STRATEGI PEMBELAJARAN DARING DAN LURING DI TAMAN KANAK-KANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19

Christina Mega Ariani, Anayanti Rahmawati, Muhammad Munif Syamsuddin

Abstract

Situasi pandemi Covid-19 berdampak pada perubahan praktik pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pelaksanaan pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi Covid-19 dan peran keterlibatan orang tua di TK Kanisius Karangbangun pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini berusia 5-6 tahun. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru, dan orang tua. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi dengan sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif Miles dan Huberman berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian melalui penerapan strategi pembelajaran daring dan luring dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 dengan komponen-komponen strategi yang berupa tujuan, metode, materi, media, dan evaluasi pembelajaran menunjukkan bahwa anak dan orang tua belum sepenuhnya siap untuk menghadapi perubahan dalam kegiatan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran daring melalui panggilan video WhatsApp dan pemberian lembar kegiatan dan tugas anak, maupun pembelajaran luring dengan bentuk pembelajaran tatap muka terbatas di sekolah tidak terlepas dari kendala dan tantangan. Untuk menemukan solusi atas permasalahan dalam pendidikan anak diperlukan komunikasi dan kerjasama yang baik antara guru dengan orang tua. Berdasarkan pemaparan tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi-strategi guru dan peran keterlibatan orang tua sangat penting bagi keberlangsungan dan keberhasilan pembelajaran anak usia dini pada masa pandemi Covid-19 ini.

Keywords

strategi pembelajaran, pembelajaran daring, pembelajaran luring

Full Text:

PDF

References

Ceka, A., & Murati, R. (2016). The Role of Parents in the Education of Children. Journal of Education and Practice, Vol. 7 No. 5 , 2016.

Dike, D., Parida, L., & Stevanus, I. (2020). Micro Strategy And Character Educational Transformation in School during The Covid-19 Pandemic Of Sintang Distric, West Kalimantan Province. European Journal of Molecular & Clinical Medicine, Vol. 7 No. 8 , 2020.

Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese. Children and Youth Services Review.

Esposito, S., Cotugno, N., & Principi, N. (2021). Comprehensive and Safe School Strategy during COVID-19 Pandemic. Italian Journal of Pediatrics, 1-4.

Gayatri, M. (2020). The Implementation of Early Childhood Education in The Time of Covid-19 Pandemic: a Systematic Review. Humanities & Social Sciences Reviews, Vol. 8 No. 6 , 2020, 46-54.

Inan, H. Z. (2021). Challenges of Distance/Online and Face-to-Face Education in the New Normal: Experiences of Reggio Emilia-Inspired Early Childhood Educators in Turkey. Pedagogical Research, Vol. 6 No. 1, 2020.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Menjadi Orangtua Hebat untuk Keluarga dengan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Panduan Penyelenggaraaan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa pandemi Coronaviruse Disease 2019 (Covid-19). Jakarta: Keputusan Bersama 4 Menteri (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, & Menteri Dalam Negeri).

Lestari, K., Harun, & Fauziah, P. (2021). Strategi Taman Kanak-Kanak dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Masa Pandemi di Kecamatan Nanga Pinoh. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5 No. 2 , 2021, 1951-1959.

Mahmood, S. (2021). Instructional Strategies for Online Teaching in COVID-19 Pandemic. Hum Behav & Emerg Tech, 199–203.

Makarim, N. A. (2021). Panduan Penyelenggaraan PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Muhdi, Nurkolis, & Yuliejantiningsih, Y. (2020). The Implementation of Online Learning in Early Childhood Education During the Covid-19 Pandemic. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol. 14 No. 2 , 2020, 247-261.

National Home Visiting Resource Center. (2018). 2018 Home Visiting Yearbook. Arlington, VA: James Bell Associates and the Urban Institute.

Parapat, A. (2020). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini (1 ed.). Tasikmalaya: Edu Publisher.

Pek, L. S., & Mee, R. W. (2020). Parental Involvement on Child's Education at Home during School Lockdown. JHSS (Journal of Humanities and Social Studies), Vol. 4 No. 2 , 2020, 192-196.

Samsu. (2017). Metode Penelitian : Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development (1 ed.). Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Sit, M. (2015). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Jilid I. Medan: Perdana Publishing.

UNICEF Indonesia. (2020). Covid-19 dan Anak-Anak di Indonesia. Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.