HUBUNGAN PENGAJARAN PENDIDIKAN KEUANGAN DENGAN KEMAMPUAN LITERASI KEUANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN

Servina Arianti, Muhammad Munif Syamsuddin, Jumiatmoko Jumiatmoko

Abstract

Pengajaran pendidikan keuangan merupakan kegiatan memberikan pengajaran terkait keuangan kepada peserta didik dengan memperhatikan materi dan usianya sehingga kemampuan literasi keuangan anak dapat terstimulasi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara pengajaran pendidikan keuangan dengan kemampuan literasi keuangan anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2021 dengan jumlah populasi sebanyak 22 anak dengan rentang usia 4-5 tahun di 3 lembaga TK di Gugus 3, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan jenis sampling jenuh atau sensus. Pengambilan data dilakukan melalui persebaran kuesioner yang diisi oleh guru kelas A dan orang tua.  Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan uji Corrected Item-Total Correlation dan Uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach's Alpha. Uji hipotesis menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Hasil hipotesis korelasi Pearson Product Moment menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,037 < 0,05, yang berarti terdapat hubungan antara pengajaran pendidikan keuangan dengan kemampuan literasi keuangan anak usia 4-5 tahun. Nilai koefisien korelasi yang didapatkan sebesar 0,447, tergolong pada kategori sedang. Arah hubungan juga menunjukkan tanda yang positif (+), artinya memiliki arah hubungan searah. Jika pengajaran pendidikan keuangan tinggi dan maksimal, maka kemampuan literasi keuangan anak akan meningkat.

Keywords

pengajaran pendidikan keuangan, kemampuan literasi keuangan anak, anak usia 4-5 tahun

Full Text:

PDF

References

Ariyani, D. (2018). Pendidikan Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Purwokerto. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 13(2), 175-190.https://doi.org/10.24090/yinyang.v13i2.2100

Asnawi, M., Matani, C., & Patma, K. (2019). Pengenalan Pendidikan Literasi Keuangan bagi Anak Usia Dini pada Kelas Binaan Jurusan Akuntansi di Buper. The Community Enggagement Journal, 2(1), 1–8.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas (4th ed.). Pustaka Pelajar.

Deng, H.-T., Chi, L.-C., Teng, N.-Y., Tang, T.-C., & Chen, C.-L. (2013). Influence of Financial Literacy of Teachers on Financial Education Teaching in Elementary Schools. International Journal of E-Education, e-Business, e-Management and e-Learning, 3(1), 68. https://doi.org/10.7763/ijeeee.2013.v3.195

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. (2019). Pedoman Pendidikan Sosial Finansial Di Satuan PAUD. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Grohmann, A., Kouwenberg, R., & Menkhoff, L. (2015). Childhood roots of financial literacy. Journal of Economic Psychology, 51, 114–133. https://doi.org/10.1016/j.joep.2015.09.002

Jayaraman, J. D., Jambunathan, S., & Adesanya, R. (2018). Financial literacy and classroom practices among early childhood and elementary teachers in India and the US. Education 3-13, 47(6), 746–759. https://doi.org/10.1080/03004279.2018.1533030

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Materi Pendukung Literasi Finansial. In Gerakan Literasi Nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2007). Baby Boomer retirement security: The roles of planning, financial literacy, and housing wealth. Journal of Monetary Economics, 54(1), 205–224. https://doi.org/10.1016/j.jmoneco.2006.12.001

Mundir, A. (2018). Penerapan Pendidikan Financial Pada Anak Usia Sekolah. Al-Mudarris: Journal Of Education, 1(2), 108–120. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v1i2.178

OJK. (2020). Menumbuhkan Kecakapan Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini. Otoritas Jasa Keuangan.

Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar PAUD Nasional. (n.d.).

Pujianti, T., Syaodih, E., & Djoehaeni, H. (2019). Peran Orang Tua Dalam Melakukan Financial Education Pada Anak Usia Dini. Edukids, 16(2), 99–108. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i2.19796

Rapih, S. (2016). Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak Mengapa dan Bagaimana? Scholaria Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 14–28. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p14-28

Roos, V., Chiroro, P., van Coppenhagen, C., Smith, I., van Heerden, E., Abdoola, R. E., Robertson, K., & Beukes, C. (2005). Money adventures: Introducing economic concepts to preschool children in the South African context. Journal of Economic Psychology, 26(2), 243–254. https://doi.org/10.1016/j.joep.2004.08.001

Santana, T., & Zahro, I. F. (2020). Hubungan Pelibatan Keluarga Terhadap Kemampuan Pendidikan Sosial Finansial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.25299/jge.2020.vol3(1).5249

Seefeldt, C., Castle, S., & Falconer, R. C. (2010). Social Studies for the Preschool/Primary Child (Ninth). Pearson.

Sina, P. G. (2014). Peran Orangtua Dalam Mendidik Keuangan Pada Anak (Kajian Pustaka). Ragam Jurnal Pengembangan Humaniora, 14(1), 74–86.

Taft, M. K., Hosein, Z. Z., & Mehrizi, S. M. T. (2013). The Relation between Financial Literacy, Financial Wellbeing and Financial Concerns. International Journal of Business and Management, 8(11). https://doi.org/10.5539/ijbm.v8n11p63

UNICEF. (2012). Child Social and Financial Education. UNICEF.

Vitt, L. a., Kent, J., Lyter, D. M., Siegenthaler, J. K., & Ward, J. (2000). Personal Finance and the Rush To Competence: Financial Literacy Education in the U.S. In Personal Finance. Fannie Mae Foundation.

Yushita, A. N. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 6(1), 11–26. https://doi.org/10.21831/nominal.v6i1.14330

Yuwono, W. (2020). Konseptualisasi Peran Strategis dalam Pendidikan Literasi Keuangan Anak melalui Pendekatan Systematic Review. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1419–1429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.663

Zein, M. (2016). Peran guru dalam pengembangan pembelajaran. Journal UIN- Alauddin, V(2), 274–285. https://doi.org/10.24252/ip.v5i2.3480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.