PERBEDAAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DITINJAU DARI STATUS PEKERJAAN ORANG TUA

Sri Umi Ayu wahyuni, Adriani Rahma Pudyaningtyas, Jumiatmoko Jumiatmoko

Abstract

Kemandirian pada anak yaitu keterampilan anak untuk memiliki inisiatif dalam merencanakan dan mengatur perilaku dalam melakukan kegiatan sehari-hari sesuai dengan perkembangannya.  Anak yang mandiri dapat membantu dirinya untuk tidak banyak bergantung dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemandirian anak usia 4-5 tahun ditinjau dari status pekerjaan orang tua. Status pekerjaan orang tua diduga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kemandirian anak. Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian komparasi. Peneliti membatasi masalah pada perbedaan kemandiriian anak usia 4-5 tahun ditinjau dari status pekerjaan orang tua. Kategori orang yang bekerja sendiri yaitu melakukan pekerjaan selama 1 jam berturut-turut selama satu minggu untuk memperoleh pendapatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple random sampling. Sebanyak 40 anak dengan ayah dan ibu bekerja serta 52 anak dengan ayah bekerja dan ibu tidak bekerja sehingga total sampel yang digunakan sebanyak 92 anak. Data yang sudah terkumpul selanjutnya dilakukan uji prasyarat analisis. Uji normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov  dan uji homogenitas menggunakan Levene test. Perhitungan uji tersebut dilakukan dengan bantuan SPSS 25 for windows. Hasil hipostesis menunjukkan bahwa nilai signifikan menunjukkan angka 0,034. Nilai signifikan 0,034 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak sehingga terdapat perbedaan kemandirian anak usia 4-5 tahun ditinjau dari status pekerjaan orang tua.

Keywords

Kemandirian, orang tua bekerja, orang tua tidak bekerja

Full Text:

PDF

References

Chairilsyah, Daviq. (2019). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3 (1). 88-98.

Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Geofanny, R. (2016). Perbedaan Kemandirian Anak Usia Dini Ditinjau Dari Ibu Bekerja dan Ibu Tidak Bekerja. Psikoborneo, 4(4), 464–470.

Hanum, C. F. (2015). Dampak Ibu Bekerja terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Pada Lingkungan Belajar Kanak-kanak Umur 5 Tahun di Banda Aceh, Indonesia. Fakultas Pendidikan dan Pembangunan Manusia, Universitas Pendidikan Sultan Indris, 2(2), 27–35.

Kusuma, L. (2017). Perbedaan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau dari Status Bekerja Ibu di TK Se-Kelurahan Tamanagung Muntilan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Lestari, B. (2006). Upaya Orang Tua dalam Pengembangan Kreativitas Anak. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 3, 17–24.

Maria, I., & Amalia E. R. (2018). Perkembangan Aspek Sosial Emosional dan Kegiatan Pembelajaran Sesuai untuk Anak Usia 4-6 tahun.

Nasucha, Azizatin, Tri Astuti Nur’aini & Prita Indriawati. (2019). Perbedaan Kemandiriarn Anak Usia Pra Sekolah Ditinjau dari Ibu Bekerja dan Ibu Rumah Tangga di Sekolah Alam Jabalussalam Balikpapan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Edueco, 2 (1), 1-4.

Rizqi, Q. (2019). Dampak Orang Tua Bekerja terhadap Kemandirian Anak di Kawasan Perkebunan PTPN XII Sumberjambe Kabupaten Banyuwangi. Universitas Jember.

Robson, E. (2006). How Can Autonomy Be Achieved In School?. Early Child Development and Care, 79(1), 73–88.

Rukmandari, Oktavika Dewi, Sumardi & Sima Mulyadi. (2020). Upaya Melatih Kemandirian Pada Anak Berdasarkan Orang Tua yang Bekerja. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3 (5), 457-467.

Rusmayadi. (2017). Pengaruhh Kecerdasan Intrapersonal, Kepercayaan Diri, Keterampilan Sosial dan Kemandirian terhadap Kedisiplinan Anak Usia Dini (Studi Kausal pada TK di Kota Makassar 2017).

Sari, Anggun Kumayang, Nina Kurniah & Anni Suprapti. (2016). Upaya Guru untuk Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini di Gugus HIPORBIA. Jurnal Ilmiah Potensia, 1 (1), 1-6.

Suardani, Luh, Ketut Pudjawan, & L. A. T. (2016). Perbedaan Tingkat Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Dilihat dari Status Pekerjaan Ibu di Kelurahan Banyuning. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2).

Susan, T. Fiske, Daniel T. & Gilbert, G. L. (2010). The Handbook of Social Psychological. The Macmillan Limited Publishing.

Utina, Jeane, S. P. & E. T. (2012). Hubungan Antara Status Bekerja Ibu dengan Pencapaian Tumbuh Kembang Anak Usia Batita di Kelurahan Maasing Kecamatan Tuminting Kota Manado. JUIPERDO, 1(1), 18–22.

Wiltshire, A. H. (2016). The Meanings of Work in a Public Work Scheme in South Africa. International Journal of Sociology and Social Policy, 36(1/2).

Wiyani, N. A. (2012). Bina Karakter Anak Usia Dini: Panduan Orangtua dan Guru dalam Membentuk Kemandirian dan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.