PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE UMMI DI TPQ AL MUSTAQIEM MUNTILAN 2022

Sarini Sarini

Abstract

Membaca Al-Qur’an merupakan amalan terpuji. Sebelum membaca Al-Qur’an kita harus mempelajari hukum-hukum bacaan dalam A-Qur’an seperti mahraj dan tajwid yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi ilmu tajwid dengan menggunakan metode Ummi pada santri TPQ Al Mustaqiem Muntilan Tahun 2022. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di TPQ Al Mustaqiem Muntilan Magelang pada bulan Oktober-November 2022 dengan subjek penelitian sebanyak 26 santri. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dalam setiap siklusnya. Pada pra siklus terdapat  27% atau 7 anak yang mencapai kriteria nilai tuntas, siklus I terdapat 65% atau 17 anak, siklus II terdapat 85% atau 22 anak  yang mencapai kriteria nilai tuntas.

 

Keywords

kemampuan membaca Al-Qur’an, metode Ummi

Full Text:

PDF

References

Erfianto, E. (2021). Mengenal Ilmu Tajwid dan Hukum Membaca Alquran Sesuai Kaidah. Diakses dari https://liputan6.com

Fawaid, A., & Diana, I. (2022). Management of Qur’an Learning in Improving Students’ Tahsin in Pesantren; Ummi Perspective Method. Managere: Indonesian Journal of Educational Management, 4(3), 292-301.

Hadinata, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Ummi terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an bagi Anak Usia 7-13 Tahun di Desa Teniga, Kecamatan Tanjung, Kabupaten, Lombok Utara. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-isu Sosial, 19(1), 60-79.

Hasunnah, U. (2017). Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an pada Santri di Ponpes Salafiyah Al-Mahfudz Seblakm, Jombang. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 160-172.

Herman, N. T., & Rakhman, A. (2021). PENERAPAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN ANAK USIA 5-6 TAHUN. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(5), 512-522.

Hermawan, D. (2019). Penerapan Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Jurnal Studi Islam, 19(1), 27-35. https://doi.org/10.23917/Profetika.V19I1.7751.

Khudori, A., Priyatna, M., & Yasyakur, M. (2019). Penerapan Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Quran pada siswa di Kelas IV SD Kaifa Bogor. Prosa PAI: Prosiding al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(2), 240-250. https://doi.org/10.30868/PPAI.V1I2B.502

Kusumo, D., & Affandi, R. (2020). The Relationship between the Ummi Model and the Ability to Read the Qur’an of Third Grade Students at School. Indonesian Journal of Innovation Studies, 13, 1-12.

Nurzannah & Carlina, A. (2021). Penilaian Autentik pada Pembelajaran Al-Qur’an. Medan, UMSU Press.

Rifa’I, A., (2018). Implementasi Metode Ummi untuk Meningkatkan Kualitas Membaca al-Quran di SDIT Ihsanul Amal Alabio. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 85-104.

Rohmah, R. Y. (2022). Manajemen Kelas dalam Pembelajaran Al-Qur’n Metode Ummi di MTs Sunan Drajat Banjarwati, Pacitan, Lamongan. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 135-143. https://doi.org/10.55352/mudir.v4i1.491.

Wahyuni, S. D., & Aisyah, N. (2020). Evaluasi Prgram Pembelajaran Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di SMP. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 141-148. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v20i2.876.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.