PENGARUH PERMAINAN MONTESSORI DRESSING FRAME MODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK

Risalatul Ilmiyah Imron, Warananingtyas Palupi, Anjar Fitrianingtyas

Abstract

Kemampuan motorik merupakan salah satu dasar yang perlu untuk dikembangkan untuk mempersiapakan anak menempuh perkembangan pada tahapan usia selanjutnya serta untuk masa depannya. Kemampuan motorik merupakan kemampuan yang ditandai adanya kematangan pada pengelolaan gerakan fisik dan otot sebagai titik fokus gerak. Peningkatan kemampuan motorik halus anak usia dini dapat dilakukan melalui pemberian aktivitas atau kegiatan yang berkaitan dengan koordinasi mata dan tangan, serta kontrol gerak yang menggunakan otot-otot halus sehingga mampu bergerak terkendali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan Montessori dressing frame modifikasi terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok A TK Aisyiyah 04 Paciran. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif pre-experimental design dengan jenis one group pretest-posttest design terhadap satu kelompok eksperimen tanpa kelompok pembanding atau kontrol. Menggunakan sampel jenuh dengan menyertakan semua polpulasi yang berjumlah 34 anak yang ada dalam kelompok A di TK Aisyiyah 04 Paciran. Uji normalitas menggunakan Kolmogrov Smirnov. Karena hasil uji normalitas berdistribusi normal dengan nilai signifikansi > 0.05, maka pengkajian data penelitian ini menggunakan statistik parametrik. Uji paired samples t-test dengan bantuan SPSS 20 for windows diterapkan untuk mengetahui hasil hipotesis. Perolehan penelitian ini menunjukkan permainan Montessori dressing frame modifikasi memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok A TK Aisyiyah 04 Paciran.

Keywords

dressing frame, motorik halus. anak usia dini

Full Text:

PDF

References

Britton, L. (2017). Montessori play and learn. Yogyakarta: B First.

Depdiknas. (2002). Kurikulum berbasis kompetensi. Jakarta: Dinas Pendidikan Nasional.

Elcombe, E. (2017). Practical life exercises on fine motor development in a montessori children’s house classroom. Minds Wisconsin.

Fajriani, K. (2019). Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan keterampilan hidup montessori pada anak kelompok A di PAUD Islam Silmi Samarinda. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 2 (1), 2621-5845. Doi:10.21093/sajie.v2i1.1489.

Gettman, D. (2016). Metode Pengajaran Montessori Tingkat Dasar Aktivitas Belajar Untuk Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gutek, G. L. (2015). Metode Montessori. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hainstock, E. G. (1999). Metode Pengajaran Montessori Untuk Anak Prasekolah. Jakarta: Pustaka Delapratasa.

Lestari, S. D. A. (2015). Penerapan modifikasi permainan terhadap hasil belajar passing bawah bola voli (studi pada siswa kelas VIII SMP Negeri Pasuruan). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 3 (1), 88-95.

Khadijah, N. A. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Latif, M. (2014). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana, Prenamedia Group.

Lucas, F. M. (2017). The game as an early childhood learning resource for intercultural. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 237, 908-913. Doi:10.1016/j.sbspro.2017.02.127.

Mirna Lisa, A. M. (2020). Alat permainan edukasi (APE) meningkatkan perkembangan motorik halus pada anak usia 4-6 tahun. Jurnal Kesehatan, 11 (1) 125-132. Doi: 10.26630/jk.v11i1.1584.

Montessori, M. (2019). Montessori Mendidik Anak Sejak Lahir. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Mudjito. A.K, 2007. Pedoman Bidang Pengembangan Pembiasaan Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Nilawati Astini, N. I. (2017). Identifikasi pemafaatan alat permaian edukatif (APE) dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 31-40. Doi:10.21831/jpa.v6i1.15678

Paramita, V. D. (2017). Jatuh hati pada Montessori. Yogyakarta: B First.

Suryani, S. W. (2015). Peningkatan kemampuan motorik halus melalui permainan montessori modofikasi pada anak kelompok a. Jurnal Mahasiswa Unesa, 4 (2), 1-4.

Windi Dwi Andika, F. U. (2022). Keterampilan penting sebelum anak siap menulis. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (4), 2519-2532. Doi: 10.31004/obsesi.v6i4.1973.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.