PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP STORYBOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 4-5 TAHUN

Hanifah Nur Hasanah, Siti Wahyuningsih, Warananingtyas Palupi

Abstract

Kemampuan menyimak merupakan kemampuan mendengarkan secara aktif untuk memperoleh dan memproses informasi. Kemampuan ini memerankan peran kunci dalam keberhasilan literasi dan pengembangan berbagai kemampuan bahasa lainnya serta dalam melakukan kontak sosial terhadap lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak melalui media pembelajaran pop-up storybook pada anak 4-5 tahun TK Aisyiyah 33 Purwodiningratan. Jenis penelitian ini yakni penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak usia 4-5 tahun dengan jumlah 15 anak yang terdiri 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik uji validitas kualitatif dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik serta uji validitas data kuantitatif menggunakan pakar atau expert judgement. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan teknik statistik deskriptif dan analisis data kualitatif menggunakan analisis model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran pop-up storybook dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak dalam memusatkan perhatian selama 12-14 menit, menceritakan kembali secara sederhana, menyebutkan tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita. Hasil peningkatan persentase pada pra tindakan hanya diperoleh ketuntasan yakni sebesar 46,60%, setelah adanya tindakan siklus I diperoleh ketuntasan sebesar 66,65% kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar10% menjadi 76,65%. Uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran pop-up storybook dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada anak 4-5 tahun TK Aisyiyah 33 Purwodiningratan.

Keywords

menyimak, media pembelajaran pop-up storybook, anak usia dini, anak usia 4-5 tahun

Full Text:

PDF

References

, J. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Bourdeaud’hui, H., Aesaert, K., Van Keer, H & van Braak, J. (2018). Indentifying Student and Classroom Caharacteristic Related to Primary School Students’ Listening Skill: A Systematic Review. Educational Research Review, 25: 86-99.

Depdiknas. (2014). Permendiknas Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dickinson, D. K., & Porche, M. V. (2011). Relation between language experiences in preschool classrooms and children’s kindergarten and fourth-grade language and reading abilities. Child Development, 82, 870-886.

Dzuanda. (2011). Perancangan Buku Cerita Anak Pop-Up Tokoh-Tokoh Wayang Berseri, Seri”Gatotkaca”. Jurnal Library ITS Undergraduate.

Hanifah, U.T. (2017). Pemanfaatan Media Pop-Up Book Berbasis Tematik untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen di TK Negeri Pembina Bulu Temanggung). Early Childhood Education Papers (Belia), 2 (3).

Hopper, J. (2007). An exploratory essay on listening instruction in the K-12 curriculum. International Journal of Listening, 12, 81–105.

Janusik, L. (2007). Building listening theory: The validation of the conversational listening span. Communication Studies, 58, 139–156.

Montanaro, Ann. (2009). A Concise History of Pop-up and Movable Books.

Putri, M.S., Wahyuningsih, S., Hafidah, R. (2018). Pop-Up Cards for Early Childhood Learning. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 1 (1): 476-480.

Rahmawati, S., Rahman., Sopandi, W., Darmawati, B. (2018). Pop-Up Book in Reading Comprehesion Ability Context in Thematic Learning.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tampubolon, S. M. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik Dan Keilmuan. Yogyakarta: Penerbit Erlangga.

Umam, N.K., Bakhtiar, A.M., Iskandar, H. (2019). Pengembangan Pop Up Book Berbahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Jurnal Pendidikan Dasar, 1 (2): 01-11.

Wati, R (2015). Upaya Meningkatkan Perhatian Anak Melalui Metode Bercerita dengan Media Boneka Tangan pada Anak Kelompok B TK Nurul Ibadah Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1): 114-123.

Zauche, L.H., Mahoney, A.E., Zauche., M.S., Stapel-wax, J.L. (2007). The Power of Language Nutrition for Children’s Development, Health, and Future Academic Achievement. National Association of Pediatric Nurse Practitioners. doi: 10.10.16/j.pedhc.2017.07.007.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.