PENGARUH PERMAINAN SCRATCHJR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN

Widya Dwi Hardiyanti, Ruli Hafidah, Adriani Rahma Pudyaningtyas

Abstract

Kemampuan berpikir komputasional dianggap penting untuk setiap individu supaya dapat beradaptasi dengan perkembangan di zaman era digital seperti sekarang. Oleh karena itu, kemampuan berpikir komputasional perlu dikembangkan sejak anak usia dini melalui permainan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan ScratchJr terhadap kemampuan berpikir komputasional anak 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis quasi experimental design tipe non equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel dengan sampling jenuh. Sampel penelitian ini adalah anak 5-6 tahun di TK Aisyiyah Surakarta yaitu 11 anak kelompok eksperimen dan 11 anak kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dengan tes. Uji normalitas menggunakan shapiro wilk, uji homogenitas menggunakan levene’s test for equality of variences, teknik analisis data menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol, hal ini dibuktikan dengan post-test kelompok eksperimen 23,45 sedangkan post-test kelompok kontrol 18,64. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan independent sample t-test menunjukkan signifikansi 0,005 dengan dasar pengambilan keputusan p<0,05 maka terdapat perbedaan. Hasil rata-rata post-test kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol terdapat perbedaan signifikan, sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh permainan ScratchJr. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh permainan ScratchJr terhadap kemampuan berpikir komputasional anak 5-6 tahun di TK Aisyiyah XI Surakarta.

Keywords

ScratchJr, kemampuan berpikir komputasional, anak usia 5-6 tahun

Full Text:

PDF

References

Bers, M. U. (2018). Coding and computational thinking in early childhood: The impact of scratchjr in Europe. European Journal of STEM Education, 3(3), 1-13. https://doi.org/10.20897/ejsteme/3868.

Bers, M. U., & Sullivan, A. (2019). Computer science education in early childhood: The case of scratchjr. Journal of Information Technology Education: Innovations in Practice, 18 (1), 113–138. https://doi.org/10.28945/443710.28945/4437.

Ching, Y. H., Hsu, Y. C., & Baldwin, S. (2018). Developing computational thinking with educational technologies for young learners. TechTrends, 62(6), 563–573. https://doi.org/10.1007/s11528-018-0292-7.

Fidai, A., Capraro, M. M., & Capraro, R. M. (2020). “Scratch”-ing computational thinking with Arduino: A meta-analysis. Thinking Skills and Creativity, 38(July), 100726. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100726

Flannery, L. P., Kazakoff, E. R., Bontá, P., Silverman, B., Bers, M. U., & Resnick, M. (2013). Designing scratchJr: Support for early childhood learning through computer programming. Proceedings of the 12th International Conference on Interaction Design and Children ACM, hlm. 1–10. New York : Tufts University https://doi.org/10.1145/2485760.2485785.

Goschnick, S. (2016). App Review : ScratchJr : Scratch junior. International Journal of People-Oriented Programming, 4(1), 50–55. https://doi.org/10.4018/ijpop.2015010104.

Ihmeideh, F., & Alkhawaldeh, M. (2017). Teachers’ and parents’ perceptions of the role of technology and digital media in developing child culture in the early years. Children and Youth Services Review, 77(2), 139–146. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2017.04.013.

Kalogiannakis, M., & Papadakis, S. (2017). A proposal for teaching scratchjr programming environment in preservice kindergarten teachers. ESERA 2017 Conference, hlm. 1–4. Dublin : University of Crete Diperoleh 7 Oktober 2021, dari http://www.academia.edu/download/54775692/ESERA2017_0277_paper.pdf%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/320546761.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 .Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kong, S. C., & Abelson, H. (2019). Computational thinking education. Hongkong: Springer Open.

Leidl, K. D., Umaschi-Bers, M., & Mihm, C. (2017). Programming with scratchjr: A review of the first year of user analytics. Proceedings of International Conference on Computational Thinking Education, hlm. 116–121. United States: Tufts University.

Lin, S., Chien, S., Hsiao, C., Hsia, C., & Chao, K. (2020). Enhancing computational thinking capability of preschool children by game-based smart toys. Electronic Commerce Research and Applications, 44(8), 101011. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2020.101011.

Rose, S. P., Jacob Habgood, M. P., & Jay, T. (2017). An exploration of the role of visual programming tools in the development of young children’s computational thinking. Electronic Journal of E-Learning, 15(4), 297–309.

Strawhacker, A., Lee, M., Caine, C., & Bers, M. (2015). ScratchJr demo : A coding language for kindergarten, 1 (1), Proceedings of IDC 2015: The 14th International Conference on Interaction Design and Children, hlm. 414–417. Medford: Tufts University. https://doi.org/10.1145/2771839.2771867.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Unahalekhaka, A., & Bers, M. U. (2021). Taking coding home: analysis of scratchjr usage in home and school settings. Educational Technology Research and Development 1 (1), 1-20. https://doi.org/10.1007/s11423-021-10011-w.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan karakter usia dini. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yu, J., & Roque, R. (2018). A survey of computational kits for young children. IDC 2018 - Proceedings of the 2018 ACM Conference on Interaction Design and Children, hlm. 289–299. USA: University of Colorado Boulder https://doi.org/10.1145/3202185.3202738.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.