PENGARUH KEGIATAN MEMBATIK JUMPUTAN MENGGUNAKAN PIPE CLEANERS (KAWAT BULU MERCY) TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A DI TK HIDAYATULLAH SURABAYA

Fatmaning Tyas, Nurul Khotimah, Mas'udah Mas'udah

Abstract

Kemampuan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun sangat penting dioptimalkan dan di stimulasi melalui kegiatan yang sederhana dan menyenangkan. Salah satu kegiatan yang bisa dipakai untuk mengembangkan kemampuan motorik halus adalah membatik jumputan. Kegiatan membatik jumputan dalam penelitian ini menggunakan media pipe cleaners (kawat bulu mercy) sebagai alat pengganti untuk media pengikatnya. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kegiatan membatik memakai pipe cleaner (kawat bulu mercy) pada kemampuan motorik halus anak kelompok A di TK Hidayatullah, Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment (Eksperimen semu) dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini berjumlah 15 anak pada kelompok kontrol dan 15 anak pada kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelititan ini menggunakan  observasi terstruktur dengan memakai lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan antara lain uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesisi menggunakan uji Independent Sampel T Test. Berdasarkan hasil penghitungan didapatkan nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat diketahui ada pengaruh yang signifikan kegiatan membatik jumputan menggunakan pipe cleaners (kawat bulu mercy) terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok A di TK Hidayatullah, Surabaya.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bhatia, P., Davis, A., & Shamas-Brandt, E. 2015. “Educational Gymnastics: The Effectiveness of Montessori Practical Life Activities in Developing Fine Motor Skills in Kindergartners.” Early Education and Development 26(4):594–607.

Budiwanto, S. 2012. Metodelogi Latihan Olahraga. Malang: Universitas Negeri Malang (UM PRESS).

Dewi, Novi Sintia, and Choirun Nisak Aulina. 2021. “Penerapan Kegiatan Bajumput (Membatik Jumputan) Dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun.” Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1):18–27.

Isti`adah, Feida Noorlaila. 2020. Teori-Teori Belajar Dalam Pendidikan. Pertama. Jawa Barat: Edu Publisher.

Khadijah, Nurul Amelia. 2020. Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini : Teori Dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Luciana, and Feny Nurherawati. 2020. “Pelatihan Pembuatan Kain Jumputan Batik Di TK Qurrata A’yun Di Cimahi Kota Cimahi.” Jurnal Dharma Bakti-LPPM IST AKPRIND 3(2):100–105.

Ni’mah, Firkatun, and eka cahya Maulidiyah. 2020. “Pengembangan Buku Panduan Membatik Terhadap Kemampuan Fisik Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun.” JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini) 1(2):123–46.

Paujiah. 2019. “Stimulasi Motorik Halus Pada Kegiatan Menggunting Kelompok a Di Paud Jannatul Athfal Samarinda.” Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo I(1):1–17.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014. 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik.

Petelinsek, Kathleen. 2014. Creating Pipe Cleaner Crafts. United State of America: Cherry Lake Publushing.

Prawoto, Eko Cahyo. 2019. “Pembuatan Batik Jumput Teknik Ikat Desa Grogol.” Jurnal Abadimas Adi Buana 3(1):43–47. doi: 10.36456/abadimas.v3.i1.a1942.

Restian, Arina. 2020. Pendidikan Seni Rupa Estetik Sekolah Dasar. Malang: UMM Prees.

Rofiah, Sohibah Darojatur, and Hilman Mangkuwibawa. 2020. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Membatik Jumputan.” (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA) 3(1):91–102. doi: 10.15575/japra.v3i1.8109.

Strooband, Karel F. B., Marc de Rosnay, Anthony D. Okely, and Sanne L. C. Veldman. 2020. “Systematic Review and Meta-Analyses: Motor Skill Interventions to Improve Fine Motor Development in Children Aged Birth to 6 Years.” Journal of Developmental and Behavioral Pediatrics : JDBP 41(4):319–31. doi: 10.1097/DBP.0000000000000779.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tawulo, Oshin Santi, and Laode Anhusadar. 2022. “Membatik Jumputan Untuk Meningkatkan Motorik Halus Pada Masa Pandemi Covid 19 Melalui Home Visit.” KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education 5(1):37–47. doi: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v5i1.13064.

Wati, Khoiriyah Ika, Sri Saparahayuningsih, and Yulidesni Yulidesni. 2017. “Meningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Pembelajaran Membatik Menggunakan Media Tepung Pada Anak Kelompok B PAUD Aisyiyah III Kota Bengkulu.” Jurnal Ilmiah POTENSIA 2(2):91–94. doi: 10.33369/jip.2.2.

Widianti, Nadia, and Soeprajitno Soeprajitno. 2015. “Pengaruh Media Kawat Bludru Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak.” PAUD Teratai 4(2).

Wulansari, Yuni, and Nurul Khotimah. 2016. “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menganyam Pita Di Kelompok A.” Jurnal PAUD Teratai 5(1).

Yamin, Martinis, and Sabri Jamila Sanan. 2013. Panduan PAUD. Jakarta: Gaung Persada Press Group.

Yulianto, Dema, and Titis Awalia. 2017. “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Montase Pada Anak Kelompok B RA Al-Hidayah Nanggungan Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016.” Jurnal PINUS 2(2):118–23.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.