EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN UNO STACKO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Ariel Karunia Cantika, Upik Elok Endang Rasmani, Nurul Kusuma Dewi

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran UNO Stacko dalam meningkatkan kemampuan pengenalan konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian eksperimen yang dilakukan dalam jenis penelitian true experimental, dengan desain penelitian Pretest-Posttest One Group Design dengan memilih satu kelompok yaitu kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu tes dan dokumentasi. Teknik uji validitas dalam penelitian ini menggunakan angket yang mengacu pada indikator menurut ahli, kemudian instrumen yang telah dinyatakan valid oleh expert judgment akan di uji coba kepada kelompok uji coba instrumen yaitu kelompok eksperimen. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan statistik parametrik Uji T dengan paired t-test untuk mengetahui perbandingan hasil dari sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) perlakuan kepada kelompok eksperimen. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini membuktikan bahwa media pembelajaran UNO Stacko efektif dalam meningkatkan kemampuan pengenalan konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun. Media pembelajaran UNO Stacko dapat meningkatkan kemampuan pengenalan konsep bilangan pada anak dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang meningkat sebanyak 6,24% dari hasil pre-test yang pada awalnya 23,00% kemudian setelah diberikan perlakuan dan melakukan post-test meningkat menjadi 29,24%. Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran UNO Stacko efektif dapat meningkatkan kemampuan pengenalan konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun.

Keywords

Konsep Bilangan, Media Pembelajaran UNO Stacko, Anak Usia 5-6 tahun

Full Text:

PDF

References

Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group.

Arsyad, Azhar. (2016). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Graffindo Persada

Beaty, Jenice J. (2013). Observasi perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Edward, C., Sopandi, A.A., & Kasiyati, K. (2018). Pengelolaan kelas inklusif dalam pembelajaran bagi anak berkesulitan belajar. Jurnal Pendidikan, 2(1): 53-58.

Larasati, M.S., Prihatnani, E. (2018). Pengembangan media pembelajaran UNO Stacko hitung. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 150-161.

Prasetyo. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis CAI. Jurnal Pendidikan 4(1), 103-108.

Rahman, dkk. (2017). Peningkatan kemampuan anak usia dini mengenal konsep bilangan melalui media flashcard. Jurnal PAUD Agapedia 1(1).

Ramaini, R. (2012). Peningkatan kemampuan pengenalan konsep bilangan melalui permainan tabung pintar. Jurnal Pesona PAUD. 1(1), 1-12.

Rizkillah, Brillian, Rosy. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis permainan UNO stacko. Surabaya: Universitas Surabaya

Sudaryanti. (2006). Pengenalan matematika anak usia dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.