IMPLEMENTASI METODE HOME VISIT SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 PADA ANAK KELOMPOK A (STUDI KASUS DI TK KRISTEN KERTEN TAHUN AJARAN 2021/2022)

Alberto Awan Saputro, Siti Wahyuningsih, Jumiatmoko Jumiatmoko

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi metode home visit yang dilaksanakan oleh TK Kristen Kerten pada anak kelompok A selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semiterstruktur, observasi partisipasif, dan studi dokumen. Teknik uji validitas data yang dilakukan menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian ini adalah dalam mengimplementasikan home visit terdapat tahapan yang perlu dilakukan mulai dari perencanaan seperti mengelompokan anak, menyusun jadwal, merancang kegiatan belajar. Kemudian pelaksanaan home visit dibagi menjadi kegiatan pembuka, inti dan penutup. Kegiatan lanjutan home visit dilaksanakan dengan pembelajaran jarak jauh, dan terakhir monitoring  evaluasi dilakukan untuk memantau kegiatan belajar anak serta melakukan evaluasi pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Keywords

implementasi metode home visit, masa pandemi covid-19, pembelajaran anak usia dini

Full Text:

PDF

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, solusi dan harapan : Pembelajaran daring. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282-289.

Arvianti, E. Y., Anggasari, H., & Hastutiningtas, W. R. (2021). Sosialisasi protokol kesehatan 3M pada siswa smp negeri 26 malang. JAST : Jurnal Aplikasi Sains dan Teknologi, 5(1), 69-75.

Djamarah, S. B. (2010). Guru dan siswa dalam interaksi edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020). Penyakit virus corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2), 119-129.

Ilhan, F., Ozfidan, B., & Yilmaz, S. (2019). Home visit effectiveness on students' classroom behavior and academic achievement. Journal of Social Studies Education Research, 10(1), 61-80.

Lin, M., & Bates, A. B. (2010). Home visits: how do they affect teachers’ beliefs about teaching and diversity? Early Childhood Education Journal, 38(3), 179-185.

Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya evaluasi dalam pembelajaran. Bintang : Jurnal Pendidikan dan Sains, 244-257.

Makmun, S. (2021). Kombinasi pembelajaran media daring dengan strategi home. Jurnal Ilmiah Telaah, 6(1), 20-25.

Megawaty, D. A., Bakri, M., Setiawansyah, & Damayanti, E. (2020). Sistem monitoring kegiatan akademik siswa. Jurnal TEKNOKOMPAK, 14(2), 98-101.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi penelitian kualitatif (edisi revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2021). Implementasi pembelajaran pada masa lockdown bagi lembaga paud di kabupaten lombok timur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 177-186.

Nuraeni. (2014). Strategi pembelajaran untuk anak usia dini. Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran, 2(2), 143-153.

Ojukwu, E. V. (2013). Adequate lesson plan: A prerequisite for effective teaching. Awka Journal of Research in Music and the Arts (AJRMA), 9, 159-173.

Prasetyo, T., Mujahidin, E., Rasmitadila, & Yuani, A. K. (2021). Implementasi metode home visit untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sd. Jurnal Abdidas, 2(4), 894-902.

Prayitno. (2012). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Stake, R. E. (2005). Qualitative case studies. in n. k. denzin & y. s. lincoln (eds.). The Sage handbook of qualitative research, 443-466.

Surat Edaran Kemendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). (n.d.). Retrieved from https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/

Surat Edaran Nomor 420/569 Tahun 2020 Tentang Evaluasi Pelaksanaan Belajar Dari Rumah dan Penilaian Kelulusan Atau Kenaikan Kelas Bagi Siswa Didik Di Lingkungan Satuan Pendidikan Kota Surakarta. (n.d.). Retrieved from http://ppid.surakarta.go.id/wp-content/uploads/2020/03/SE-Wali-Kota-Surakarta-No.-420-569-Tahun-2020-Tentang-Evaluasi-Pelaksanaan-Belajar-Dari-Rumah-dan-Satuan-Pendidikan-Kota-Surakarta.pdf

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2021). Pencapaian perkembangan anak usia dini di taman kanak-kanak selama pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452-462.

Yuyun, S., & Saeba, M. (2021). Peran teknologi komunikasi dan orangtua terhadap pembelajaran daring di smp negeri 4 wonomulyo. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 139-147.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.