Profil Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun
Intan Tiara Sulistyo, Adriani Pudyaningtyas, Vera Sholeha
Abstract
ABSTRAK Perkembangan motorik kasar pada anak TK perlu mendapat perhatian lebih oleh guru dan orang tua agar anak dapat menjalankan tugas perkembangan dengan baik, karena perkembangan motorik kasar pada anak usia dini sangat berguna untuk kehidupan anak dimasa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Sampel penelitian sejumlah 123 anak usia 5-6 tahun di TK Gugus Dahlia di Kecamatan Ngrampal, Kabupaten Sragen. Validitas instrumen menggunakan validitas isi. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner untuk mengetahui kemampuan motorik kasar. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif yaitu data yang terkumpul akan disajikan berupa persentase. Hasil analisis data menunjukkan kemampuan motorik kasar anak di TK Gugus Dahlia di Kecamatan Ngrampal, Kabupaten Sragen memiliki hasil yang cukup baik. Terdapat 1 anak (0,81 %) dari 123 anak yang memiliki tingkat pencapaian perkembangan mulai berkembang, 26 anak (21,14 %) berkembang sesuai harapan, dan 96 anak (78,05 %) berkembang sangat baik. Data tersebut membuktikan bahwa profil kemampuan motorik kasar anak bervariatif atau berbeda-beda. Anak-anak memiliki capaian indikator yang berbeda dari kedelapan indikator yang telah disajikan yaitu melewati papan titian, menirukan gerakan pesawat terbang, melompat dengan kedua kaki secara bersama, melompat dengan salah satu kaki, berlari secara zig-zag, berlari mengikuti garis lurus, meloncat sesuai dengan gambar pijakan, dan memindahkan bola dari bagian kanan tubuh ke bagian kiri tubuh dengan duduk yang ditunjukkan melalui data kuesioner dengan pedoman rubrik penilaian yang dibuat.
Keywords
motorik kasar, anak usia dini, profil
References
Beaty. J. (2013). Observasi perkembangan anak usia dini edisi ketujuh. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri. Decaprio, R. (2013). Pembelajaran motorik di sekolah. Yogyakarta: DIVA Press. Fadlillah, M. (2012). Desain pembelajaran paud. Yogyakarta: Ar Ruzz Media. Maghfiroh, L., Wulandari, R.T., Damayani, R. (2020). Penerapan permainan lompat ceria untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar anak usia 5-6 tahun di tk pkk 3 gunungsari pasuruan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 2, no 1, 2020, 1-10 Mahmud, B. (2018). Urgensi stimulasi kemampuan motorik kasar pada anak usia dini. Didaktika Jurnal Kependidikan. Malyani, I. (2018). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media permainan kartu huruf anak kelompok B di TK ABA miliran kelurahan mujamuju. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2 (7), 130-138 Marmi, Raharddjo K. (2012). Asuhan neonates balita, bayi & anak pra sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Permendikbud Nomor 137 Tahun 2004 Tentang Standar nasional pendidikan anak usia dini. Rahyubi, H. (2012). Teori-teori belajar dan aplikasi pembelajaran motorik: deskripsi dan tinjauan kritis. Bandung: Nusa Media Yoni, A. (2010). Menyusun penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Familia