GAMBARAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA DINI

Yuanita Kristiani Wahyu Widiastuti, Upik Elok Endang Rasmani, Ruli Hafidah

Abstract

Kecerdasan logika matematika anak usia dini merupakan suatu kemampuan yang memahami angka, konsep dan bentuk serta pola dalam memecahkan masalah di sekitarnya dengan berdasarkan penalaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun di TK Gugus 2 Aster Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Metode penelitian menggunakan survey. Subjek  penelitian sebanyak 96 anak usia 5-6 tahun. Analisis data deskriptif kuantitatif disajikan dalam bentuk persentase grafik hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan ecerdasan logika matematika berkembang dalam kategori baik dimana rata-rata anak sudah berkembang sesuai harapan ditunjukkan dengan kemampuan anak dalam memecahkan masalah dalam kehidupan, melakukan kegiatan eksploratif, mengklasifikasikan bendavberdasarkan bentuk, warna dan ukuran, mengurutkan benda berdasarkan seriasi, mengenal konsep perhitungan tambah dan kurang serta kemampuan mengetahui konsep bilangan dan lambang bilangan.

Keywords

kecerdasan logika matematika; anak usia dini; gambaran

Full Text:

PDF

References

Suminar, A., & Ashshidiqi, A. (2020). Mengembangkan kecerdasan logika matematika dengan menggunakan media realia pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina. Jurnal Jendela Bunda, 7(2), 22-33.

Amstrong, T. (2009). Multiple intelligences in the classroom. Alexandria: ASCD.

Arifudin, O., Hasbi, I., Setiawati, E., Ma’sumah, Supeningsih, Lestariningrum, A., … Sidik, N. A. (2021). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Bandung: Penerbit Widina Bhakti Persada.

Dahlia, M. (2018). Pengaruh metode proyek terhadap kemampuan sosial anak kelompok A di RA al Chusnaniyah Surabaya tahun ajaran 2017-2018. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 67-74. Doi:10.30651/pedagogi.v4i1.3606.

Fathonah, M. F., Wahyuningsih, S., & Syamsuddin, M. M. (2020). Efektivitas media audio-visual terhadap kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun. Kumara Cendekia, 8(2), 142-154. Doi:10.20961/kc.v8i2.39789.

Gardner, H. (1993). Multiple intelligences: the theory in practice. New York: Basic Book.

Hidayah, R. N. (2015). Pendidikan anak usia dini perspektif Ki Hajar Dewantara. Jurnal Studi Islam dan Sosial, 9(2). Doi:10.56997/almabsut.v9i2.89.

Indriati, N. U. (2016). Instrumen tes kecerdasan logika-matematika PAUD PPS. JPUD: Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(1), 171-183. Doi:10.21009/JPUD.101.10.

Lestariningrum, A., & Handini, M. C. (2017). Analisis pengembangan kecerdasan logis matematis anak usia 5-6 tahun menggunakan permainan tradisional. JPUD: Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 215-225. Doi:0.21009/jpud.112.02.

Malapata, E., & Wijayaningsih, L. (2019). Meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 4-5 tahun melaui media lumbung hitung. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 283-293. Doi:10.31004/obsesi.v3i1.183.

National Association for the Education of Young Children. (1996). Technology and young children—ages 3 through 8: A position statement of the national association for the education of young children. Washington DC: NAEYC.

Nur, R. D. (2019). Logical-mathematics intellegence in early childhood. International Journal of Social Science and Humanity, 8(4), 105-109. Doi:10.18178/ijssh.2018.v8.944.

Piaget, J. (2013). Play, dreams, and imitation in childhood. London: Routledge.

Quigley, C. F., & Hero, D. (2016). Finding the joy in the unknown: Implementation of STEAM teaching practices in middle school science and math classrooms. Journal of Science Education and Technology, 25, 410-426. Doi:10.1007/s10956-016-9602-z.

Ruswiyani, E. (2018). Peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melaui permainan kartu angka anak usia 5-6 tahun di TK Tunas Kasih Kota Makassar. Algazali International Journal of Educational Research, 1(1), 57-68. Doi:10.59638/aijer.v1i1.100.

Suarca, K., Soetjiningsih, S., & Ardjana, I. E. (2005). Kecerdasan majemuk pada anak. Sari Pediatri, 7(2), 85-92. Doi:10.14238/sp7.2.2005.85-92.

Riduwan & Sunarto. (2017). Pengantar statistika untuk penelitian pendidikan, sosial, komunikasi, ekonomi. Bandung: Alfabeta.

Zulfairanatama, G., & Hadi, S. (2013). Kecerdasan logika-matematika berdasarkan multiple intelligences terhadap kemampuan matematika siswa SMP di Banjarmasin. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 18-26.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.