HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD TERHADAP PENERAPAN PEMBELAJARAN STEAM

Hafidzah Nur Adzani, Nurul Kusuma Dewi, Vera Sholeha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompetensi pedagogik guru PAUD terhadap penerapan pembelajaran STEAM. Penelitian dilakukan di Surakarta dengan subjek penelitian adalah guru PAUD yang telah menerapkan STEAM dikelasnya. Jenis penelitian merupakan kuantitatif korelasi menggunakan dua instrument kuesioner yaitu kuesioner kompetensi pedagogik dan kuesioner pembelajaran STEAM sebagai teknik pengumpulan data. Hasil yang diperolah pada penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antar hubungan kompetensi pedagogik guru PAUD dan penerapan pembelajaran STEAM dengan nilai signifikansi sebesar 0,013. Tingkat hubungan berada pada kategori sedang dengan nilai pearson correlation sebesar 0,446 dan bersifat positif yang dapat disimpulkan apabila guru dengan kompetensi pedagogik semakin tinggi maka telah menerapan pembelajaran STEAM dikelas yang semakin baik dan sebaliknya jika guru dengan kompetensi pedagogik rendah maka belum menerapkan pembelajaran STEAM secara baik.

Keywords

guru paud, kompetensi pedagogik, penerapan pembelajaran steam

Full Text:

PDF

References

Akkas, M., & Suryawati, E. A. (2021). Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar (1st ed.). Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Alismail, H. A., & McGuire, P. (2015). 21 St Century Standards and Curriculum: Current Research and Practice. Journal of Education and Practice, 6(6), 150–155. Retrieved from http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1083656.pdf

Anjarsari, N. (2019). Kesiapan Guru Terhadap Penerapan Pembelajaran Stem (Science, Technology, Engineering, Mathematics). Skripsi Sarjana. Universitas Negeri Semarang.

Dejarnette, N. K. (2018). Implementing STEAM in the Early Childhood Classroom. 3(3), 1–9.

Foti, P. E. (2021). Exploring kindergarten teachers’ views on STEAM education and educational robotics: Dilemmas, possibilities, limitations. Advances in Mobile Learning Educational Research, 1(2), 82–95. Doi:10.25082/amler.2021.02.004.

Gunawan, P., Ernawati, A., Hasnawati, Asmar, S., Masdafi, Rusdiana, & Amrullah, F. (2019). Model Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) fengan Pendekatan SAINTIFIK. 1–64. http://repositori.kemdikbud.go.id/18412/

Howe, A. C. (2002). Engaging children in STEAM : Best Practices. Resources for Early Learning, 334.

Kemendikbud. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Komala, & Rohmalina. (2021). Kompetensi Guru PAUD dalam PJJ melalui Pelatihan Pendekatan STEAM pada Masa Covid-19. Aulad : Journal on Early Childhood, 4(1), 38–52. https://doi.org/30.31004/aulad.v4i1.96

Millati, I. (2021). Kompetensi pedagogik guru di paud 1. XII(1), 187–196.

Nurani, Y. (2019). Pendekatan Pembelajaran Di Lembaga PAUD. 93–110.

Ragil, I., Mulyono, H., Ardiansyah, R., Saputri, dwi yuniasih, & Adi, F. P. (2020). Implementasi pembelajaran berbasis science, technology, engenering, art and mathematich (STEAM) untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru SD melalui metode lesson study. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 119–123.

Siantajani, Y. (2020). Konsep Dan Praktek STE(A)M Di PAUD (1st ed.; E. H. Krista, Ed.). Semarang: PT Sarang Seratus Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.