PENGARUH GAME BELAJAR MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN USIA 5-6 TAHUN

Eka Cahya Maulidiyah

Abstract

Membaca permulaan adalah kemampuan linguistik anak untuk mengenal berbagai jenis huruf dan nantinya akan menjadi bekal untuk jenjang pendidikan selanjutnya. Kemampuan membaca permulaan bisa ditingkatkan dengan berbagai macam kegiatan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan game yang bernama belajar membaca PAUD TK SD. Media aplikasi game tersebut didesain dengan kombinasi warna yang sangat menarik dan dilengkapi dengan materi pembelajaran membaca yang dapat diunduh. Salah satunya tersedia diponsel layar sentuh (android) melalui layanan play store. Tujuan dibalik penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh permainan game belajar membaca PAUD TK SD di TK Sunan Prapen terhadap kemampuan membaca permulaan usia 5-6 tahun. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimental design dengan jenis nonequivalen control group design. Populasi penelitian ini ialah anak kelompok B dengan jumlah sampel 36 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik parametrik menggunakan paired sample t-test. Hasil perhitungan data menggunakan T-test, dengan taraf signifikansi 0.05 dari jumlah n1=18, dan n2=18 diperoleh hasil dari uji hipotesis bahwa nilai sig (2-tailed) pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga bisa dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisis data tersebut dinyatakan bahwa ada pengaruh media game belajar membacar terhadap kemampuan membaca permulaan usia 5-6 tahun.

Keywords

Kata Kunci: bahasa, membaca permulaan, media game.

Full Text:

PDF

References

Aenida Yasinta Rahman. 2018. Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media busy book di TK B Hikari Serpong Tangerang Selatan tahun ajaran 2017/2018. UIN Syarif Hidayatullah.

Alya Muthia Khanza. 2021. Pengaruh media bermain kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca pada siswa kelompok B di TK Bina Anaprasa Nuris Antirogo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Universitas Jember.

Ari Musoda. 2014. Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu kata bergambar pada anak kelompok B2 RA Ma’arif NU Karang Tengah Kertanegara Purbalingga. Universitas Negeri Yogyakarta.

Arsyad, A. 2015. Media pembelajaran (edisi revisi). PT Raja Grafindo Persada.

Aulia Putri. 2018. Meningkatkan kemampuan membaca melalui metode fonik di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tanjung Barulak Kecamatan Tanjung Emas. Institut Agama Islam Negeri Batusangkar.

Ayu Nurafifah. 2019. Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu huruf pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak Raudlatul Athfal Muslimat Al-Mansur Pertapan Maduretno Taman Sidoarjo. Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Cahyawati. 2015. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash 8 standar kompetensi menangani surat/dokumen kantor pada siswa kelas X kompetensi keahlian administrasi perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Wates: Vol. II. Universitas Negeri Yogyakarta.

Darmawan, D. 2013. Teknologi pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya Offset.

Darmawi. 2018. Membaca yuk: strategi menumbuhkan minat baca anak usia dini. Guepedia.

Diana Esti Handayani. 2020. Pengaruh metode struktural analitik sintetik terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia TK B di TK Islam Sabilul Huda Kaloran. Universitas Negeri Semarang.

Dwi Irma Safitri. 2018. Pengaruh bermain flashcard dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Surya Bahari Lampung Timur. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Dwi Muryanti. 2019. Pengaruh media flash card terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas 1 di MIN 8 Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Farhatun Naura. 2021. Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui metode fonik dengan menggunakan puzzle siswa kelas II MIN 35 Aceh Besar. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Fithri, & Setiawan. 2017. Analisa dan perancangan game edukasi sebagai motivasi belajar untuk anak usia dini. Simetris: Jurnal Teknik Industri, Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(1), 2.

Fitriana Halimatussa’diyah. 2017. Pengembangan media big book untuk menstimulasi kemampuan membaca permulaan anak kelompok B PAUD Tanwirul Qulub Tahun Ajaran 2016/2017”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 2.

Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak (edisi revisi). Penerbit Angkasa.

Kamtini, & Sitompul, F. A. 2020. Pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan mengingat huruf dan angka pada anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1),

Kharisma, G. I., & Arvianto, F. 2019. Pengembangan aplikasi android berbentuk education games berbasis budaya lokal untuk keterampilan membaca permulaan bagi siswa kelas 1 SD / MI. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2),

Laila Hasbi Pasaribu. 2019. Upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode fonik pada anak RA Mukhrijul Hidayah Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Mardhotillah, H., & Rakimahwati. 2022. Pengembangan game interaktif berbasis android untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2),

Masjidi, N. 2007. Agar anak suka membaca. Media Insani.

Muhamad Fadilah. 2014. Edutainment pendidikan anak usia dini. Prenadamedia Group.

Nadar, I., Pawitri, W., & Ambar. 2021. Meningkatkan kemampuan membaca anak dengan metode Cantol Roudhoh. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, e-ISSN 2716-0157 PAUD 010.

Novitasari, E. 2017. Meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak melalui media kartu huruf. In Jurnal Riset Golden Age Paud Uho (Vol. 1, Issue 3). Universitas Muhammadiyah Magelang.

Nurwahyuni. 2021. Pengaruh penggunaan media busy book terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B di TK Ar-Rahimi Kabupaten Gowa. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permanasari Ela. 2016. Efektifitas permainan tutup botol untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Pranata Joni. 2017. Peningkatan ketrampilan membaca permulaan kata melalui media flash card. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Putri Mulya sari. 2018. Peningkatan kemampuan membaca permulaan anak usia dini melalui permainan kartu di kelompok B TK Ibnu Sina Barabung Aceh Besar. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Rafi’ah. 2020. Peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 4-5 tahun menggunakan media kartu kata di Taman Kanak-Kanak Wahyu Ilmiah Kabupaten Gowa. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ramadhan, Sitorus, & R. 2019. Game edukasi pengenalan budaya dan wisata kalimantan barat menggunakan metode finite state machine berbasis android. Jurnal Komputer Dan Aplikasi., 1(3), 108.

Rayandra Asyhar. 2012. Kreatif mengembangkan media pembelajaran. ReferensiI (Grup Pers GP).

Retno Dwiarti. 2013. Peningkatan kemampuan membaca permulaan menggunakan permainan kartu kata pada anak kelompok B TK Masyithoh Ngasem Sewon Bantul Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rivai, S. dan S. 2011. Media pengajaran. Sinar Baru Algensindo.

Rohaetil, Asri, C., & Windarsih. 2018. Meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok A melalui penerapan metode cantol Roudhoh Di TK Nurdzakky Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. 1(3).

Silvi Juliani. 2019. Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu huruf pada kelompok B di TK Islam An-Nahl Tangerang. UIN Syarif Hidayatullah.

Siska Aladiah. 2020. Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan media kartu kata bergambar pada anak kelas B1 di Raudatul Athafal Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren Muaro Jambi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Sujarwo. 2016. Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media video compact disc pada anak usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 30.

Sundari, S., & Masudah. 2014. Meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui metode bernyanyi pada anak kelompok A di TK Kuncup Mekar Surabaya. PAUD Teratai, 3(3), 1–6.

Suriati Ampu Lembang. 2020. Meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini kelompok A melalui busy book di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Peta Kota Palopo. Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Vivi Suryani Putri Utami. 2020. Pengaruh metode sruktural analitik sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan pada mata pelajaran bahasa Indonesia Kelas 1 di SD Negeri 101 Kota Bengkulu. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Wicaksono, A. 2014. Menulis kreatif sastra dan beberapa model pembelajarannya. Garudhawaca.

Zubaidah, E. 2003. Pengembangan bahasa anak usia dini. Universitas Negeri Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.