EFEKTIVITAS METODE TOKEN ECONOMY TERHADAP PERILAKU ASERTIF ANAK USIA 5-6 TAHUN

Chairun Nisa Rahmadani, Anayanti Rahmawati, Muhammad Munif Syamsuddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode token economy terhadap perilaku asertif anak usia 5-6 tahun. Perilaku asertif merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan diri anak serta memiliki potensi untuk membantu anak menyesuaikan diri di lingkungan dengan baik. Nilai perilaku pada rentang usia 5 - 6 tahun dapat diterima anak berdasarkan konsekuensi yang didapat. Penguat ekstrinsik yang membantu dalam penciptaan perilaku yakni melalui penggunaan hadiah. Token economy merupakan metode modifikasi perilaku yang memanfaatkan hadiah sebagai konsekuensi yang akan didapat. Hadiah adalah sesuatu yang dapat memotivasi anak untuk terlibat dalam perilaku yang ditargetkan. Populasi penelitian ini adalah anak kelompok B TK ABA Karangasem yang berusia 5 – 6 tahun dengan total keseluruhan 54 anak, sedangkan jumlah sampel penelitian sebanyak 19 anak. Penelitian ini dilakukan pada anak usia 5 - 6 tahun menggunakan teknik probability sampling dengan pengambilan sampel secara random sederhana (simple random sampling). Metode yang digunakan yakni kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini berupa behaviour ceklis dengan skala Guttman. Analisis data menggunakan uji sample paired t-test dan meghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, artinya metode token economy efektif terhadap pembentukan perilaku asertif pada anak usia 5 - 6 tahun. Penerapan metode token economy dapat membuat anak untuk lebih tertarik berperilaku asertif karena mendapatkan imbalan yang diinginkan, sehingga perilaku asertif yang diinginkan dapat segera terbentuk sebagai perilaku positif dan melekat pada diri anak.

Keywords

perilaku asertif, token economy, anak usia dini

Full Text:

PDF

References

Agusta, A. G. (2017). Penerapan token economy untuk meningkatkan kemandirian anak pra sekolah [Universitas Muhammadiyah Malang]. http://eprints.umm.ac.id/43730/1/jiptummpp-gdl-aldilagalu-50014-1-skripsi.pdf

Alberti, R. E., & Emmons, M. (2017). Your perfect right: Assertiveness and equality in your life and relationship. (10 ed.). Impact Publisher.

Astuti, W., Syamsuddin, M. M., & Pudyaningtyas, A. R. (2018). Pengaruh Sticker Reward Terhadap Perilaku Asertif Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara cendekia, 6(2), 113–119.

Asysyura, S., & Rizal, G. L. (2020). Perbedaan Asertivitas Remaja Minang Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua. Proyeksi, 15(2), 120. https://doi.org/10.30659/jp.15.2.120-130

Azhari, M. A. S., Dwi, M., & Erlyani, N. (2015). Relationship Between Assertive Behavior And Self-Adjustment In First Year. Jurnal Ecopsy, 2(1), 20–25.

Bazleh, N., Tarkhan, T., & Sheikhmahmoudi, H. (2012). Relationship Between Self-Assertiveness Anger and Social Adjusment in Women with Breast Cancer. Indian Journal of Fundamental and Applied Life Sciences, 2(3), 86–93.

Chapnick, A. (2008). The golden age. International Journal, 64(1), 205–221. https://doi.org/10.1177/002070200906400118

Darling-Churchill, K. E., & Lippman, L. (2016). Early childhood social and emotional development: Advancing the field of measurement. Journal of Applied Developmental Psychology, 45, 1–7. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2016.02.002

Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Remaja Rosdakarya.

Filcheck, H. A., Mcneil, C. B., Greco, L. A., & Bernard, R. S. (2004). Using a whole-class token economy and coaching of teacher skills in a preschool classroom to manage disruptive behavior. Psychology in the Schools, 41(3), 351–361. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/pits.10168

Galassi, M. D., & Galassi, J. P. (1977). Assert Your Self “How to be Your Own Person.” Human Sciences Press.

Ghodrati, F., Tavakoli, P., Heydari, N., & Akbarzadeh, M. (2016). Investigating the Relationship between Self-Esteem, Assertiveness and Academic Achievement in Female High School Students. Health Science Journal, 10(4–9). http://www.imedpub.com/

Hamoud, S. A., Dayem, S. A. El, & Ossman, L. H. (2011). The Effect of an Assertiveness Training Program on Assertiveness skills and Self-Esteem of Faculty Nursing Students. Journal of American Science, 7(12), 1085–1096.

Hudachek, S. (2021). The Use of a Token Economy To Help Motivate Students [Northwestern College]. https://nwcommons.nwciowa.edu/education_masters/337

Hurlock, E. B. (2016). Perkembangan Anak Jilid 2 (5 ed.). Erlangga.

Juliyanti, P. A. (2018). Identifikasi Profil Anak yang Mengalami Kesulitan dalam Menyesuaikan Diri dan Penanganannya. Universitas Pendidikan Indonesia.

Kurniawaty, L. (2003). Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Kemampuan Penyesuaian Diri pada Remaja. Universitas Islam Indonesia.

Lestari, M. C. D. (2021). Peran orang tua dalam menanamkan sikap asertif terhadap anak usia dini di masa pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 44–51.

Mansur, A. (2019). Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah. In Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK) (1 ed., Vol. 1). Andalas University Press. https://doi.org/10.36565/jak.v1i2.29

Masganti, S. (2015). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini (1 ed.). PERDANA PUBLISHING.

Mcdonnell, S. (2012). Implementation of Token Economies in School Settings. Lynchburg College. Meriyanti. (2015). Memahami Karakteristik Anak Didik (1 ed.). Fakta Press lAIN Raden lntan Lampung.

Niusha, B., Farghadani, A., & Safari, N. (2012). Effects of Assertiveness Training on Test Anxiety of Girl Students in First Grade of Guidance School. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46(December), 1385–1389. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.307

Novarianing, D., & Suharni. (2021). Modifikasi Perilaku Teori dan Penerapannya (1 ed.). UNIPMA Press.

Pipaş, M. D., & Jaradat, M. (2010). Assertive Communication Skills. Annales Universitatis Apulensis Series Oeconomica, 2(12), 649–656. https://doi.org/10.29302/oeconomica.2010.12.2.17

Porpitasari, D. M. (2007). Pengaruh perilaku asertif terhadap hubungan interpersonal pada siswa Kelas XI SMK Islam 1 Blitar [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8664

Pourjali, F., & Zarnaghash, M. (2010). Relationships between assertiveness and the power of saying no with mental health among undergraduate student. Procedia Social and Behavioral Sciences, 9, 137–141. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.126

Pujiati, N. I., & Dahlan, T. H. (2017). Modifikasi Perilaku Melalui Teknik Token Economy. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice &Research, 1(2), 10–22.

Purwanto, M. N. (2014). Ilmu Pendidikan Teoretis Dan Praktis (2 ed.). Remaja Rosdakarya.

Santrock, J. W. (2012). Perkembangan Masa Hidup Jilid II (13 ed.). Erlangga.

Sharma, S. (2016). Adjustment : Process , Acheivement , Characteristics , Measurement. International Journal of Academic Research, 3(1(2)).

Susanti, A., & Widuri, E. (2013). Penyesuaian Diri Pada Anak Taman Kanak-Kanak. EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi, 1(1), 16–30.

Wahyuningsih, Y. P. (2018). Assertive Training untuk Mengurangi Perilaku Submisif pada Remaja dengan Gangguan Disabilitas Intelektual Ringan: Sebuah Laporan Kasus. Seminar ASEAN 2nd Psychology & Humanity Psychology Forum UMM, 19–20.

Yulianti, P. D. (2016). Merakit Kesehatan Mental Melalui Sikap Asertif. Proceding Seminar Nasional Empowering …, 24, 131–137.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.