PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PONDOK PESANTREN

Hanik Musdhalifah, Ruli Hafidah, Jumiatmoko Jumiatmoko

Abstract

Disiplin merupakan salah satu nilai karakter yang perlu ditanamkan pada anak sejak dini. Keluarga berperan penting dalam membentuk karakter anak namun problematika orang tua yang sibuk bekerja mengakibatkan pembinaan anak di lingkungan keluarga kurang optimal. Faktor kesibukan tersebut tidak menjadikan orang tua lepas tangan, berbagai upaya di tempuh salah satunya dengan menyeleksi lingkungan pendidikan yang terbaik. Pondok pesantren menawarkan tempat penanaman disiplin dengan mengaplikasikan nilai agama sehingga dewasa ini orang tua tertarik mendaftarkan anaknya ke pondok pesantren. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi penanaman karakter disiplin dan dampaknya pada kedisiplinan anak usia 5-6 tahun di Pondok Tahfidh Putri Anak-anak Yanaabii’ul Qur’an Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah santri putri anak-anak rentang usia 5-6 tahun yang berjumlah 26 anak. Teknik pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif meliputi kondensasi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi PTPA Yanaabii’ul Qur’an menanamkan karakter santrinya dengan disiplin terhadap waktu, disiplin menegakkan aturan, dan disiplin ketika bersikap. Penanaman tersebut berdampak pada munculnya karakter kedisiplinan anak usia 5-6 tahun yaitu sikap santri yang tepat waktu, dapat memperkirakan waktu untuk menyelesaikan sesuatu, menggunakan benda sesuai fungsinya, mengambil dan mengembalikan benda pada tempatnya, menaati aturan yang telah disepakati, sabar dan tertib menunggu giliran, serta memiliki kepekaan jika tidak disiplin.

Keywords

penanaman karakter; disiplin; pondok pesantren

Full Text:

PDF

References

Alwi, B. M. (2013). Pondok pesantren: ciri khas, perkembangan, dan sistem pendidikannya. Jurnal Lentera Pendidikan, 16, 205–219.

Anwar, A. (2016). Karakteristik pendidikan dan unsur-unsur kelembagaan di pesantren. Jurnal Kependidikan Islam, 2(2), 165–182.

Choliq, A. (2011). Manajemen madrasah dan pembinaan santri. Yogyakarta: PT LkiS Printing Cemerlang.

Fadillah, M., & Khorida, L. M. (2013). Pendidikan karakter anak usia dini : konsep & aplikasinya dalam PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Machfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rahmah, R. A. (2019). Pembentukan karakter disiplin anak usia dini melalui metode pembiasaan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 33 kota Malang. Jurnal Pendidikan Nonformal, XIV(1), 54–67.

Miles, M. ., Huberman, A. ., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis, a methods sourcebook. USA: Sage Publications.

Mini, R. (2011). Disiplin pada anak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Nelyahardi. (2017). Implementasi nilai-nilai kedisiplinan siswa sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 202–218.

Risma, Suarni, W., & Arifyanto, A. T. (2020). Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan kedisiplinan siswa. Jurnal Bening, 4(1), 87–98.

Samani, M., & Hariyanto. (2017). Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wiyani, N. A. (2016). Konsep dasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.