DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA PERILAKU SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN

Fina Nihaya, Anayanti Rahmawati, Novita Eka Nurjanah

Abstract

Anak usia 5-6 tahun berada pada masa emas (the golden age) yang memiliki rasa ingin tahu dan tanggap terhadap lingkungan serta perlunya stimulasi bagi perkembangan anak. Masa pandemi memunculkan kebijakan stay at home yang mengharuskan pembelajaran secara online dan terbatasnya interaksi sosial. Fenomena yang muncul dari hasil observasi diantaranya kecanduan penggunaan gadget, kesulitan berinteraksi dengan orang lain, perubahan kontrol diri pada anak dengan menirukan objek yang dilihat anak dalam gadget. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan gadget pada perilaku sosial anak usia 5-6 tahun.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi. Subjek penelitian meliputi orang tua, guru, dan anak usia 5-6 tahun. Sumber data dalam penelitian ini adalah orang tua dan guru sebagai informan, narasumber, atau partisipan terkait dampak penggunaan gadget pada perilaku sosial anak usia 5-6 tahun. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan time sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas yang digunakan adalah triangulasi dan member checking. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis data menurut Van Kaam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak sangat mengenal gadget untuk mengerjakan tugas, menonton video, atau bermain game. Gadget dapat mempengaruhi perilaku sosial anak sesuai dengan porsi pengawasan secara tegas oleh orang tua dan dukungan lingkungan sekitar.

Keywords

Penggunaan gadget; perilaku sosial; dampak gadget; anak usia 5-6 tahun.

Full Text:

PDF

References

Apsari, Nurliana Cipta. (2023). Dampak Penggunaan Gawai (Gadget) terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Share Social Work Journal. 13 (1), 11-22. DOI : https://doi.org/10.24198/share.v13i1.40927

Hurlock, E. B. (2007). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lidwina, A. (2020). Pandemi Covid-19 Dorong Anak-Anak Aktif Menggunakan Ponsel. Dikutip dari databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/12/16/pandemi-covid-19-dorong-anak-anak-aktif-menggunakan -ponsel

Miranti, Putri. (2021). Waspadai Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah. 6(1), 58-66. DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.3205

Moustakas, C. (1994). Phenomenologizal Research Methods. California: SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.4135/9781412995658

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral pada Anak Usia Dini melalui Metode Mendongeng. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 131. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.25

Rini, Nita Monita. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Anak Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA. 7 (2), 1236-1241. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1379

Saniyyah, Latifatus. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Anak di Desa Jekulo Kudus. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(4), 2132-2140. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1161

Sari, Prista. (2021). Pengaruh Gadget terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 4 Tahun di Dusun Cempaka Putih. Jurnal Pelita PAUD. 5(2), 229-238. DOI: https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1328

Saputri, Adek Diah. (2018). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education. 3(1), 265-278. Retrieved from https://vicon.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/103

Skinner, B.F. (2013). Ilmu Pengetahuan dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 538. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310

Umayah. (2017). Perkembangan Sosial Pada Anak Usia Dini. As-Sibyan: Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 85–96. Dikutip dari https://moraref.kemenag.go.id/documents/article/98446958070337914

Yumarni, V. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Literasiologi, 8(2), 107-119. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i2.369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.