PROSES KREATIF GURU PAUD DALAM MERANCANG MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL

Nurul Ma'rifah, Warananingtyas Palupi, Jumiatmoko Jumiatmoko

Abstract

Proses kreatif yaitu proses dalam menciptakan suatu karya, guru dalam menciptakan media pembelajaran harus melewati proses kreatif terlebih dahulu. Melewati tahapan proses kreatif menjadikan media yang dibuat guru lebih maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: (1) proses kreatif guru PAUD dalam merancang media pembelajaran visual, (2) kendala dalam merancang media pembelajaran visual. Penelitian ini dilaksanakan di TK Al Huda Kerten. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif metode studi kasus, dengan menggunakan teknik pengambilan berupa wawancara semiterstruktur, observasi partisipatif dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan model analisis interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sumber data pada penelitian ini adalah guru kelas B2. Penelitian ini menggunakan indikator proses kreatif dari Wallas yang terdiri dari 4 tahapan diantaranya tahap persiapan, tahap inkubasi, tahap iluminasi, tahap verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru sudah melalui empat tahap proses kreatif dari Wallas sesuai dengan indikator tahapan proses kreatif. Hasil proses kreatif yang dilakukan guru kelas B2 dalam merancang media pembelajaran visual terdiri dari tahap persiapan, guru mengamati masalah yang akan diselesaikan dan mengumpulkan referensi media pembelajaran, tahap inkubasi guru melakukan pertimbangan media visual yang akan digunakan dan mempersiapkan bahan juga melakukan modifikasi ide, tahap illuminasi guru melakukan modifikasi media yang telah dirancang dan melakukan proses menciptakan produk, Tahap verifikasi guru melakukan pengujian media kepada siswa dan mendapat respon positif. Kendala guru dalam merancang media beragam sesuai tingkat kesulitan media, waktu, dan kemampuan guru. adapun solusi dalam menghadapi kendala tersebut beragam sesuai dengan media yang dibuat.

Keywords

Proses Kreatif, Guru, Merancang Media Pembelajaran Visual

Full Text:

PDF

References

Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35-49.

Ajar, B., & PPG, P. P. G. (2010). Media pembelajaran anak usia dini. Bandung: Universitas Pedidikan Indonesia

Audina, M. (2020). Kreativitas guru dalam menciptakan gerak tari pada pembelajaran tematik kelas IV madrasah ibtidaiyah mahad islamy Palembang [Skripsi]. Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang.

Daehyun, K (2020) Four Ps of creativity: person, process, press, and product, encyclopedia of creativity (Third Edition). Academic Press, P. 516-520

Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal, 1(1), 81-96.

Fadhilah, F. (2015). Media pembelajaran yang cocok bagi anak-anak usia dini taman kanak-kanak. Serambi Tarbawi, 3(2).21-40

Folch, T. M., Pereira, R. C., & Icart, I. B. (2019). Exploring the creative process in architecture students and professionals. Thinking Skills and Creativity, 34, 100608.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana,J. 2014. Qualitative data analysis, a methods sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Nurhayati, N. (2018). Pemilihan media pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Undang-Undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., dan Harjito. (2014). Media pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Santrock. (2011). Educational psychology. New York: McGraw-Hill Companies.

Sari, Y., Zaman, B., & Setiasih, O. (2018). Profil kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, 15(2), 103-112

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah al-Awlad, 8(2), 107-117.

Susanto, A. 2016. Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.