PERAN ORANG TUA YANG BEKERJA DALAM AKTIVITAS BELAJAR DARI RUMAH UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN (STUDI FENOMENOLOGI DI DESA TEMPEL, KECAMATAN GATAK, KABUPATEN SUKOHARJO)

Dian Rahmawati, Warananingtyas Palupi, Adriani Rahma Pudyaningtyas

Abstract

Aktivitas belajar bagi anak usia dini yang semula diselenggarakan di sekolah secara tatap muka berubah dengan kebijakan aktivitas belajar dari rumah (BDR), karena munculnya virus Covid-19 yang secara cepat menjadi pandemi global. Peran guru di sekolah beralih kepada orang tua di rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk aktivitas BDR yang dilakukan anak, mengetahui jenis pendampingan yang diberikan orang tua yang bekerja selama aktivitas BDR dan megetahui penerapan pola asuh selama aktivitas BDR pada anak usia 5-6 tahun di Desa Tempel, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Milles and Huberman sedangkan uji validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber serta member checking. Hasil penelitian ini sebagai berikut, Pertama, anak melakukan aktivitas BDR secara luring dengan pendampingan orang tua dan bentuk aktivitas BDR yang dilakukan anak sebagian besar langsung pada inti pembelajaran. Kedua, orang tua di desa Tempel melakukan upaya pendampingan kepada anak selama BDR sebagai pendidik, teman, pendorong, fasilitator, konselor dan panutan. Ketiga, orang tua di desa Tempel menerapkan beragam pola asuh diantaranya permisif, demokratis, otoriter, dan campuran.

Keywords

aktivitas BDR, peran orangtua, pendampingan, pengasuhan

Full Text:

PDF

References

Agusriani, A., Fauziddin, M. (2021). Strategi orangtua mengatasi kejenuhan anak belajar dari rumah selama pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729-1740.

Anggraeni, C. S., Hidayati, N., Khoirulliati, K., & Farisia, H. (2020). Trend pola asuh orang tua dalam model pembelajaran blended learning pada masa pandemi covid-19. Al Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education,4(2), 109-119.

Anggraeni, R.N., Fakhriyah, F., & Ahsin, M.N. (2021). Peran orang tua sebagai fasilitator anak dalam proses pembelajaran online di rumah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 105-117.

Audina, N. & Yaswinda. (2021). Pola asuh orang tua di masa pandemi covid 19 di taman kanak-kanak aisyiyah bustanul athfal tapan kabupaten pesisir selatan. Jurnal CARE, 9 (1), 72.

Averill, R., Metson, A., & Bailey, S. (2016). Enhancing parental involvement in student learning. Curriculum Matters, 12. 109–131.

Baumrind, D. (1967). Praktik perawatan anak yang mendahului tiga pola perilaku prasekolah. Monograf Psikologi Genetik, 75, 43-88.

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran orang tua dalam menerapkan pembelajaran di rumah. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi , 4(1), 152-159.

Dariyo, Agoes. (2004). Psikologi perkembangan dewasa muda. Jakarta: Grasindo.

Djamarah, S.B. (2014). Pola asuh orang tua dan komunikasi dalam keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Epstein, J. L., & Becker, H. J. (2018). Teachers’ reported practices of parent involvement: Problems and possibilities. School, Family, and Community Partnerships, Student Economy Edition: Preparing Educators and Improving Schools, 83(2), 115–128.

Harjati. (2013). Peran orang tua dalam kepribadian anak. Jakarta: Permata Pustaka.

Jumriani. (2018). Pengaruh tingkat ekonomi dan status sosial orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SD muhammadiyah rappocini kota Makassar. Makassar : Pendidikan Agama Islampada Pascasarjana UIN Alauddin Makassar.

Lase, D., Zaluchu, S. E., Daeli, D. O., & Ndraha, A. (2020). Parents' perceptions of distance learning during covid-19 pandemic in rural indonesia.

Lilawati, A. (2020). Peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,5(1), 549.

Lilawati, A. (2021). Peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 554-555.

Luthfi, E., & Ahsani, F. (2020). Strategi orang tua dalam mengajar dan mendidik anak dalam pembelajaran at the home masa pandemi covid 19. Al-Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 37–46.

Martinis, Y. (2007). Kiat membelajarkan siswa. Jakarta : Gaung Persada Press dan Center for Learning Innovation.

Palusci, S., & Doom, J. (2020). Stress and parenting during the global covid 19 pandemic. PsyArXivPreprints, 1-41.

Parker, P. & Arthur, M. (2004). Giving voice to the dual-career couple. British Journal of Guidance & Counseling, 32(1).

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Raley, S., McDaniel., & Westminster, M.D. (2015). Marriage and the dual-career family. International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences, 2(14), 605.

Sa`diyah, H. (2021) Berperan sebagai sahabat belajar bagi anak di masa pandemi covid-19. Suka duka mendampingi anak belajar di masa pandemi. Tulungagung : Satu Press, hlm 221-229.

Sadiman, A. S, Raharjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2011). Media pendidikan pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Segala, S. (2009). Supervise pembelajaran dan profesi pendidikan. Bandung:Alfabeta.

Shochib, Moh. (2010). Pola asuh orang tua (dalam membantu anak mengembangkan disiplin diri). Jakarta: Rineka Cipta.

Sihabudin, M. (2015). Peranan orang tua dalam bimbingan konseling siswa. Jurnal Kependidikan, 3(2), 133 135.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Jakarta : Kemendikbud.

Syamaun, Nurmasyitah. (2012). Dampak pola asuh orang tua terhadap kecenderungan perilaku agresif siswa. Jakarta : Rineka Cipta.

Tabiin. (2020). Problematika stay at home pada anak usia dini ditengah pandemi. Jurnal Golden Age, 4(1), 2549-7367.

Thoha, Chabib. (1996). Kapita Selekta Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Tulus

Thomas, A. & Chess, S. (1977). Temperamen' and Development. Brunner Mazel, New York.

Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan anak dalam keluarga era covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823–831.

Valeza, A.R. (2017). Peran orang tua dalam meningkatkan prestasi anak di perum tanjung raya permai kelurahan pematang wangi kecamatan tanjung senang bandar lampung. Lampung: Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam UIN Raden Intan Lampung.

Wardani, A., Ayriza, Y. (2021). Analisis kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 775.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.