PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING MELALUI APLIKASI WHATSAPP DI BA AISYIYAH JURUG

Risa Yauma Nur Janati, Warananingtyas Palupi, Nurul Shofiatin Zuhro

Abstract

Merebaknya virus corona yang menghambat bidang pendidikan, memicu terimplementasikannya pembelajaran daring terkhusus untuk anak usia dini. Hal ini menimbulkan perubahan sistem pembelajaran, yang menuntut banyak pihak untuk terlibat. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan pembelajaran daring anak usia dini melalui aplikasi WhatsApp yang meliputi pelaksanaan dan dukungan orangtua di BA Aisyiyah Jurug. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian melibatkan pendidik, orangtua, dan anak. Data berasal dari hasil wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Teknik uji validitas data dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan uji validitas eksternal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring anak usia dini melalui aplikasi WhatsApp di BA Aisyiyah Jurug didukung LKA telah disosialisasikan dan disepakati bersama orangtua. Pendidik mempersiapkan materi kegiatan satu hari sebelumnya. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring dibimbing pendidik melalui teks bimbingan dan gambar untuk kelompok B yang sudah memahami pembelajaran. Sedangkan pelaksanaaan kelompok A, bimbingan ditambah video tutorial agar orangtua merasa tidak kesulitan karena anak masih belum terbiasa mengerjakan kegiatan pembelajaran. Pendidik memberikan respon terhadap hasil kegiatan sehingga anak termotivasi. Dukungan orangtua sangat diperlukan dalam membimbing pembelajaran daring anak. Pembelajaran dilakukan fleksibel, menimbang adanya orangtua bekerja. Meskipun pembelajaran daring membutuhkan keterlibatan banyak pihak dan teknologi, namun pembelajaran daring di BA Aisyiyah Jurug dapat terlaksana dengan baik.

Keywords

pelaksanaan pembelajaran daring, WhatsApp, dukungan orangtua

Full Text:

PDF

References

Bilfaqih, Y. & Qomarudin, N. (2015). Esensi pengembangan pembelajaran daring. DIY: Deepublish.

Catinkaya, L. (2017). The impact of whatsapp use on sucess in education process. Journal of international review of research in open and distributed learning, 18(7), 59-74.

Cahyati, N. & Kusuma, R. (2020). Peran orangtua dalam menerapkan pembelajaran di rumah saat pandemi covid 19. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 4(1), 152-159.

Church, K. & de Oliveira, R. (2013) What’s up with whatsapp? Comparing mobile instant messaging behaviors with traditional SMS. Prosiding of 15th International Conference on Human-Computer Interaction with Mobile Devices and Services, 352-361.

Dikdas. (2021). Modul belajar mandiri calon guru bidang studi TK/PAUD. Jakarta: Direktorat GTK Pendidikan Dasar.

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Panduan pembelajaran jarak jauh. Jakarta: Kemendikbud.

Jumiatmoko. (2016). Whatsapp messenger dalam tinjauan manfaat dan adab. Journal of Wahana Akademika, 3(1), 51–66.

Listriawati, N., Siswantari., Suryawati, D., & Murdiyaningsih, Y. (2020). Adaptasi pembelajaran pada PAUD di masa pandemi covid-19. Jakarta: Pusat penelitian kebijakan badan penelitian dan pengembangan dan perbukuan kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Mervin, W. (2003). The reliationship of character education implementation and academic achievement. Jurnal of Research, 5(1), 19-32.

Muhammad, H. (2020). Rencana pelaksanaan pembelajaran. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., & Sayekti, L. (2019). Formasi model perkuliahan daring sebagai upaya menekan disparitas kualitas pergutuan tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151-160.

Nasution. (2008). Berbagai pendekatan dalam proses belajar & mengajar. Cetakan keduabelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Nizam dan Junaidi, A. (2020). Booklet pembelajaran daring. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.

Rahartri. (2019). Whatsapp media komunikasi efektif masa kini: studi kasus pada layanan jasa informasi ilmiah di kawasan puspiptek. Jurnal visi pustaka (21)2, 147-155.

Santrock, J. W. (2002). Psikologi pendidikan: terjemahan Tri Wibowo (2010). Jakarta: Kencana.

Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Diperoleh 2 Februari 2021, dari https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-40tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/

Surat Edaran Nomer 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Deseas (COVID-19). Diperoleh 2 Februari 2021, dari https://dispendik.surabaya.go.id/pengumuman/2020/surat-edaran-nomer-15-tahun-2020-tentang-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah/

Zaman, B., & Eliyawati, C. (2010). Bahan ajar PPM media pembelajaran anak usia dini. Bandung: Unviversitas Pendidikan Indonesia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.