PROFIL MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI TK GUGUS CUT MUTIA

Noviyani Ratin Suryaningsih, Upik Elok Endang Rasmani, Nurul Shofiatin Zuhro

Abstract

Manajemen sarana dan prasarana merupakan sumber daya yang penting dalam menentukan proses pendidikan disekolah dan merupakan standar penting yang ditetapkan sebagai proses keberhasilan program pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sarana dan prasarana di TK Gugus Cut Mutia Kecamatana Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan memadukan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif (mix methods). Subjek penelitian ini adalah TK di Gugus Cut Mutia berjumlah 7 TK. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Aspek yang digunakan dikonsultasikan kepada ahli kemudian dilakuakn uji validitas dengan menggunakan spss 25 of windows. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif mencakup penggunaan angka persentase dari perhitungan hasil observasi (kuantitatif) dan menganalisis data manajemen sarana dan prasarana (kualitatif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum manajemen sarana dan prasarana di TK Gugus Cut Mutia termasuk dalam kriteria layak dengan perbedaan setiap aspek sebagai berikut : 1) aspek pengelolaan sarana dan prasarana berada pada kategori L (layak); 2) aspek pengadaan sarana dan prasarana berada pada kategori L (Layak); 3) aspek pendistribusian dan pemanfaatan sarana dan prasarana berada kategori CL (Cukup Layak); 4) aspek pemeliharaan sarana dan prasarana berada pada kategori L (Layak); dan 5) aspek penghapusan sarana dan prasaraa pendidikan berada pada ketegori L (Layak).

Keywords

Profil, Manajemen, Sarana dan Prasarana

Full Text:

PDF

References

Alkhadri, H., A, H., & Tia A, Y. S. (2018). Essentiality of management of facilities and infrastructure toward a number of students of early years institution. Advances in Social Science, Education and Humanities Reseacrch (ASSEHR), 169, 77-79. http://creativecomons.org/licenses/by-nc/4.0/).

Ananda, R., & Banurea, O. K. (2017). Manajemen sarana dan prasarana pendidikan. Medan: CV. Widya Puspita

Arikunto, S. (2018). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Indrawan, I. (2015). Pengantar manajemen sarana dan prasarana pendidikan. Yogyakarta : Deepublish.

Malyani, I. (2018). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media permainan kartu huruf anak kelompok B di TK ABA miliran kelurahan mujamuju. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 111-118.

Nasrudin, & Maryadi. (2019). Manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam pembelajaran di SD. Journal manajemen sarana dan prasarana, ISSN : 1907-4034.

Ningsih, D. (2019). Manajemen sarana dan prasarana di TK Ananda kecamatan penengahan kabupaten lampung selatan. Lampung : UIN Raden Intan Lampung.

Qomar, M. (2007). Manajemen pendidikan islam. Malang: Erlangga.

Ristianah, N. (2018). Perencanaan sarana dan prasarana pendidikan (studi di PAUD Dusun Sholihin Tanjunganom, Nganjuk). Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 65 .

Sambodo, D. (2019 ). Pengelolaan sarana prasarana sekolah (MPPKS-SAR). Jakarta : Direktor Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan .

Sari, P. R. (2019). Dampak akreditasi terhadap mutu PAUD di KB Al Amin desa sumber bendo kecamatan bantur kabupaten malang. Jurnal Tinta , 1(1), .

Trisnawati, H, C. Z., & U, N. (2019 ). Manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SD Negeri Lamteubee Aceh Besar. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 7(1), 62-69.

Wicaksono, S., Supriyanto, A., Sunandar, A., & Malang, U.N. (2019). Hubungan pemberian fasilitas pendukung pendidikan gratis dengan motivasi belajar peserta didik sekolah menengah pertama Amp: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan 2, 238-246.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.