunakan teknik sample jenuh dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 20 anak. Analisis data yang digunakan yakni uji sampel paired t-test. Hasil penelitian menunjukan peningkatan yang signifikan terhadap rasa kepercayaan diri anak. Terbukti dari nilai rerata yang sangat baik pada tiap indikator kepercayan diri anak usia 5-6 tahun yang diteliti. Oleh karena itu, metode show and tell menggunakan magic box ini dapat digunakan dalam pembelajaran anak disekolah karena anak lebih tertarik dalam memunculkan kepercayaan dirinya dan merasa antusias.

Keywords

Kepercayaan diri, Metode Show ad tell, Magic Box, Anak usia dini

Full Text:

PDF

References

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., … Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.

Ari Ratnadi, N. N., Marleni, K. D., & Arlinayanti, K. D. (2021). Pengaruh Metode Show And Tell Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia Dini. Pedagogika, 12(Nomor 1), 53–60. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i1.636.

Ariska, K., & Suyadi. (2020). Penggunaan Metode Show and Tell Melalui Media Magic Box Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 137–145. https://doi.org/10.29062/seling.v6i2.626.

Azhar, A. (2013). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Azwar, S. (2010). Metode penelitian. Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2017). Reliabilitas dan Validitas. Jogja: Pustaka Pelajar.

Christanto. (2018). Effect of self-confidence on high school student’s social adjustment. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 51(3), 110–114. https://doi.org/10.23887/jpp.v51i3.15922.

Erste Sohn Chandra, W., & Eliza, D. (2020). Pengaruh Permainan Magic Card terhadap Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 820. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.460

Hoerr, T. R. (2007). Buku Kerja Multiple Intelligences. Kaifa.

Lauster, P. (2003). Tes Kepribadian. Jakarta: Bumi Askara.

M. Nur Ghufron & Rini Risnawati S. (2017). Teori-teori psikologi (Cetakan II). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Musfiroh, T. (2011). Show and Tell Edukatif Untuk Pengembangan Empati, Afilifile-Resolusi Konflik, dan Kebiasaan Positif Anak Usia Dini. Jurnal Kependidikan, 41(2), 129–143. https://doi.org/10.21831/jk.v41i2.1927.

Nazla, T., & Fitria, N. (2021). Pengembangan Kepercayaan Diri Melalui Metode Show and Tell Pada Anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 31. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.590.

Perdana, F. (2019). Pentingnya Kepercayaan Diri dan Motivasi Sosial Dalam Keaktifan Mengikuti Proses Kegiatan Belajar. Jurnal Edueksos, VIII(2), 70–87. https://doi.org/ 10.24235/edueksos.v8i2.5342.

Preston, D. L. (2007). 365 Steps to Self-Confidence. UK: How To Books Ltd.

Romadhini, N. E., & Julianto. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Show and Tell Diiringi Musik Terhadap Kepercayaan Diri Anak Kelompok a. Jurnal PAUD Teratai, 05(2), 39–43. Dikutip dari https://core.ac.uk/download/pdf/230643212.pdf.

Sugiyono. (2013). Statistik untuk penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2019). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik / Suharsimi Arikunto (Ed. Rev. V). Jakarta: Rineka Cipta.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Pedagogia.

Taher, A. (2009). “Addressing Social Factors in the Classroom: Some Pedagogical Method and Processes". Makalah Program Director and Civitas Mauritius.

Teacheranitores. (2008). Show and Tell. Retrieved from Education Articles website: Www.Edarticle.Com/ Classroom Mana-Gement/Show-And-Tell.Html

Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823–831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710

Twiningsih, A. T. (2020). Improving Student Learning Outcomes Through Stem-Based Magic Box Medium in The Concept of Addition Theory. International Journal on Research in STEM Education, 2(1), 79–90. https://doi.org/10.31098/ijrse.v2i1.183

Zingher, G. (2011). Unexpected Show and Tell. United States: Libraries Unlimited, Inc.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.