PERAN POLA ASUH NENEK TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH KARANGASEM

Sekar Aninda Nugrahaeni Putri, Ruli Hafidah, Anjar Fitrianingtyas

Abstract

Pola asuh merupakan cara yang digunakan oleh seorang pengasuh untuk menjaga dan merawat anak agar dapat terbentuk karakternya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran pola asuh yang digunakan nenek terhadap kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Karangasem. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif naratif. Data dalam penelitian ini terbagi menjadi 2, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dengan nenek, hasil wawancara dengan anak, video dan foto wawancara serta kegiatan anak. Sedangkan data sekunder berupa arsip-arsip kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun dari guru dan penjelasan tembahan dari guru mengenai kecerdasan interpersonal anak serta keadaan keluarga anak. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan yang terdiri atas nenek KN, nenek KR, anak KN, anak KR, serta guru kelas B. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis menurut Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian: Dikarenakan orang tua yang meninggal dunia dan sibuk bekerja, maka peran pengasuhan harus berpindah ke tangan nenek. Nenek menggunakan pola asuh otoritatif yaitu dengan mengajak anak untuk membuat peraturan bersama. Keterlibatan anak dalam pembuatan dan pelaksanaan peraturan mampu melatih kesadaran sosial, keterampilan sosial, dan komunikasi sosial anak. Meskipun hukuman tidak pernah diberikan, namun peneliti menyarankan agar nenek menjelaskan kesalahan anak dan memberikan contoh yang tepat.

Keywords

peran pola asuh, kecerdasan interpersonal

Full Text:

PDF

References

Apriastuti, D. A. (2013). Analisis tingkat pendidikan dan pola asuh orang tua dengan perkembangan anak usia 48-60 bulan. Jurnal Ilmiah Kebidanan.

Arismanto. (2008). Tinjauan berbagai aspek: character building (bagaimana mendidik anak berkarakter). Yogyakarta: Tiara Wacana.

Badingah. (2010). Agresifitas remaja kaitannya dengan pola asuh: tingkah laku agresif orang tua dan kegemaran menonton film keras. Depok: PPS UI.

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan. 203-213.

Eriyanti, I. O., Susilo, H., & Riyanto, Y. (2019). Analisis pola asuh grandparenting dalam pembentukan karakter anak di TK Dharma Wanita I desa drokilo kecamatan kedungadem kabupaten bojonegoro. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 9-16.

Fauziah, R. R., Kusuma, W., & Maryani, K. (2018). Perbedaan kemandirian anak ditinjau dari subyek pengasuhan orangtua dan kakek-nenek pada anak usia 5-6 tahun. JPP PAUD UNTIRTA.

Gardner, H. (1983). Frames of mind: the theory of multiple intelligences. USA: Basic Books.

Goleman, D. (2006). Social intelligence: the new science of human relationships. New York: Bantam Book.

Izzaty, R. E., & dkk. (2008). Perkembangan peserta didik. Yogyakarta: UNY Press.

King, A. L. (2010). Psikologi umum. Jakarta : Salemba Humanika.

Miles, M., Huberman, A., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: a methods sourcebook (3rd edition). New York: SAGE Publications, Inc.

Moleong, L. J. (2009). Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Putri, A. D., & Izzati. (2020). Pelaksanaan perkembangan kemandirian anak yang diasuh oleh Grandparent. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1270.

Rahayu, L. P. (2018). Pengaruh pola asuh orang tua dan kontrol diri terhadap perilaku agresif. Psikoborneo, 257-266.

Rahmawati, A., Fajrianthi, & Purwono, U. (2021). The psychometric properties of parenting styles and dimensions questionnaire-short from (PSDQ-SF) in Indonesia. International Journal of Evaluation and Research in Education.

Safaria. (2005). Interpersonal intelligence: metode pengembangan kecerdasan interpersonal anak. Yogyakarta: Amara Books.

Sary, Y. N. (2021). Cara asuh nenek pada anak usia dini di masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 327-333.

Silman, F., & Dogan, T. (2013). Social intelligence as a predictor of loneliness in the workplace. Spanish Journal of Psychology, 1-6.

Sonera, S. (2013). Hubungan antara pola asuh orang tua dengan disiplin siswa di sekolah. Jurnal Ilmiah Konseling.

Taganing, N. M., & Fortuna, F. (2010). Hubungan pola asuh otoriter dengan perilaku agresif pada remaja. . Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.

Utami, A. D. (2012). Peningkatan kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal melalui pembelajaran project approach. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI.

Vatmala, T. (2017). Mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia dini melalui metode bermain peran di PAUD BINA INSANI LAMBU KIBANG TULANG BAWANG BARAT.

Vona, A., & Aviory, K. (2020). Peran pola asuh orang tua dalam membentuk konsep diri pada anak . Talenta Jurnal Psikologi.

Waluyo, A. N., Permanasari, A. T., & Rosidah, L. (2017). Meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun melalui permainan tradisional. JPP PAUD UNTIRTA.

Yanuarsari, R., Muchtar, S. H., & Nurapriani, R. (2019). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan kecerdasan interpersonal anak usia dini di TK mekar arum kota bandung. Community Education Departemen.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.