PENGARUH PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) TERHADAP KARAKTER DISIPLIN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK TARUNA SRIWIJAYA PALEMBANG

Dinda Dwi Rahmawati, Dessi Andriani

Abstract

Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat bagi anak usia dini merupakan sebuah prioritas pada saat ini. Pembiasaan ini akan membentuk karakter displin pada anak untuk menjaga dan merawat dirinya sendiri dan lingkungan. Karakter tersebut dapat terlihat ketika anak dapat memahami dan melaksanakan aturan yang berlaku di sekolah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh PHBS terhadap karakter disiplin anak. Populasinya adalah anak-anak kelompok B di TK Taruna Sriwijaya Palembang berjumlah 85 anak. Kelas B4 merupakan sampel penelitian ini terdiri dari 22 anak. Jenis penelitian eksperimen menggunakan model One-Grup Pretest-Posttest Design yang dilakukan selama 6 kali pertemuan. Penelitian ini terdiri dari 3 tahap yaitu pemberian pretest, treatment dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PHBS memiliki pengaruh terhadap karakter disiplin anak. Nilai rata-rata kelas pretest adalah 39,45 dan rata-rata kelas posttest adalah 78,5. Berdasarkan perhitungan uji normalitas data yang diperoleh kelas pretest sebesar 0,358 dan perhitungan uji normalitas data yang diperoleh kelas posttest sebesar 1,748. Hasil perhitungan uji homogenitas data untuk fhitung < ftabel atau 1,249 < 2,084 maka varians kedua data tersebut dapat dinyatakan homogen. Terakhir, uji hipotesis dari hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung > ttabel atau 17,16 > 1,72074 berarti Ho ditolak dan Ha diterima.

Keywords

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Karakter Disiplin, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References

Anhusadar, L., & Islamiyah, I. (2020). Penerapan perilaku hidup bersih dan sehat anak usia dini di tengah pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.555

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya pendidikan anak usia dini bagi tumbuh kembang anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 50–58. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30595/dinamika.v8i1.943

Gani, H. A., Istiaji, E., & Pratiwi, P. E. (2015). Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada tatanan rumah tangga masyarakat using (studi kualitatif di desa kemiren, kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi). Jurnal IKESMA, 11(1), 26–35.

Harjanty, R., & Mujtahidin, S. (2022). Menanamkan disiplin pada anak usia dini. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 271–286. https://doi.org/10.55681/nusra.v3i1.157

Kristanti, R., Azizah, E. N. N., & Kusumastuti, N. (2021). Pengaruh pengenalan perilaku hidup bersih dan sehat (Phbs) terhadap kesehatan anak usia dini di masa pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 174. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.506

Lestari, F., Maylita, F., Hidayah, N., & Junitawati, P. D. (2020). Memahami karakteristik anak. CV. Bayfa Cendikia Indonesia.

Makhsyari, M. A., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Penerapan perilaku hidup bersih dan sehat dalam menanamkan nilai karakter siswa. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5(1), 99–111.

Retnaningsih, L. E., & Rosa, N. N. (2022). Trik jitu menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini. Nawa Litera Publishing.

Sari, A. Y., & Rofiyarti, F. (2017). Penerapan disiplin sebagai bentuk pembinaan pendidikan karakter terhadap anak usia dini. Pedagogi, 3(3c), 227–239.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suprapto, R., Hayati, M., Nurbaity, S., Anggraeni, F., Haritsatama, S., Sadida, T. Q., Firoh, A., & Pratama, F. A. (2020). Pembiasaan cuci tangan yang baik dan benar pada siswa Taman Kanak-Kanak (TK) di Semarang. Jurnal Surya Masyarakat, 2(2), 139. https://doi.org/10.26714/jsm.2.2.2020.139-145

Utami, F., Rantina, M., & Edi, R. (2021). Pengembangan lembar kerja anak menggunakan QR code pada materi sains anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1976–1990. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1882

Utami, F., Rukiyah, R., & Andika, W. D. (2021). Pengembangan media flashcard berbasis augmented reality pada materi mengenal binatang laut. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1718–1728. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.933

Zukmadini, A. Y., Karyadi, B., & Kasrina, K. (2020). Edukasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam pencegahan COVID-19 kepada anak-anak di panti asuhan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i1.440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.